Jogja dan Klaten Sungai ini Bersih dan Banyak Ikan, Mirip di Jepang, Bro!

Negeri Sakura memang terkenal dengan lingkungannya yang sangat bersih. Bahkan, sungai disana terlihat sangat jernih dan menjadi habitat ikan-ikan yang memesona, bro. Tapi, Jogja dan Klaten juga punya sungai bersih layaknya sungai di Jepang, lho. Dimana saja tempatnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini, bro!

Menghabiskan waktu liburan sambil menikmati aliran sungai yang bersih memang sangat menyenangkan. Apalagi kalau sungai yang bersih ini dipenuhi ikan cantik yang berenang bebas kesana-kemari. Pasti bakal jadi momen liburan yang berkesan dan sulit dilupakan, bro.

Nggak harus jauh-jauh ke Jepang, Jogja dan Klaten juga punya sungai bersih yang dipenuhi ikan cantik, lho. Dilansir laman Kompas, berikut ini tiga sungai di Jogja dan Klaten yang sangat bersih dan dipenuhi ikan layaknya di Jepang!

Water Gong, Klaten

Image Source :instagram.com/ibnu_berkicau
Sungai pertama di Jogja dan Klaten yang sangat bersih dan dipenuhi ikan layaknya di Jepang yaitu ada Water Gong yang terletak di areal persawahan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Water Gong Klaten ini cocok banget buat lo yang suka mengunjungi tempat wisata alam, khususnya mengunjungi sungai yang tenang, bro. Ketenangan aliran sungai di tempat wisata Water Gong Klaten ini akan membantu kamu merasa damai.

BACA JUGA : Tips Beli dan memilih oleh oleh  yang tidak nyusahin saat travelling

Awalnya, Water Gong ini merupakan tempat makan yang menyajikan sungai bersih sebagai salah satu daya tariknya. Tempat ini menjadi populer karena fotonya yang sempat viral di media sosial, berupa sungai penuh ikan.

Sungai dengan panjang 100 meter itu diubah menjadi kolam ikan yang berisi nila dan koi, bro. Setiap petak memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 5 meter. Ikan-ikan itu menjadi hidangan utama di Water Gong, baik digoreng, dibakar, atau difillet. Ada juga menu pecel dan sayuran di tempat ini, bro. Lumayan lengkap kan?

Kampung Dukuh, Yogyakarta

image source :twitter.com/pemkotjogja
Aliran sungai di RT 69, RW 16, Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta ini dulunya kumuh dan mengeluarkan bau kurang sedap lho, bro. Lalu, para warga gotong royong membersihkan aliran sungai yang kurang terawat ini.

Kini, saluran irigasi sudah jernih dan penuh ikan seperti di Jepang, sehingga menjadi tempat wisata alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, bro. Dilansir laman Kompas, saluran irigasi di sana telah terisi ribuan ikan, seperti lele, nila, koi, dan tombro.

Sejak dibangun, salah satu destinasi wisata di Yogyakarta ini juga seringkali dikunjungi oleh warga Yogyakarta maupun luar kota. Ditambah lagi dengan fenomena bersepeda sudah banyak pesepeda yang mampir ke kampung Dukuh untuk melihat kawasan perikanan ini, bro

Bendung Lepen,  Yogyakarta 

source image : instagram.com/gabenurcahyo
Last but not least, sungai di Jogja dan Klaten yang sangat bersih dan dipenuhi ikan layaknya di Jepang yaitu ada Bendung Lepen di aliran Sungai Gajah Wong. Lokasinya ada di kawasan Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, bro.

Mirip seperti Kampung Dukuh, Bendung Lepen juga menyajikan pemandangan selokan irigasi yang telah disulap menjadi bersih dengan ribuan ikan nila dan koi yang kebanyakan berwarna oranye, bro.

BACA JUGA : Tas Noken asal Papua masuk ke google Doodle ,apa filosofinya ?

Selain berfoto dengan latar belakang sungai penuh ikan, pengunjung juga bisa memberi makan ikan, mencelupkan kaki ke air, atau mencicipi kuliner. Kalau beruntung, lo juga bisa menyaksikan panen dan sortir ikan yang layak konsumsi dan penebaran bibit kembali di tempat ini.

Momen ini tentu saja menjadi salah satu sarana untuk mengedukasi pengunjung di Bendung Lepen, Yogyakarta ini, bro.

So, itulah tiga sungai di Jogja dan Klaten yang sangat bersih dan dipenuhi ikan layaknya di Jepang. Mau mengunjungi yang mana dulu setelah ini, bro?

 

Referensi: https://travel.kompas.com/read/2020/11/27/151753027/3-tempat-wisata-dengan-sungai-jernih-penuh-ikan-seperti-di-jepang?page=all#page2


1 Comments

Post a comment

Previous Post Next Post

Featured post