Itenary Liburan 3 Hari 2 Malam Di Yogya Budger 1 Juta

Daerah Istimewa Yogyakarta sering jadi tujuan wisata unggulan di Pulau Jawa. Karena wilayahnya nggak terlalu luas, nggak butuh waktu lama buat eksplor Kota Gudeg ini. Selain itu, ada banyak tempat wisata yang bisa didatengin, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, sampai wisata kuliner yang bikin lo kenyang.

Nggak cuma itu, bisa dibilang, liburan di Jogja tuh murah meriah. Bahkna, lo bisa liburan 3 hari 2 malam cuma dengan budget 1 jutaan, lho. Cocok banget nih buat lo yang pengin healing tipis-tipis, tapi nggak ngehabisin duit. Simak nih itinerary dan rincian budget liburan ke Jogja 3D2N berikut ini, Gaes .

Itinerary Hari Pertama

Tugu nol km Yogyakarta 

Namanya juga traveling hemat ya, lo bisa pilih transportasi kereta api buat menuju Jogja. Dari Jakarta, misalnya. Lo bisa naik kereta api Bengawan dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Lempuyangan dengan tarif Rp 74 ribu aja. Perjalanannya sekitar 8 jam, mulai dari pukul 06.00 – 14.25 WIB.

Sesampainya di Jogja, lo bisa langsung check in ke hotel atau penginapan buat naro barang-barang dan bebersih abis perjalanan jauh. FYI, harga hotel di Jogja cukup beragam. Kalau lo mau yang hemat, lo bisa cari yang harganya sekitar Rp 150 ribu per malam.

Mencicipi Kuliner Serba Jamur BACA DISINI 

Kunci hemat liburan di Jogja yaitu sewa motor buat traveling. Yup, biaya sewa motor di Kita Gudeg cuma sekitar Rp 60 ribu per hari. Namun, harga tersebut belum termasuk bensin, ya. Anggep aja per hari lo isi Rp 20 ribu. Bensin segitu udah cukup banget buat keliling Jogja, Bantul, dan Sleman karena jaraknya yang berdekatan.

Sisa hari pertama di Jogja bisa lo manfaatin buat ke Taman Pelangi Monjali dengan tiket masuk Rp 15 ribu. Di sini, lo bisa foto-foto berlatar lampion dengan berbagai warna dan bentuk. Setelah puas jalan-jalan, lo bisa cari makan di angkringan yang ada di Alun-alun Kidul atau Malioboro. Lo bisa makan nasi kucing, sate-satean, gorengan, baceman, dan ditemenin sama aneka minuman hangat. Budget-nya sekitar Rp 30 ribu per orang.

Itinerary Hari Kedua

Tempat pertama yang bisa lo kunjungi di hari kedua ini yaitu hutan pinus yang ada di Mangunan. Tiket masuknya dibanderol Rp 15 ribu. Lo bisa foto-foto, piknik ala-ala, atau sekadar bengong sambil nikmatin angin sepoi-sepoi di tengah hutan pinus.

Buat makan siangnya, lo bisa ngisi tenaga dengan seporsi gudeg. Salah satu gudeg legendaris yang bisa jadi tujuan lo yaitu Gudeg Yu Djum yang satu porsinya (minum dan makan) sekitar Rp 40 ribu.

Jogja dan Klaten sungainya Bersih kaya ikan di Jepang KLIK DISINI 

Kalau udah kenyang makan siang, lo bisa balik dulu ke hotel buat istirahat dan bebersih. Abis itu, sorenya lo bisa lanjut ke Bukit Bintang yang ada di Patuk, Gunung Kidul. Ini sebenernya bukan tempat wisata, cuma daerah dataran tinggi yang punya view langit yang cerah dan lampu perkotaan yang kelap-kelip. Lo cuma bayar parkir buat nongkrong di kafe atau warung lesehan. Budget makan di sana sekitar Rp 30 ribu per orang.

Itinerary Hari Ketiga

Hari terakhir di Jogja, lo bisa langsung check out dari hotel pada pagi hari sambil nyari sarapan di sekitar hotel. Sambil nunggu jadwal kereta api, lo bisa menghabiskan waktu di Taman Sari, bangunan bekas benteng kerajaan. Harga tiketnya cuma Rp 6 ribu, Bro. Lo bisa keliling sambil foto-foto di spot estetik.

Nah, buat pulangnya nih, lo bisa naik kereta lagi. Kalau lo pengin sampai Jakarta di hari yang sama, lo bisa naik kereta api Progo dari Stasiun Lempuyangan pukul 12.05 menuju Stasiun Pasar Senen pukul 21.05. Harga tiketnya Rp 175 ribu

Detail Biaya Jogja 3D2N

- Tiket PP Jakarta - Jogja: Rp 249 ribu

- Hotel: Rp 300 ribu (dua malam)

- Sewa motor: Rp 180 ribu (tiga hari)

- Bensin: Rp 50 ribu (tiga hari)

- Uang makan: Rp 150 ribu (tiga hari)

- Tiket Taman Pelangi: Rp 15 ribu

- Tiket Hutan Pinus Mangunan: Rp 15 ribu

- Tiket Taman Sari: Rp 6 ribu

- Total: Rp 965 ribu

Itu tadi gambaran itinerary dan budget traveling ke Jogja 3D2N. Buat disclaimer, biaya tersebut itungannya buat 1 orang, ya, Biaya tersebut mungkin bisa lebih murah kalau lo patungan sama temen atau berangkat dari kota lain. Selamat liburan, Brok ! 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post