Minjem Peralatan Mendaki Ke Teman ? Ada Etikanya Juga Bro !

Punya teman yang hobi mendaki dan punya peralatan lengkap, tentunya bakal memungkinkan lo buat pinjam peralatan mendaki miliknya. Tapi ingat, ada etikanya juga loh! Mau tau apa aja? Langsung simak ulasannya!

Seperti yang diketahui, peralatan mendaki gunung terdiri dari beberapa macam dan jenis. Nggak hanya itu, biasanya peralatan mendaki gunung juga tergolong nggak murah. Jadi nggak heran kalau nggak semua pendaki punya peralatan mendaki yang lengkap. Tapi nggak perlu khawatir, kalau nggak punya, lo bisa memanfaatkan jasa sewa perlengkapan outdoor, sekarang banyak Bro.

Eh tapi, kalau biaya sewa perlengkapan outdoor juga masih dirasa nggak murah, lo masih punya cara lainnya kok, yakni meminjam. Meminjam peralatan mendaki gunung ini bisa dicoba dari teman atau orang terdekat.

Tapi ingat, saat lo mau pinjam peralatan mendaki milik teman, lo harus paham nih sama etikanya. Iya, bahkan pinjam peralatan sama teman sendiri pun tetap ada etikanya. Nah, berikut ini beberapa etika meminjam peralatan mendaki milik teman yang harus lo terapkan.

Meminta Izin dengan Sopan

Image source :bearfottheory.com
Walaupun lo udah dekat banget sama teman yang mau dipinjami peralatannya atau bahkan udah anggap mereka sebagai keluarga, tapi meminta izin dengan sopan itu tetap wajib dilakukan.

Tapi, kalau mereka nggak mau kasih pinjam peralatannya, jangan sampai memaksa, ya. Cobalah cari teman lainnya yang sekiranya mau meminjamkan peralatan mendaki yang lo butuhkan. Ingat, harus sopan santun!

Kembalikan Tepat Waktu

Image Source : mindfultravelexpreince.com
Saat lo mau pinjam peralatan mendaki milik teman, pastikan lo juga menentukan kapan waktu akan mengembalikannya ya. Kalau udah selesai digunakan, langsung kembalikan peralatan tersebut tepat waktu sesuai janjinya.

Meskipun peralatan tersebut lagi nggak digunakan pemiliknya, tapi lo harus tetap kembalikan tepat waktu. Cepat dikembalikan dan jangan ditunda-tunda, ya!

Jaga dengan Baik Peralatan yang Dipinjam

Saat udah dapat pinjaman dari teman, pastikan lo selalu menjaga peralatan tersebut dengan baik ya. Jangan sampai barang yang dipinjam jadi rusak, kotor, atau nggak seperti waktu dipinjamkan.

Terutama kalau yang dipinjam peralatan pribadi seperti tas carrier, sepatu, kompor, dan lainnya. Itu harus benar-benar dijaga saat menggunakannya.

Jangan Ngaku Milik Sendiri

Yang namanya pinjam punya teman, udah pasti bukan punya lo sendiri. Kalau udah dikasih pinjam terus lo ngaku-ngaku kalau peralatan itu milik lo sendiri, itu sih nggak etis dan nggak perlu dilakukan.

Karena kalau udah ketahuan sama teman lainnya, reputasi lo bakal dianggap kurang baik, lho. Bilang aja yang sejujurnya kalau lo pinjam peralatan tersebut dari si A atau si B.

Jangan Sering Meminjam

Jangan karena lo gampang dapat izin dari teman yang meminjamkan peralatan mendakinya, bukan berarti lo bisa terus-terusan meminjam alat tersebut. Karena, si pemilik barang belum tentu merasa nyaman kalau alatnya terus-terusan dipinjam.

Kalau bisa, belilah peralatan tersebut sendiri, caranya dengan nabung pastinya. Karena kalau punya peralatan sendiri pun bakal lebih enak pakainya tanpa harus khawatir merusak punya orang lain, kan?

Bertanggung Jawab

Nah, yang terakhir lo harus punya rasa bertanggung jawab kalau pinjam peralatan mendaki milik teman. Di mana ketika peralatan yang dipinjam tersebut mengalami kerusakan, seenggaknya lo kasih tau pemiliknya dan ganti alat tersebut dengan yang baru.

Dan kalau peralatan tersebut kotor, lo juga harus membersihkannya sebelum dikembalikan ke pemiliknya ya.

Itu tadi beberapa etika ketika mau pinjam peralatan mendaki milik teman. Kalau lo sendiri tim pinjam atau yang kasih pinjam, nih?

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post