Manfaat Membuat Itinerary Sebelum Berangkat Traveling

Ternyata, dengan adanya susunan rencana kegiatan liburan atau itinerary bisa berguna banget lho. Kira-kira apa saja manfaat membuat itinerary sebelum berangkat traveling? Silahkan  simak lengkap informasinya berikut ini!

Perencanaan yang matang memang menjadi kunci utama pada setiap keberhasilan, termasuk dalam urusan traveling. Susunan itinerary yang matang dan terperinci pasti bakal membantu banget saat lo berlibur nantinya.


BACA JUGA : Tips Memilih Bucket Hat yang Nyaman


FYI, itinerary ini adalah jadwal rincian kegiatan selama lo traveling terkait dengan detail waktu, destinasi sampai perkiraan estimasi biaya yang bakal dikeluarkan. Kedengarannya memang agak ribet sih, tapi hal ini ternyata juga punya sejumlah manfaat, lho.

Biar nggak mager lagi, sebaiknya simak lengkap manfaat membuat itinerary sebelum berangkat traveling berikut ini!

Anggaran Traveling Jadi Lebih Aman

Image source : thecoffeechronicle.com

Manfaat membuat itinerary sebelum berangkat traveling yang pertama yaitu bikin anggaran liburan jadi lebih aman. Sulit dipungkiri, ada saja hal-hal yang bikin over budget saat traveling.

Mulai dari oleh-oleh, kuliner lokal yang dijual eksklusif sampai godaan untuk mencoba wahana wisata dengan biaya ekstra. Meskipun menyenangkan, hal tersebut tentu saja sangat berdampak pada perekonomian setelah liburan.

BACA JUGATraveling Punya Manfaat Buat Pengembangan Diri, Apa Aja Ya ?

Maka dari itu, sebaiknya susun itinerary terlebih dahulu sebelum liburan. Dengan begini, lo jadi bisa mengontrol dan merencanakan akomodasi, transportasi, lokasi atau atraksi, sampai makanan selama liburan disertai dengan perkiraan biayanya.

Perkiraan biaya ini tentu saja bisa lo cari tahu dengan mudah di internet. Jadi, lo bisa sesuaikan aktivitas dan fasilitas selama liburan dengan budget yang tersedia.

Waktu Traveling Jadi Lebih Optimal

Image source : debiflue.com

Momen liburan memang menjadi sangatlah berharga dengan waktu yang sangat terbatas. Dengan membuat itinerary sebelum berangkat, waktu liburan lo pasti bisa jadi lebih optimal.

Pasalnya, saat menyusun itinerary lo harus merencanakan semua aspek traveling dengan baik. Jadi saat traveling nanti, lo tinggal melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan nggak bakal bingung dengan destinasi atau kegiatan selanjutnya.

Dengan begini, waktu traveling lo bisa jadi lebih optimal dan nggak bakal ada waktu yang terbuang sia-sia selama lo liburan.

Jadi Punya Prioritas Saat Traveling


Saat liburan di suatu tempat pasti lo sering merasa kebingungan untuk memilih destinasi wisata dalam waktu tertentu. Nah, dengan menyusun itinerary lo bakal lebih mudah memprioritaskan dan mengalokasikan waktu untuk hal yang ingin lo nikmati selama liburan.


BACA JUGATips Dapetin Foto yang Keren dengan Kamera Smartphone

Kalau sudah menyusun itinerary, lo pasti bisa memprioritaskan tempat-tempat wisata yang sudah sangat diimpi-impikan sebelumnya. Kalau ada waktu liburan tersisa, lo bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk mengunjungi destinasi wisata menarik lainnya. Dengan begitu, lo nggak akan kehilangan sesuatu yang benar-benar ingin lo kunjungi.

Mobilitas Selama Traveling Jadi Lebih Mudah


Daftar itinerary ternyata bisa memudahkan mobilitas lo selama traveling lho. Lo bisa jadi lebih mudah dan cepat bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Lo bisa menyusun berbagai macam strategi untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang posisinya saling berdekatan atau satu arah.


BACA JUGAMau Jadi Travel Blogger? Nih Sedikit Tipsnya Ya


Lo juga bisa menentukan moda transportasi apa yang akan digunakan selama liburan dalam daftar itinerary. Liburan pun bisa lebih terencana dan pastinya bakal terasa sangat menyenangkan.

Nah, itulah beberapa manfaat membuat itinerary sebelum berangkat traveling. Jadi, jangan mager lagi buat bikin itinerary ya ! . Selamat berpetualang!

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post