Jajanan Tradisional Yang Mulai Langka , Kalian Pernah Coba Semuanya ?

Hayo ngaku, siapa yang setiap ke pasar selalu melipir ke tempat kue dan jajanan tradsional? Yup, jajanan jadul emang nggak pernah gagal bikin kita tergiur. Warna dan bentuknya yang unik serta rasanya yang nikmat bikin pengin makan lagi dan lagi. 

Sayangnya, sejak kehadiran jajajan kekinian, beberapa jajanan tradisional udah mulai sulit ditemukan, nih. Bahkan, nggak sedikit yang terancam punah, lho. Kira-kira, jajanan apa aja yang sekarang udah langka, ya? Simak selengkapnya berikut ini, Brok.

Grontol Jagung

image : cookpad
Buat lo yang tinggal di Jawa Timur dan Jawa Tengah, di pemalang biasa di sebut blendung atau kudapan jagung,  mungkin lo nggak asing sama jajanan yang satu ini. Namanya grontol jagung. Kudapan ini terbuat dari jagung kering yang direbus sampai empuk, kemudian disajiin dengan kelapa parut dan taburan gula pasir. Sayangnya, jajajan unik dan mengenyangkan ini udah mulai jarang ditemui di pasaran.

Permen Gulali

image youtube
Siapa nih yang dulu waktu SD sering beli jajanan yang satu ini? Yup, apa lagi kalau bukan permen gulali. Rasanya satisfying banget nggak sih ngelihat abangnya narik-narik dan ngebentuk gulali jadi berbagai bentuk yang unik, seperti bunga, peluit, dan hewan. 

Sayangnya, jajanan manis ini udah mulai sulit ditemukan di area sekolah. Selain itu, anak-anak masa kini juga lebih tertarik sama permen kekinian dibanding permen gulali yang unik tersebut.

Es Potong

image : quoara
Sebelum ada berbagai brand es krim, anak-anak zaman dulu selalu beli es potong buat mengusir dahaga di tengah cuaca panas. Sesuai namanya, es ini terbuat dari campuran buah segar yang dibungkus dalam plastik panjang, kemudian dipotong-potong sekitar 10 cm dan ditusuk ke batang lidi. Selain buah, ada pula rasa kacang hijau dan tape ketan. Sayangnya, es legend ini udah mulai jarang ditemui di jalanan. Biar makin nikmat, es potong biasanya dicelup ke cokelat cair.

Mipan

Mipan merupakan kue basah yang bentuknya mirip puding dan terbuat dari tepung beras. Kue ini biasanya disajin bareng saus gula merah dan minyak bawang, sehingga bikin rasanya jadi manis gurih. Sayangnya, jajajan unik ini udah mulai langka, Brok. Kalau lo tertarik buat nyobain, lo bisa dateng ke Pasar Glodok di Jakarta Barat karena masih ada satu pedagang mipa yang bertahan.

Geblek

Tenang, ini bukan lagi ngatain lo, kok. Nama jajanan khas Kulon Progo, Yogyakarta ini emang unik. Geblek terbuat dari tepung tapioka dan bawang putih yang dibentuk seperti angka 8. Kudapan ini berwarna putih dan memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih. Saat ini, camilan ini mungkin cuma bisa lo temukan di daerah asalnya.

Itu tadi deretan jajanan tradisional yang terancam punah. Udah pernah cobain semua belum,Gaes ?

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post