• 25.11.18

    Aneka Olahan Jamur di Jejamuran Resto Yogyakarta

    Aneka menu makanan dengan bahan Jamur 
    Ada yang pernah denger rumah makan jejamuran? Yang udah lama tinggal di daerah Yogja utara pasti tau tempat ini deh. Yup!! rumah makan ini yang ada di sekitar jalan magelang. Dari fly over jombor di jalan magelang, ambil ke utara. Lurus aja sampe nemu perempatan beran yang di kanan jalannya ada plang “Jejamuran” menunjuk ke arah timur (belok kanan). Ikuti aja petunjuknya, nanti gak jauh dari situ, RM Jejamuran udah keliatan di kiri jalan, nanti parkirnya ada seberang Rumah Makannya .


    Udah lama banget gak ke sini dan waktu itu habis perjalanan jauh touring dari Malang , waktu singgah di Yogya direkomendasikan oleh salah satu kawan Lampung untuk kuliner nyobabain makanan aneka jamur disini dan emang enak dan bisa melihat langsung juga bahan jamurnya karena selain di display juga juga dijual juga untuk jamur jamurnya.
    Ternyata, udah banyak perubahan. Dulu tempat parkirnya bukan yang di lokasi sekarang, malah di lokasi parkir ini ada toko yang menjual semacam souvenir dan mainan sandal,aksesoris gitu, dulu gak pernah ngantri, ini sekarang bahkan masuk waiting list, untung gak terlalu lama nunggunya tapi jadi gak bisa pilih tempat sesuka hati kayak dulu. Dan senengnya, sekarang tempatnya jauh lebih luas dan dibuat menarik. Jadi bisa menampung banyak pengunjung. Bisa dikatakan, rumah makan ini adalah yang pertama kali menyajikan menu serba jamur di daerah jogjakarta dan akhirnya booming sampe sekarang.. Hebaat!!
    Tempat makan yang luas 
    Dan Kemaren waktu ada kegiatan di Yogya kebetulan berkumpul keluarga dari Semarang, Pemalang, Pontianak dan Solo diajak makan makan sama tante di Rumah Makan Jejamuran dalam rangka saudara sepupu habis wisuda sarjana.
    Kebanyakan menunya sudah barang tentu olahan dasarnya pakai jamur dan yang jelas aman banget buat dikonsumsi. Jamur-jamur yang ada di sini kata pemiliknya merupakan hasil budidaya sendiri. Dulu di bagian belakang tampak tempat budidaya jamur tiram dan pengunjung bisa melihat secara langsung, tapi memang sudah sejak saat terakhir sebelum ini, tempatnya udah diganti untuk perluasan meja makan pengunjung. Tempat budidayanya pindah ke mana, saya kurang tau deh hehehe. Jamur yang digunakan untuk menu makanan di sini seperti jamur tiram, jamur kuping, jamur merang, jamur portabella, jamur shitake, bahkan sampai jamur enokitake. 
    olahan makanan tetap dari Jamur 
    Beberapa masakan yang pakai jamur yaitu nasi goreng jejamuran, sate jamur, jamur bakar pedas, rendang jamur, asam manis jamur portabella/shitake/merang/tiram, semur edan jamur, jamur goreng penyet, nugget jamur, siomay jamur, goreng tepung portabella/shitake/merang/tiram, dadar shitake. Minumannya pun ada yang menggunakan jamur seperti es dawet jejamuran, wedang jejamuran, dan summer breeze. Tapi ada juga kok menu masakan yang gak pake jamur, seperti ayam goreng kampung, ayam bakar, dan bebek bakar. 
    Pilihan menu makan malam  kami waktu itu yang jelas sate jamur, soalnya ini enak banget menurut saya. Bumbunya kacangnya terasa bahkan sampe lupa kalau ini makan jamur, soalnya rasanya sedikit kayak makan ayam hehe.. Jamur yang dipakai untuk sate adalah jamur tiram. 

    Menu lainnya kami pilih rendang jamur, tongseng jamur, dan yang jelas nasiiiii!! Untuk minumnya saya pilih es Jeruk  dan aneka minuman termasuk  nyobain es dawet jejamuran. 

    Menurut Tanteku  semua makanannya enak, tapi es dawetnya biasa, katanya sama kayak rasa es dawet biasanya. Es dawetnya  pakai jamur kuping dan ternyata bisa juga ya jamur kuping dipadukan dengan santan dan air gula jawa. 

    Satenya seperti yang tadi saya bilang, memang masih enak. Rasanya konsisten, dari dulu gak berubah dan tetap enak. Satu porsi berisi 5 tusuk yang disajikan dengan irisan kubis mentah, dan irisan tomat. Untuk rendang jamurnya dipakai jamur kuping dan rasanya pedas tapi berasa rasa rendangnya dan kaya rempah. Enak tapi pedesss hehe.. Oiya, kalau sekilas diliat, bentukan rendang jamur ini kayak semur jengkol deh hahaha.. Kalau tongseng jamurnya, rasanya gak kalah enak.

    Kuahnya pas, rasa santannya menambah gurih rasanya, mirip-mirip kuah tongseng ayam kampung yang terkenal di daerah Baciro, cuma bedanya ini pake jamur merang ditambah potongan kubis, potongan tomat, dan bawang goreng di dalamnya. 

    Cocok buat makan bersama keluarga, rekan bisnis dan pacar,tp jangan pacar orang lho
    Puas banget deh makan di sini, apalagi harganya tergolong masih terjangkau. Tapi saya masih merasa nasi di sini mahal padahal porsinya standar. Untuk pelayanannya cukup puas, saat itu tidak lama  penyajiannya. Mungkin karena sudah boking beberapa hari sebelumnya , saat itu memang bertepatan dengan hari libur. Oiya, kalau ke sini boleh lho dicoba es krim home made dari Njonja Besar (baca: Nyonya Besar). Es krimnya enak-enak lhoo. Ada es lilin, ada juga yang krim cup. Varian rasanya banyak, ada: coklat, durian, strawberry, kopi mocca, kacang ijo, ketan item, alpukat, nangka, kacang merah, durian kelapa, es teller. Memang sih sedikit agak mahal harganya tapi enaaak, lagian jarang-jarang juga belinya hwkwkwkw... 

                              

                               
    Buat yang capek atau pegal ada juga disediain untuk terapi Ikan dan aneka fotoboth buat yang suka foto foto atau istilahnya instramables kalau kata Jaman Now ...

    Alamat Jejamuran Resto
    Jalan Pramuka No.53, RT.01 / RW.20, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55512

    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Scooterist Pemalang Jalin Silaturahmi dan Kebersamaan Berbagi Takjil dan Bukber

    mengambil tempat di pertiggan randudongkal  Di bulan Suci Ramadhan banyak kegiatan kebaikan yang bisa dilakukan, salah satunya ,a da...