Faktor Penentu dalam Memilih Sepatu Gunung yang Tepat

Dalam memilih sepatu gunung, ada beberapa faktor penentu supaya lo bisa dapat sepatu gunung yang paling cocok dan tepat. Apa aja ya? Langsung aja nih simak ulasan selengkapnya!

Sepatu gunung menjadi salah satu perlengkapan mendaki yang sangat penting dan wajib buat digunakan. Punya desain yang kokoh, sepatu gunung tentu berfungsi buat melindungi kaki lo. Salah pilih sepatu gunung, maka bisa bikin pendakian lo jadi nggak nyaman dan bahkan bisa bikin kaki jadi terluka.

BACA JUGA : Nepal vanjaava, Menanti Sunrise di Kaki Sumbing

Maka dari itu, lo harus pilih sepatu gunung yang tepat, cocok, dan juga nyaman. Apalagi, udah banyak merek sepatu gunung yang punya kelebihan berbeda, jadi lo harus cermat dalam memilihnya. Nah, ada beberapa faktor penentu dalam memilih sepatu gunung yang tepat nih. Berikut ini beberapa hal pentingnya.

Memiliki Sol Medium

Image Source : www.amazon.com
Buat ukuran medan pendakian gunung-gunung di Indonesia, sol sepatu atau outsole dengan tingkat kekerasan yang medium ini paling direkomendasikan. Soft sole paling cocok dipakai di permukaan yang keras seperti bebatuan dan hard sole bakal lebih cocok dipakai di tanah yang becek.

BACA JUGA : Biar Ga Karatan, Peralatan Gunung Jangan Dicuekin 

Tapi, buat ukuran jalur pendakian di gunung-gunung Indonesia dengan kombinasi jalur bebatuan keras, tanah lembek hingga berlumut, medium sole jadi pilihan terbaik. Selain itu, buat memilih bahan terbaik, lo bisa pilih yang dari karet atau sintetis dengan permukaan sol bergerigi atau nggak gampang terpeleset.

Sepatu Berleher Tinggi

Image source :www.travel.kompas.com
Sepatu gunung sendiri punya 3 jenis leher, yaitu yang pendek, sedang, dan tinggi. Buat pendakian di jalur yang cukup terjal dan dilakukan dalam waktu yang lama, maka lo bisa pilih sepatu gunung berleher tinggi. Ini karena sepatu berleher tinggi bisa melindungi mata kaki dan kaki secara keseluruhan dari cedera.

Sedangkan, sepatu gunung berleher pendek nggak bisa melindungi mata kaki, walaupun masih tetap nyaman dipakai buat pendakian ringan dengan jalur yang nggak terlalu terjal atau kegiatan outdoor lainnya.

Dan kalau sepatu gunung leher sedang, nggak bisa melindungi mata kaki secara keseluruhan, bisa tetap dipakai tapi bisa menimbulkan cedera pada kaki kalau melewati jalur yang cukup terjal.

Waterproof

image source : www.idntimes.com
Hal satu ini juga jadi faktor penting dalam menentukan sepatu gunung yang tepat. Pasti lo nggak mau kan kaki jadi basah karena rembesan air dari sepatu gunung yang nggak punya sifat waterproof? Hal ini tentu bikin lo jadi nggak nyaman, bahkan risiko cedera pun makin besar.

Karena sesungguhnya, selama pendakian lo harus bisa menjaga kaki supaya tetap kering demi mencegah terkena hipotermia kalau cuaca jadi sangat dingin. Makanya, ada baiknya lo pilih sepatu gunung yang udah waterproof ya.


Pilih Ukuran yang Lebih Besar

Nggak kayak membeli sepatu biasanya, dalam memilih sepatu gunung sebaiknya lo harus melebihkan satu nomor dari ukuran sepatu yang biasa dipakai. Misalnya, kalau ukuran sepatu lo yang biasanya adalah 40, maka buat sepatu gunung sebaiknya pakai yang ukuran 41.

BACA JUGAMau Jadi Travel Blogger? Nih Sedikit Tipsnya Ya

Hal ini berfungsi agar ujung jari kaki dan tumit tetap nyaman saat melalui medan tanjakan ataupun turunan yang terus menerus. Dengan melebihkan satu ukuran ini, maka bisa mengurangi risiko ujung jari dengan ujung sepatu yang kadang bikin ujung jari sakit.


Bobot yang Cukup Ringan

Pakai sepatu gunung mungkin butuh membiasakan diri dulu, karena kemungkinan di awal pemakaian lo masih cukup nyaman memakai sepatu yang cukup berat itu, tapi bakal terasa nggak nyaman dan mengganggu kalau udah melewati jalur menanjak dengan medan terjal. Nah, lo sebaiknya pilih sepatu gunung yang punya bobot cukup ringan.

Itu tadi beberapa faktor penentu dalam memilih sepatu gunung yang tepat. Sepatu gunung lo udah sesuai belum?

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post