• 14.12.18

    7 Kuliner Pedas Nusantara yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

    Apa sajakah kuliner pedas nusantara yang menawarkan rasas pedas menyengat? Berikut adalah 7 kuliner pedas Indonesia yang cocok dinikmati saat hujan. Silakan disimak ya bro!

     Di musim hujan ini, banyak orang memburu makanan khas nusantara yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Makanan pedas diketahui menawarkan banyak manfaat positif, di antaranya adalah menghangatkan tubuh, mempercepat penurunan berat badan, serta memperlancar pencernaan. Berguna sekali, bukan?
    Apa sajakah kuliner pedas nusantara yang menawarkan rasas pedas menyengat? Berikut adalah 7 kuliner pedas Indonesia yang cocok dinikmati saat hujan. Silakan disimak ya bro!

    1. Ayam Betutu  

     
    Photo Credit: amazonaws.com
    Pulau Dewata menyimpan banyak kuliner lezat dengan cita rasa pedas, contohnya seperti panganan betutu. Banyak orang membuat kuliner ini dengan menggunakan bahan utama berupa ayam atau bebek. Begitu mencicip makanan ini, lo akan tergila-gila dengan rasanya yang begitu gurih.
    Proses pembuatan ayam betutu terbilang sulit. Untuk menghidangkan makanan ini, lo harus membungkus ayam berisi rempah dengan daun pisang. Setelah itu, lo harus melapisinya lagi dengan pelepah pisang. Terakhir, lo harus menaruh betutu dalam lubang tanah dan menutupnya dengan bara api hingga matang. Akan tetapi, proses memasaknya kini menggunakan teknik yang lebih modern dan sederhana.
    Kelezatan kuliner ini akan menjadi salah satu hal yang paling lo rindukan selama berlibur di Bali. Untuk menemukan ayam betutu, lo bisa mengunjungi tempat makan di daerah Gilimanuk. Pokoknya, jangan sampai melewatkan momen mencicipi makanan ini deh bro !

    2. Oseng Oseng Mercon

    Photo Credit: jajanyuk.com
     Makanan ini tentu sudah terdengar familiar bagi kalangan pencinta kuliner pedas. Istilah “mercon” dalam bahasa Jawa diketahui memiliki arti “petasan”. Banyak orang menyamakan rasa pedas oseng-oseng ini seperti petasan yang meledak di dalam mulut. Beranikah lo mencobanya?
    Untuk membuat makanan ini, lo perlu menyiapkan 500 garam daging tetelan sapi dengan bahan tambahan cabai hingga 250 gram. Rasa pedas oseng-oseng mercon seringkali membuat orang yang menyantapnya mengeluarkan keringat dingin. Salah satu sumber kenikmatan makanan ini berasal dari kehadiran rempah lain seperti bawang merah dan putih.

    3. Asam Padeh  Ikan Tongkol

    Photo Credit: wordpress.com
    Asam padeh diketahui merupakan salah satu kuliner tradisional yang berasal dari masyarakat Minang dan Melayu. Di dalam bahasa Minangkabau, asam padeh memiliki arti “asam pedas”. Makanan ini bakal menggoyang lidah lo lewat rasa pedas dan asamnya yang begitu nikmat.
    Hidangan laut yang bisa diolah untuk membuat makanan ini di antaranya adalah ikan tongkol, tuna, kakap, serta cumi-cumi. Lo bisa mencampur bahan baku tersebut dengan bumbu rempah-rempah, asam jawa, dan cabai. Kuliner ini sangat cocok disajikan saat cuaca dingin.
    Asam padeh ikan tongkol akan membuat lo merasa lebih segar lewat cita rasanya yang begitu lezat. Lo dapat menemukan kuliner ini tanpa perlu datang ke Sumatera Barat. Pasalnya, makanan ini sudah banyak dijajakan di restoran Minang yang tersebar di berbagai pelosok nusantara.

    4. Bubur Pedas  

    Photo Credit: blogspot.com    
     Salah satu menu makanan favorit masyarakat kota Medan adalah bubur pedas. Cita rasa unik makanan ini diketahui banyak membuat orang yang menyantapnya merasa ketagihan. Kepopuleran bubur pedas di Medan tergambar dari tingginya permintaan masyarakat terhadap makanan ini saat bulan Ramadhan.
    Di Medan, bubur pedas kabarnya hanya dijajakan selama bulan puasa, Hal ini diketahui telah menjadi tradisi yang diwariskan penduduk lokal dari waktu ke waktu. Bubur pedas kabarnya dimasak dengan menggunakan beragam jenis bumbu dan rempah-rempah dalam kurun waktu 3-4 jam. Proses pembuatan makanan ini juga harus mengandalkan tungku kayu bakar. Tujuannya agar cita rasa khas makanan ini dapat terjaga dengan baik.
    Masyakarat medan umumnya mencicipi bubur pedas bersama lauk bernama “anyang”. Kuliner ini bisa lo jumpai di sekitar lokasi Masjid Raya dan Istana Maimoon, Medan. Untuk menemukannya, lo tentu harus menunggu hingga waktu Ramadhan tiba.

    5. AyamPenyet 

    Photo Credit: primarasa.co.id
     Kuliner khas Jawa Timur ini juga dikenal dengan cita rasa pedasnya yang begitu nikmat. Nama “ayam penyet” sendiri berasal dari teknik pembuatannya yang mengharuskan ayam goreng untuk digeprek hingga penyet di atas cobek batu atau kayu. Rasa pedas makanan ini berasal dari sambal ulek yang dicampur dengan ayam saat digeprek.
    Popularitas ayam penyet telah mencapai hingga ke luar Indonesia. Makanan lezat ini kabarnya juga digemari masyarakat Malaysia dan Singapura. Ayam penyet bahkan dimasukkan dalam daftar “40 Singapore food we can’t live without”  yang ditulis salah satu reporter CNN.
    Oleh sebab itu, ayam penyet tentu wajib dicoba para pencinta kuliner pedas. Cita rasa lezat ayam ini dijamin bakal membuat lo tertarik mencobanya berkali-kali. Apakah lo sudah pernah mencicipinya?

    6. Mie Aceh 

    Photo Credit: resepharian.com
    Makanan khas Sumatera ini memiliki tampilan berupa mie dengan bentuk besar dan agak tebal. Mie Aceh dapat lo konsumsi dengan atau tanpa kuah. Saat menyantap makanan ini, lo akan terbuai dengan rasa pedasnya yang begitu nikmat.
    Kuliner ini biasanya disajikan dengan campuran potongan daging sapi atau kambing. Ada juga yang memadukan mie Aceh dengan berbagai aneka hidangan laut, misalnya seperti udang, kepiting, hingga cumi. Hidangan-hidangan laut tersebut cocok dipadukan dengan kari mie Aceh yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

    7. Seblak  Bandung 


    Photo Credit: tribunnews.com
    Hidangan pedas yang satu ini tentu tidak terasa asing bagi lo yang berdomisili di daerah Bandung. Seblak dibuat dari kerupuk basah yang dimasak menggunakan bahan sayuran dan telur. Banyak orang tergila-gila dengan cita rasa seblak yang gurih dan pedas.
    Banyak penjual seblak menyajikan makanan ini dengan campuran bahan lain. Contohnya seperti ayam atau olahan daging sapi berupa bakso dan sosis. Menarik sekali, bukan?
    Makanan pedas bertekstur kenyal ini mudah dijumpai di berbagai tempat. Pemburu kuliner pedas tentu wajib menjajal seblak karena makanan ini menyuguhkan ras pedas yang cukup menyengat. Seblak juga sangat pas lo konsumsi sewaktu musim hujan.
    Demikian 7 kuliner khas nusantara yang memiliki rasa pedas dan gurih. Makanan-makanan ini tentu cocok dinikmati saat musim hujan atau cuaca dingin. Selamat mencoba semuanya ya bro !

    Source
    Feature Image - dynaputri.files.wordpress.com


     

    1 comment:

    Featured post

    Baru Mau Coba Rafting ? Perhatikan Beberapa Hal Ini Bro !

    credit foto  hengky kik  Indonesia juga terkenal dengan keberadaan sungai-sungai yang menantang adrenalin, bro. Untuk itu, rafting ad...