Panduan Road Trip ke Gunung Bromo Via Malang , Budget nggak sampai 100 ribu

Pengin traveling ke gunung, tapi nggak mau effort hiking? Cobain deh liburan ke destinasi wisata yang satu ini. Yup, apa lagi kalau bukan Gunung Bromo. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang meliputu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Di antara empat kabupaten tersebut, Kabupaten Malang jadi salah satu yang paling sering dilewatin wisatawan. Walaupun cukup ekstrem dan menanjak, lo bakal dimanjain sama pemandangan indah di sepanjang jalan. Jalur ini paling seru kalau dilewatin pakai motor, Bro. Namun, disaranin buat nggak pakai motor matik untuk mencegah kecelakaan di jalan licin.

Pengin nyobain road trip ke Bromo via Malang naik motor? Simak panduan dan budget-nya berikut ini, Brok.

Panduan Road Trip ke Bromo via Malang

Perjalanan ke Gunung Bromo via Malang naik motor memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan jarak sekitar 53 km. Rute yang bakal lo lewatin yaitu Kabupaten Malang, Tumbang, Gubugklakah, Ngadas, Jemplang, dan akhirnya sampai ke Gunung Bromo. Kalau pengin dapet sunrise, disarankan buat jalan sebelum jam 3 dini hari.

Setelah sampai di Jemplang, lo bisa lanjutin perjalanan ke Bukit Mentigen buat lihat sunrise. Jarak menuju spot sunrise ini sekitar 10 km atau 30 menit dari Pos Jemplang. Jalur di Bukit Mentigen terbilang masih alami karena cuma berupa jalan setapak yang ditumbuhi pohon pakis dan cantigi. Lo bisa parkir motor di area yang disediain dan jalan kaki menuju puncak bukit.

Sebenernya, ada banyak spot sunrise di Gunung Bromo, seperti Penanjakan, Seruni Point, dan Bukit Cinta. Namun, jarak yang paling dekat dari Jemplang yaitu Bukit Mentigen. Lo bisa pilih yang lebih deket atau lebih jauh.

Setelah puas lihat sunrise, saatnya lo eksplor tempat wisata lain di Gunung Bromo, seperti Bukit Teletubbis, Pasir Berbisik, dan Kawah Gunung Bromo. Semuanya bisa dikunjungi dengan naik motor / vespa kalian. Namun, khusus kawah gunung, lo harus jalan kaki sekitar 30 menit buat sampai ke lokasi.

Setelah puas seharian eksplor Bromo, lo bisa balik ke Malang dengan jalur yang sama. Kalau lo pulang dalam kondisi masih terang, lo bisa lihat pemandangan indah di sepanjang jalan, salah satunya area perkebunan apel di Gubugklakah. Kalau lo masih punya tenaga, lo juga bisa mampir ke air terjun Coban Pelangi di Ngadas.

Estimasi Biaya Road Trip ke Bromo via Malang

 Bensin (perkiraan): Rp 50 ribu

- Tiket Bromo: Rp 29 ribu (weekday) dan Rp 34 ribu (weekend)

- Tiket masuk motor: Rp 5.000

Buat disclaimer, estimasi biaya tersebut berlaku buat lo yang punya motor sendiri dan dan belum termasuk makan serta keperluan lainnya. Kalau lo nyewa motor di Malang, lo perlu bayar sewa mulai dari Rp 40-60 ribu per harinya. Selain itu, kalau lo berasal dari daerah lain, ada biaya transportasi yang harus lo tanggung buat menuju Malang, baik itu kereta api, pesawat, maupun travel. Belum lagi bayar hotel di Malang kalau lo berniat buat menginap.

Itu tadi sedikit banyak panduan road trip ke Gunung Bromo via Malang. Tertarik, Gaes? (Kik)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post