Fakta Unik Gunung Slamet, Puncak Tertingi Di Jawa Tengah Yang Menyimpan Banyak Misteri

Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet mendapat predikat sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah. Lokasi gunung ini meliputi lima kabupaten, yaitu Purbalingga, Banyumas, Pemalang, Tegal, dan Brebes.

Gunung Slamet punya puncak tertinggi bernama Surono. Buat mencapai ke atas, ada beberapa jalur pendakian yang bisa lo lewati yaitu via Bambangan, Guci, Baturraden, Kaliwadas, Dipajaya, Jurangmangu dan Cemara Sakti. Selain punya panorama yang mengagumkan, Gunung Slamet menyimpan beragam fakta unik dan misteri yang bikin pendaki penasaran, lho. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Brok .

Asal-Usul Nama Slamet


Bukan tanpa alasan, ternyata ada kisah di balik nama Gunung Slamet, lho. Nama ‘Slamet’ yang berarti ‘Selamat’ diberikan oleh masyarakat setempat sebagai harapan agar gunung tersebut nggak bakal meletus besar sekaligus memberikan rasa aman bagi warga sekitar. Soalnya, menurut kepercayaan mereka, kalau Gunung Slamet sampai mengalami letusan besar, konon katanya Pulau Jawa bisa terbelah jadi dua, lho.

Statusnya Masih Aktif

Sampai saat ini, Gunung Slamet berstatus sebagai gunung api aktif. Pada Oktober 2023 lalu, status gunung ini sempat naik ke level waspada dan mengalami aktivitas vulkanik, seperti gempa embusan atau tremor harmonik. Selama 1 – 18 Oktober 2023, tercatat ada 2.096 kali gempa yang terjadi dengan skala bervariasi. 

Walaupun masih berstatus aktif, hal itu nggak menyurutkan niat pendaki untuk menaklukkan gunung tertinggi di Jawa Tengah ini dan Mulai tanggal 13 Mei Kemarin Juga Untuk Pendakian Ditutup sampai waktu yang Belum ditentukan sampai kapan di buka lagi "Press rilisnya keluar di tanggal 11 siang kemarin. Pengumuman laporan aktivitas Gunung Slamet itu kan keluar tiap 15 hari sekali.

Punya Kawasan Hutan yang Alami

Gunung Slamet punya kawasan hutan seluas 31.200 hektare. Kalau digabung sama area gunungnya, total luasnya jadi 56.000 hektare. Area tersebut terbagi jadi empat zona, yaitu hutan dipterocarp bukit, hutan dipterocarp atas, hutan montane, dan hutan ericaceous atau hutan gunung. Ada berbagai flora dan fauna yang bisa lo temui di hutan Gunung Slamet, seperti edelweiss, anggrek hitam, elang jawa, monyet ekor panjang, dan lain sebagainya.

Dikeramatkan Masyarakat Setempat

Nggak cuma punya pemandangan indah, ternyata Gunung Slamet juga menyimpan misteri, lho. Gunung ini kerap dianggap sebagai kunci dari Pulau Jawa karena lokasinya yang tepat berada di tengah-tengah pulau. Selain itu, masyarakat setempat juga menganggap Gunung Slamet sebagai tempat keramat dan mereka percaya ada gerbang gaib di kaki gunungnya.

Ada Sumber Air Panas di Kaki Gunung

Kalau lo mager hiking, tapi tetep pengin ngerasin vibes Gunung Slamet, lo berwisata di kaki gunungnya aja, Superfriends. Ada sumber air panas Guci yang berada di sisi utara Gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Tegal. Bayangin deh betapa syahdunya berendam di kolam air panas sambil menikmati pemandangan Gunung Slamet yang memanjakan mata.

Pengin tau keseruan kolaborasi Superadventure dan My Trip My Adventure di Jawa Tengah? Langsung aja gas tonton videonya di link ini ya, Gaes !

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post