• 24.12.17

    Mengenal apa Itu Buzzer


    Pengertian Buzzer. Apakah Anda sudah mengetahui pengertian buzzer? Sebenarnya fenomena buzzer sudah lama di kenal di Indonesia bahkan buzzer merupakan  salah satu profesi yang cukup di gemari oleh para pengguna akun media sosial bukan cuma di Twitter , yang dianggap sangat menjanjikan bagi mereka.
    Mengapa profesi buzzer sangat menjanjikan? Hal itu disebabkan karena hanya dengan bermodalkan skill untuk berkicau di sosial media maka seorang buzzer bisa mendapatkan sumber pendapatan. Maka dari itu, menjadi seorang buzzer merupakan salah satu profesi yang dianggap sangat menjanjikan untuk mereka yang sangat senang bermain sosial media.
    Saat ini dunia internet khususnya sosial media bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk mengaktualisasi diri melainkan dapat dijadikan sarana untuk melakukan pemasaran dan iklan. Sehingga hal tersebut menyebabkan profesi ini sangat berpeluang agar bisa mendapatkan menghasilan melalui sosial media.
    Pada mulanya, buzzer berawal dari event Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk melakukan kampanye pada pilkada Jakarta 2012 dan pemilu Indonesia 2014. Akibat dari efeknya yang amat sangat efektif dan massif sehingga pada akhirnya beberapa perusahaan juga mencoba untuk menggunakan cara ini dalam memasarkan produknya.

    Namun, apa sih sebenarnya pengertian buzzer itu?

    Buzzer berasal dari Bahasa inggris yang mempunyai arti lonceng, bel atau alarm. Pengertian buzzer secara harfiah diartikan sebagai alat yang di manfaatkan dalam memberikan pengumuman atau mengumumkan sesuatu untuk mengumpulkan orang-orang pada suatu tempat.
    Di Indonesia sendiri, istilah ini mempunyai arti “kentongan”. Tentu kalian sudah tahu apa itu kentongan. Ya, benar. Kenotongan merupakan salah satu alat tradisional yang sering digunakan untuk mengumpulkan warga pada saat terdapat pengumuman atau berita penting.
    Setelah kita mengetahui pengertian buzzer maka kita dapat menghubungkan istilah tersebut berdasarkan kegunaannya pada sosial media. Pada sosial media buzzer yaitu orang yang memanfaatkan akun sosial media miliknya guna menyebar luaskan info atau dengan kata lain untuk melakukan promosi maupun iklan dari suatu produk maupun jasa pada perusahaan tertentu.
    Sehingga jelas kaitannya antara istilah-istilah tadi dengan fungsi seorang buzzer, terlihat bahwa seorang buzzer di sosial media pada kenyataannya memiliki peran sebagai alarm. Maksudnya orang yang akan terus menerus sesuai jadwal yang telah ditetapkan melakukan suatu promosi atau iklan mengenai suatu produk.
    Biasanya hanya akun dengan jumlah pengikut yang banyaklah yang bekerja pada profesi ini. Selain itu tentunya akun tersebut juga dapat memberikan pengaruh besar kepada para followersnya. Maka dari itu biasanya akun-akun sosial media seorang buzzer adalah akun dari seorang public figure misalnya seperti artis-artis terkenal. Sebab pada umumnya seorang artis terkenal tentu memiliki cukup banyak penggemar serta berkemungkinan besar dapat mempengaruhi para penggemarnya tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan mereka yang bukan public figure untuk menggeluti profesi ini.


    Berikut ada beberapa cara agar Anda bisa menjadi seorang buzzer.

      Sebar Identitas ke Seluruh Jejaring Sosial agar Mudah di Temukan

    Sebagai seorang onliner yang sudah memiliki banyak pengikut di akun sosial maka bersiaplah apabila akan ada salah satu atau lebih agency yang akan menghubungi Anda. Supaya identitas Anda lebih mudah di dapatkan oleh mereka maka cantumkan identitas mengenai diri Anda minimal terdapat email ataupun nomor telepon khusus serta beberapa akun sosial media Anda.

      Usahakan untuk Online Selama 24 Jam dan Dapat Memberikan Respon yang Cepat


    Ketika Anda bekerja di media sosial, terkadang Anda seperti tidak mengenal hari libur atau bahkan Anda merasa setiap hari seperti hari libur karena pekerjaan Anda hanya menuntut untuk bisa online selama 24 jam. Dengan mempunyai digital lifestyle maka akan membuat Anda akan mudah di hubungi kapan saja melalui aplikasi online apa saja. Begitu pula ketika terdapat pertanyaan , complain maupun pujian maka sebsa mungkin Anda segera meresponnya dengan sigap.

    Memiliki Anger Management yang Baik

    Apabila Anda memutuskan untuk melakukan prodesi ini maka mood Anda juga harus tetap terjaga agar selalu menyebarkan emosi yang dapat membangkitkan semangat positif. Sebab dalam menghadapi banyak pengikut secara langsung maka membutuhkan stamina emosi yang kuat agar Anda lebih siap dalam menjawab pertanyaan ataupun menanggapi komentar dari pengikut Anda.

      Penuhilah Kewajiban Melebihi Apa yang Tertulis di Kontrak

    Tidak ada salahnya apabila Anda ingin memberikan bonus kepada klien Anda karena hal tersebut bisa memberika keuntungan bagi kedua belah pihak. Klien juga akan senang apabila “program kampanyenya” akan memperoleh Word of Mouth  yang lebih luas.

      Memahami Product Knowledge

    Sebagai seseorang yang menjalani profesi ini maka sudah sewajarnya harus memahami tentang produ knowledge nya, kalau bisa justru Anda juga mencoba langsung produk yang Anda iklankan. Sehingga hal tersebut juga akan lebih memudahkan Anda untuk menambahkan testimony yang sebenarnya guna mempengaruhi orang lain agar memutuskan untuk membeli produk tersebut.



    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Ngumpul asyik Pegiat Media Sosial dengan Kominfo Jateng

    Pemalang, - Puluhan undangan dari pegiat media social dan para admin akun public   kota P emalang berkumpul di Wapres JK 2 yang beralamat ...

    Beauty

    Blog Archive