PERGI KE KOTA PEKANBARU JANGAN LUPA UNTUK MENCICIPI 5 KULINER NIKMATNYA INI YA !

Halo para penikmat kuliner Tanah Air, sudah pernah mencicipi kenikmatan cita rasa yang ada di Kota Pekanbaru belum? Yaap, kota terbesar yang ada di Provinsi Riau ini ternyata menyimpan segudang pilihan makanan atau minuman yang wajib untuk lo cicipi ketika berkunjung ke sana. Bahkan banyak orang yang mengatakan kalau kuliner yang ada di kawasan ini pun mampu tinggal di hati para penikmatnya.

Kuliner pun tak akan pernah jauh-jauh dari kebudayaan yang ada, sama halnya dengan Kota Pekanbaru ini sendiri. Kota yang memiliki beragam suku seperti Minangkabau, Tionghoa, Melayu, Jawa, Batak dan lain-lain tentunya mampu melahirkan sebuah pilihan menu makanan yang sangat beragam. Percampuran budaya tersebutlah yang akan memanjakan lidah lo.

Kota yang juga terkenal sebagai kota dagang yang multi-etnik ini sangat patut untuk lo kunjungi ketika lo masih kebingungan destinasi mana lagi yang akan lo tuju. Nah, daripada semakin penasaran mengenai pilihan-pilihan kulinernya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa. Semoga bisa berguna dan bermanfaat!

Pilihan Kuliner Khas Pekanbaru – Ikan Asap Selais

Buat lo yang suka dengan kuliner yang berbahan dasar ikan, jangan lupa untuk mencicipi menu satu ini ketika berkunjung ke Kota Pekanbaru yaa. Yaap, kuliner satu ini pun disebut-sebut sebagai salah satu menu andalan masyarakat kota ini.

Ikan Asap Selais sendiri diolah dengan cara diasap atau dijadikan pindah maupun gulai, tergantung bagaimana sang pembuatnya. Untuk waktu pembuatannya pun tergolong sangat lama, sebab dibutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk diasap.

Setelah proses pengasapan selesai, ikan selais akan digoreng atau digulai pindah. Nah, jenis kuliner satu ini juga bisa menjadi oleh-oleh khas Kota Pekanbaru dan biasanya dikemas di dalam sebuah kotak agar lebih praktis untuk dibawa. Sedaap pokoknya bro!

Pilihan Kuliner Khas Pekanbaru – Cincalok


Termasuk ke dalam kuliner yang unik, karena memang cara pembuatannya pun tidak semudah kelihatannya. Makanan khas Pekanbaru ini terbuat dari udang kecil-kecil yang difermentasi dengan bantuan mikroba yang tergolong ke dalam bakteri asam laktat.

Aroma yang ada pada kuliner satu ini pun sangatlah khas. Nah, untuk membuat makanan ini, pertama-pertama udang harus dibersihkan dengan air laut. Setelah dicuci, udang yang sudah bersih akan dicampur dengan garam. Lalu udang yang sudah tercampur garam tersebut didiamkan selama 20 hingga 30 hari.

Setelah sudah melewati masa pengawetan, barulah cicalok pun siap dijadikan bahan pelengkap menu-menu lain seperti sambal atau ikan asin agar bisa menggugah selera lo. Cocok sekali sebagai teman makan siang, ketika perut memang sedang lapar-laparnya.

Pilihan Kuliner Khas Pekanbaru – Gulai Belacan

Gulai memang merupakan menu makan Nusantara yang sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya, tak heran apabila banyak penikmatnya. Tak jarang pula orang yang akan menolak apabila diajak untuk menyantap menu makanan satu ini.

Kuliner khas Pekanbaru satu ini berbahan dasar udang laut maupun udang sungai yang disajikan dengan kuah bercampur santan dan bumbu rempah-rempah seperti asam jawa, kemiri dan lada. Kuliner satu ini dikenal dengan sebutan Gulai Belacan.

Selain itu Gulai Belacan juga sering menggunakan petai sebagai bahan pelengkapnya, untuk lo yang suka dengan petai tentunya jangan sampai lupa untuk mencoba kuliner satu ini yaa. Cita rasa yang dimilikinya pun sangatlah nikmat serta khas.

Pilihan Kuliner Khas Pekanbaru – Gulai Siput

Masih seputar kuliner atau makanan gulai, di Kota Pekanbaru terdapat satu menu yang banyak membuat orang kaget karena dari bahan dasar yang digunakan. Yaap, bukan hanya Negara Perancis saja yang menggunakan siput sebagai bahan kulinernya, namun di Pekanbaru juga terdapat Gulai Siput loh.

Kuliner gulai ini bahkan cukup terkenal dan tidak sedikit orang yang menjadi penikmatnya, cocok banget buat lo yang ingin mencoba sebuah kuliner yang beda daripada yang lainnya. Biasanya kuliner ini pun menjadi santapan pada siang atau malam hari.

Bahan dasarnya pun dimasak dengan menggunakan bumbu rempah khas Melayu yang mampu memberikan aroma nikmat dank has. Siapa bilang kuliner satu ini menjijikan, setelah lo sudah mencicipinya bisa-bisa ketagihan loh.

Pilihan Kuliner Khas Pekanbaru – Mie Lendir

Merasa kalau diri lo ialah seorang penikmat kuliner mie? Ketika berkunjung ke Kota Pekanbaru, jangan lupa untuk mencicipi jenis satu ini yaa. Sebab memiliki rasa yang nikmat serta gurih, pokoknya sangat cocok sekali buat lo yang benar-benar ingin merasakan cita rasa mie lokal khas Pekanbaru.

Hal yang membedakan dengan olahan mie-mie pada umumnya ialah dengan kuah yang dipakai dalam masakan mie lendir dan juga aneka tambahan agar lebih lezat saat dimakan, Sesuai dengan namanya, kuahnya pun sangat kental dan mirip dengan lendir.

Kuah lendir tersebut terbuat dari ubi, bumbu rempah dan juga kacang tanah. Mie Lendir disajikan dengan ditambahkan telur rebus, tauge dan irisan cabai rawit. Ketika lo berkunjung ke Kota Pekanbaru dan ingin mencoba masakan mie lendir, lo bisa menemukannya di warung-warung pinggir jalan dan harganya pun sangat bersahabat

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner di Kota Pekanbaru? Semoga bisa menjadi salah satu acuan agar lo bisa mengunjungi kota tersebut serta menikmati cita rasanya yang khas yaa. Ajaklah teman-teman lo agar bisa menikmati momen bersama biar semakin seru!

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post