Biar Nggak Karatan, Peralatan Mendaki Gunung Jangan Dicuekin Lho

Habis senang-senang naik gunung, yang paling bikin mager itu adalah membersihkan peralatannya. Harus diakui, rasanya kadang masih pengen selonjoran terus karena pegal-pegal yang belum hilang. Sampai-sampai kelupaan deh.

Nah, kebiasaan itu jangan ditiru ya. Bagaimanapun, peralatan mendaki nggak boleh dicuekin gitu aja. Kalau nggak segera dibersihkan bisa cepat rusak, belum lagi yang materialnya bisa cepat karatan juga. Ayo, jangan malas-malas. Perawatannya gampang kok.

Angin-anginkan Peralatan Mendaki

                     Image source:  https://www.shutterstock.com/image-photo/trecking-hiking-equipment-                                               set-annapurna-mountain-1813241974

Kalau masih ada tenaga segeralah keluarkan peralatan mendaki kalian yang bisa menimbulkan karat. Cara paling tepat setelahnya adalah mengangin-anginkan atau ditaruh di ruang terbuka supaya alat-alat yang terbuat dari logam nggak karatan. 

Peralatan elektronik harus segera diselamatkan. Lo harus keringkan segera, apalagi kalau kondisinya basah. Lo bisa pakai handuk buat mengeringkan peralatan mendaki lo itu. Pastikan tiap celahnya sudah nggak ada lagi yang basah.

Kalau sudah letakan di tempat yang kering. Lalu tenda dome bekas di atas gunung juga harus dirawat. Periksa dan bersihkan resleting tenda agar nggak macet saat kembali digunakan. Keringkan dengan baik tenda kamu sebelum kembali disimpan, agar tendamu bebas jamur. Paling nggak kaki-kakinya yang terbuat dari logam harus juga dilepaskan. 

Terus jika lo mendaki gunung dalam keadaan suhu yang lembab, peralatan mendaki juga pasti ikut-ikutan lembab. Nah kalau sudah begitu simpan dulu peralatan yang dari logam di dalam as carrier. Atau biarkan di dalam wadah saja dulu, jangan dikeluarkan. Tapi kalau memang harus dikeluarkan, ya pastikan harus disimpan dalam kondisi kering. 

Lap Pakai Tisu Basah

                                              Image source: https://vancampinglife.com

Kompor peralatan pendukung naik gunung yang sering banget karatan. Disarankan ya bro, kalau habis memakai kompor langsung dibersihkan supaya nggak cepat rusak dan berkarat. 

Cara membersihkan kompor lo cuma perlu mengelap bagian permukaan kompor dengan tisu basah, terus dilap ulang dengan tisu kering. Setelahnya tunggu deh beberapa saat sampai benar-benar kering. Baru dimasukkan dalam kantong khusus kompor.

Biar lebih awet lagi, semprotkan kompor dengan cairan anti-karat, khususnya di bagian atas kompor. Kalau nggak ada bisa juga pakai cairan pelumas. Tapi hati-hati saat mengoles atau menyemprot cairan itu. Kalau terkena bagian pemantik api bisa memicu kerusakan kompor.

Setelah semua diberikan, tugas lo selanjutnya adalah menyimpan peralatan di tempat yang paling aman. Simpan lagi peralatan lo di tempat yang ideal, kalau perlu di tempat khusus supaya kondisinya tetap terjaga saat nggak diistirahatkan.

Tempatkan semua peralatan di satu tempat juga biar nggak bingung kalau suatu saat lo butuh untuk dipakai mendaki lagi. Keringkan dengan benar semua peralatan sebelum disimpan kembali. Lebih baik jemur dulu di bawah sinar mentari. Air bisa mendatangkan jamur pada kain atau karat pada besi yang bisa merusak peralatan mendaki.

1 Comments

Post a comment

Previous Post Next Post

Featured post