Tips Memilih Bucket Hat yang Nyaman Buat Berpetualang

Bucket hat kini memang bisa menjadi salah satu fashion item yang tepat buat menunjang penampilanmu gaes. Tapi, buat dapet yang cocok dan pas tentu lo nggak bisa asal beli. Maka dari itu, lo wajib banget paham sejumlah tips memilih bucket hat yang tepat dan nyaman buat berpetualang. Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini !

Sesuai namanya, jenis topi yang satu ini bisa dibilang punya bentuk yang lumayan unik seperti layaknya ember. Desainnya juga simple banget, tapi nggak mengesampingkan fungsi utamanya, yaitu buat menutup dan melindungi kepala dari paparan sinar matahari, debu, dan kotoran lainnya.


Bahkan, bucket hat juga cocok digunakan buat beraktivitas sehari-hari sampai kegiatan outdoor seperti mendaki gunung, lho. Biar nggak salah pilih, lo bisa simak beberapa tips memilih bucket hat yang tepat dan nyaman buat berpetualang berikut ini !

Cek Material Bahan Dasar Bucket Hat

Image Source :friedfunction.uk
Biasanya, bucket hat dibuat dari bahan katun yang ringan dan terasa sejuk di kepala. Tapi, seiring berkembangnya skena fashion, lo bisa memilih berbagai macam bahan topi yang sesuai dengan gaya dan aktivitas.


Misalnya, bahan katun yang cocok digunakan pada cuaca cerah dan terbilang panas. Kalau lo sering beraktivitas di luar ruangan, mending pilih bucket hat yang tahan air. Bahan waterproof kayak nilon bisa melindungi lo dari panas dan hujan.

Kalau mau berpenampilan modis di suhu rendah, lo bisa pilih bucket hat dengan bahan denim atau kanvas yang terlihat lebih stylish.

Tentukan Warna dan Motif Sesuai Selera

Image Source :cnn.com
Tips memilih bucket hat yang tepat dan nyaman buat berpetualang selanjutnya yaitu tentukan warna dan motif sesuai selera kamu. Bucket hat tanpa motif alias polos kayaknya cocok banget buat lo yang mau berpenampilan simple.


Lo bisa memilih warna yang mudah dikombinasikan seperti hitam dan putih, atau warna lain yang disukai. Warna-warna earth tone kayak khaki, cokelat, atau olive green bisa juga dipilih buat gaya yang lebih natural.

Sedangkan, bucket hat dengan warna mencolok bisa lo gunakan sebagai fashion statement yang mempertegas penampilan. Tapi, lo perlu jeli dalam mix and match biar nggak terlihat monoton. Kalau mau sedikit berkreasi, lo bisa tambahkan pin atau patch di bucket hat polos.

Kalau lo mau tampil lebih bold, berarti lo wajib coba bucket hat bermotif. Ada banyak banget pilihan motif bucket hat yang ditawarkan, mulai dari bentuk geometris sampai asimetris. Ada juga merek populer yang mencantumkan logonya di bucket hat secara dominan sebagai branding.

Beberapa produsen bekerja sama dengan desainer dan ilustrator ternama untuk membuat motif di topi. Karena itu, ada pula bucket hat dengan harga yang nggak murah. Kini, banyak produsen yang membuat bucket hat bertipe reversible atau bolak-balik.

Lo bisa mendapatkan dua motif atau warna dalam satu topi. Praktis banget kan ?


Cari Ukuran yang Tepat dan Nyaman Saat Dipakai


Selain bahan dan desain, memilih ukuran bucket hat yang tepat juga nggak kalah penting. Ukuran yang terlalu kecil atau sempit akan nampak aneh dan mengganggu penampilan. Jika terlalu besar, topi ini bisa menutupi sebagian wajah dan menghalangi penglihatan kalian.

Oleh karena itu, periksa dahulu ukuran bucket hat sebelum membelinya. Seenggaknya, ada dua tipe ukuran yang biasa digunakan produsen topi, yaitu lingkar kepala dan diameter topi. Kalau beli langsung sih enak, bisa mencobanya saat itu juga.

Tapi, kalau beli online berarti lo wajib bisa mengukur kepala sendiri menggunakan pita pengukur melingkari kepala lo sendiri. Ukuran kepala manusia rata-rata dari 53 cm sampai 58 cm diukur pada bagian tengah lingkar kepala.

Diameter topi biasanya ditentukan dari tempat lo meletakkan topi di kepala. Cara mengetahuinya dengan melingkarkan pita pengukur di atas kepala dan di atas tonjolan belakang kepala. Kedengarannya sih memang agak ribet, tapi hal ini wajib banget lo lakukan biar nggak salah pilih !


Nah, itulah beberapa tips memilih bucket hat yang tepat dan nyaman buat berpetualang. Jadi, jangan sampai salah pilih ya. Selamat berpetualang!

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post