6 Hal Seru Yang Patut Kalian Coba di Sekitar Gunung Lawu

Banyak pendaki tergoda untuk menaklukkan puncak Gunung Lawu. Salah satu alasan yang mendasari hal tersebut adalah karena gunung ini menawarkan panorama alam memukau. Jika tidak berniat mendaki, wisatawan sebenarnya juga bisa mencoba banyak hal seru lain di dekat kawasan Lawu.

Apa sajakah hal seru yang bisa dicoba wisatawan di sekitar Gunung Lawu? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan simak tulisan di bawah ya brok !

1. Menjajal Kapal Cepat di Telaga Sarangan

Tak jauh dari Gunung Lawu, lo dapat menemukan destinasi wisata air asri bernama Telaga Sarangan. Tempat ini pas dikunjungi pelancong yang ingin melepas penat usai beraktivitas seharian penuh. Di Telaga Sarangan, wisatawan bisa duduk santai sembari menikmati keindahan pemandangan sekitar.

Pikiran lo akan kembali segar saat merasakan udara sejuk di sekitar sini. Panorama indah yang disajikan tempat ini juga bakal mengalihkan lo dari rasa bosan dan suntuk. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba wisatawan di Telaga Sarangan, salah satunya adalah mengelilingi telaga dengan kapal cepat.

Telaga Sarangan menyuguhkan suasana tenang sehingga pas dituju wisatawan yang ingin menjernihkan pikiran. Usai berlibur di sini, suasana hati lo akan berubah menjadi lebih baik. Lo pun bisa kembali melanjutkan rutinitas harian dengan perasaan ceria serta energi positif.

2. Mengunjungi Air Terjun Tirtosari

                            

Letak destinasi wisata ini sebenarnya cukup dekat dari Telaga Sarangan. Dengan kata lain, lo bisa menyambangi Air Terjun Tirtosari usai bertandang ke Sarangan. Kawasan Air Terjun Tirtosari menyajikan pemandangan asri yang kerap membuat wisatawan terpana pada pandangan pertama.

Sebagian orang diketahui menyebut air terjun ini dengan istilah “Air Terjun Ngadiloyo”. Wisatawan kabarnya harus mendaki beberapa anak tangga terlebih dahulu bila hendak mendekati air terjun ini. Ada banyak objek foto menarik di sekitar tempat wisata ini, contohnya seperti air terjun, tangga, jembatan, dan lain-lain.

Lo bakal dibuat takjub dengan bentuk air terjun ini yang nampak seperti bertingkat. Mata wisatawan juga akan dimanjakan suasana asri serta pemandangan yang eksotis. Air Terjun Tirtosari menjanjikan pengalaman liburan yang berkesan khususnya bagi wisatawan berjiwa petualang.

3. Bermalam di Sekipan

Apakah lo senang menghabiskan waktu liburan dengan berkemah di alam bebas? Jika iya, maka lo patut memilih Sekipan sebagai destinasi wisata selanjutnya ketika masa liburan tiba. Sekipan cocok disambangi wisatawan yang ingin mendekatkan diri ke alam karena jenuh dengan suasana perkotaan.

Jika belum akrab dengan Sekipan, tempat wisata ini sejatinya merupakan area perkemahan yang berada di desa Kalisoro, kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Lo bakal merasakan pengalaman camping seru di sini lantaran lokasinya terletak di antara hutan pinus. Mantap sekali, bukan?

Di Sekipan, wisatawan dapat menikmati sejumlah fasilitas seperti kamar mandi dan spot berfoto yang menarik. Kehadiran fasilitas ini tentu akan menunjang kenyamanan lo selama menginap. Jadi, jangan ragu mendatangi Sekipan ketika berlibur ya bro!

4. Berwisata Kuliner di Area Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu

Jika tidak berniat mendaki Gunung Lawu, lo bisa meluangkan waktu dengan menjajal aneka kuliner di sekitar Basecamp Gunung Lawu Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Ada banyak warung makan yang bisa lo kunjungi di area tepian jalan. Makanan yang dijual pun beragam rasanya.

Contoh kuliner yang dijajakan di sekitar Cemoro Kandang maupun Cemoro Sewu adalah cilok dan semangkuk bakso. Dua jenis makanan ini sangat cocok dinikmati wisatawan ketika cuaca sedang dingin. Lo bakal merasa lebih kuat untuk menghadapi hembusan angin yang cukup dingin.

5. Mengunjungi Lawu Park

Berlokasi di area tinggi, Lawu Park juga menawarkan banyak hal menarik kepada wisatawan. Lo bisa menemukan tempat wisata ini di Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Setibanya di Lawu Park, wisatawan bakal puas memandang indahnya Gunung Lawu dan hutan pinus.

Lawu Park bakal memuaskan hati pengunjung lewat kehadiran tempat wisata kuliner, wisata alam, taman rekreasi, serta forest resort. Contoh makanan yang bisa lo temukan di sini adalah aneka daging bakar, empal gepuk, sego jagung, steam boat, shabu-shabu, nasi liwet strawberry, serta kopi lawu. Menarik sekali bukan?

Selain itu, ada bermacam-macam taman dengan tema variatif yang bisa didatangi pelancong di Lawu Park. Contohnya seperti Taman Pasar Dieng Gunung Lawu, Taman Cempe, Taman Pawon Sewu, Taman Jepang, dan lain-lain. Menarik betul, bukan?

6. Bersantai di Telaga Wahyu

Tidak jauh dari Telaga Sarangan, wisatawan juga bisa menemukan Telaga Wahyu. Ukuran telaga ini diketahui lebih kecil dibandingkan Telaga Sarawang, yakni 10 hektar. Meski demikian, Telaga Wahyu menawarkan  pemandangan tak kalah memesona dengan Sarangan.

Telaga ini kabarnya memiliki kedalaman sekitar 16 meter. Udara sekitar sini terbilang sejuk karena lokasinya berada di lereng Gunung Lawu. Contoh fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung di sekitar sini adalah bebek kayuh.

Demikian 6 hal seru yang bisa dicoba pelancong di dekat Gunung Lawu. Kegiatan-kegiatan di atas tentu bisa dijadikan referensi buat lo yang masih bingung menentukan tempat liburan. Jangan lupa mencoba semuanya ya bro!

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post