Jangan Sampai Rusak , Begini Cara Untuk Melindungi Tenda Saat Pendakian

Tenda menjadi salah satu gear penting yang wajib dibawa oleh pendaki dalam setiap kali pergi berkemah. Saking pentingnya, perlu treatment khusus dalam merawat tenda agar gak cepat rusak, dan tetap aman untuk digunakan berkali-kali. Ternyata ada triknya loh Brok , untuk melindungi tenda supaya gak cepat rusak, dimulai dari saat packing, saat pendakian dan saat bongkar. Yuk, perhatikan!

Saat Packing 

Lo masih memasukkan tenda ke tempatnya bareng dengan frame dan pasaknya? Lebih baik ubah cara packing lo mulai sekarang, karena cara ini gak praktis dan cukup makan tempat. Sebaiknya, lo lipat bagian dalam tenda, dimasukkan ke dalam ransel, dan frame dimasukkan di bagian samping tas lo. Perhatikan saat menyimpan tenda, apakah ada bagian tenda yang terlipat atau perlu dibetulkan. Jangan menekan tenda ketika memasukkan ke dalam tas, karena tekanan akan bikin tenda lo gampang ditekuk dan gak awet.

Pastikan tenda, frame dan pasak sudah kering sempurna ya  sebelum memasukkan mereka semua ke dalam tas. Jangan lupa juga untuk untuk membawa lap kering atau kanebo untuk membersihkan air dari tenda ketika sedang digunakan, atau ketika akan dilipat.

Saat Pendakian

Penting untuk memilih lokasi yang tepat ketika akan mendirikan tenda. Pastikan lo membangun tenda di tempat yang aman, bukan area terlarang, memiliki tanah yang datar, gak berkerikil atau berbatu. Kalau perlu, bersihkan dulu tanah yang akan menjadi tempat tenda lo berdiri supaya gak ada yang mengganjal ketika tenda sudah berdiri. Jika lo mendirikan tenda dalam kondisi hujan, buatlah sebuah saluran air atau parit di samping tenda supaya gak ada air mengendap yang bikin tenda lo jadi tergenang.

Penting juga untuk mengetahui arah mata angin supaya lo bisa memposisikan tenda berlawanan dengan arah datangnya angin. Jangan sampai salah arah, karena bisa membahayakan lo dan rombongan jika sewaktu-waktu ada badai. Last but not least, hindari untuk merokok atau memasak di dalam tenda ya, , karena hal ini berpotensi merusak tenda ya.

Saat Bongkar

Sebelum membongkar dan melipat tenda, bersihkan dulu bagian dalam tenda dari segala jenis kotoran, remah-remah dan sampah dengan cara menggoyang-goyangkan tenda. Jika bagian tenda luar kotor atau basah, lap dengan kanebo dan pastikan supaya benar-benar kering sebelum dilipat. Lepaskan pasak dan frame dengan perlahan dimulai dari ujung-ujung tenda.

Setelah sudah, lipat frame tenda dimulai dari tengah supaya frame tenda lo gak cepat rusak. Setelah semuanya sudah rapi dan kering, barulah dimasukkan ke tempatnya masing-masing dengan cara yang gentle, sama seperti saat packing. Bisa kan ?

Jika lo mengikuti semua cara diatas, dijamin tenda dan alat pelengkap lainnya panjang umur dan gak cepet rusak !

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post