Taman Nasional Baluran, Wisata Unggulan Banyuwangi Bernuansa Afrika Brok !

Pernah denger sebuah wisata yang terjuluki “Little Africa in Java” bro? Kalau lo suka nonton acara tv di channel National Geography tentang hewan-hewan di Afrika, lo harus banget lihat wisata Taman Nasional Baluran. Ternyala nih bro, lo gak perlu jauh-jauh berkunjung ke Benua Afrika buat dapetin sensasi lihat hewan dengan suasana macam begini!

Berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur, lo bisa nikmatin panorama alam seperti di Afrika yang jadi latar belakang kawanan hewan berlalu lalang. Wah, gila gak tuh bro lo gak perlu repot-repot urus dan bayar visa mahal-mahal deh. Disana lo bisa lihat berbagai macam jenis satwa serta tumbuhan yang dilindungi Indonesia di Taman Nasional Baluran Banyuwangi!

Dari total 53 taman nasional yang ada di Indonesia, Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional yang banyak diminati wisatawan. Baik itu wisatawan lokal sampai wisatawan mancanegara, semua ingin melihat keindahan alam dan keunikan Taman Nasional Baluran. Lo harus lihat sendiri obyek wisata Taman Nasional Baluran bro biar lo ngerti kenapa obyek wisata di Banyuwangi ini banyak diburu para wisatawan.

Sekilas Mengenai Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran mendapatkan namanya dari sebuah gunung yang ada di kawasan ini, yang tidak lain dari Gunung Baluran. Kawasan berluas 25 ribu hektar ini menjadi rumah dari berbagai bentang alam seperti hutan, laut, pegunungan dan savana. Kemudian berbagai bentang alam itu menjadi ekosistem dari flora dan fauna yang dilindungi oleh Taman Nasional Baluran ini.

Dari total 25 ribu hektar itu, 40% dari kawasan Taman Nasional Baluran ini adalah padang savana, yang datar dan bergelombang. Nah, dengan dominasi kawasan padang savana ini lah Taman Nasional Baluran dikenal dan dijuluki sebagai “Little Africa in Java”. Di luar kawasan padang savana itu, Taman Nasional Baluran membagi area kawasan menjadi 4 zona berbeda yang berfungsi untuk melestarikan makhluk hidup berbeda.

Pelestarian flora dan fauna yang dilakukan di Taman Nasional Baluran terdiri dari 444 jenis tumbuhan, 28 jenis mamalia, dan sekitar 196 jenis lainnya (aves, pisces dan reptilian). Beberapa tumbuhan kategori langka yang ada di Taman Nasional Baluran yaitu Ketapang, Kesambi, Mimbo, dan Widoro Bukol. Sedangkan, beberapa hewan yang dilestarikan Taman Nasional Baluran antara lain: Banteng, Kera, Lutung, Macan Tutul, Merak Hijau, dan Rangkong.

Menuju Taman Nasional Baluran

Walaupun diinformasikan lokasi Taman Nasional Baluran berada di Banyuwangi, tetapi data yang tercatat adalah berada di Situbondo. Lebih lengkapnya lagi, secara administratif Taman Nasional Baluran terletak di Jalan Raya Situbondo – Banyuwangi, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Tapi, sederhananya aja sih bro lokasi Taman Nasional Baluran ini lebih mudah dan dekat kalau lo tempuh dari Banyuwangi.

Untuk menuju pintu gerbang wisata Taman Nasional Baluran, lo bisa melakukan perjalanannya dengan mudah. Baik itu dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum (bus atau kereta), akses yang perlu ditempuh gampang banget kok. Kalau lo berangkat dari arah Jakarta atau Surabaya, lo bisa menggunakan rute perjalanan dengan melewati Jalur Pantura. Dari situ akses jalanan menuju lokasi Taman Nasional Baluran akan mudah banget lo capai.

Buat lo yang melakukan perjalanan ke kawasan wisata ini dengan transportasi umum, Taman Nasional Baluran bisa bantu lo cari transportasi untuk keliling di dalamnya. Kalau lo mau menyewa motor, lo akan dikenakan biaya sewa sebesar 100 ribu Rupiah untuk 1 unitnya. Nah, biar lebih hits lo juga bisa sewa Jeep bro! Mobil Jeep bisa lo sewa dengan tarif yang berkisar dari 300 sampai 350 ribu Rupiah per hari.

Informasi Obyek Wisata Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terbuka untuk umum setiap hari dari Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional pun. Jadi, lo gak perlu khawatir untuk mengatur waktu agar lo bisa berkunjung ke wisata Taman Nasional Baluran ini. Perlu lo catat, jam kunjungan Taman Nasional Baluran dibuka mulai dari jam 7:30 sampai dengan 16:00. Tapi semisal lo ingin melihat sunrise disana, lo bisa melakukan konfirmasi ke pihak petugas Taman Nasional Baluran.

Berikutnya, untuk tarif masuk kawasan Taman Nasional Baluran dibedakan berdasarkan asal wisatawan dan hari kedatangannya. Kurang lebihnya biaya tiket masuk yang perlu lo keluarkan adalah seperti berikut.

Domestik: 15.000/hari (weekdays), 17.500/hari (weekends)

Rombongan Pelajar / Mahasiswa: 15.000/hari (weekdays), 17.500/hari (weekends)

Sedangkan wisatawan mancanegara perlu membayar tiket masuk yang bisa mencapai 10 kali lipat lebih mahal daripada domestik. Wisatawan mancanegara dikenakan harga tiket masuk sebesar 150 ribu Rupiah di hari kerja, dan di akhir pekan atau libur sejumlah 225 ribu Rupiah.

Layaknya tempat wisata lain, di luar tiket masuk lo juga perlu membayarkan biaya masuk kendaraan lo. Biaya yang perlu lo keluarkan untuk tarif masuk kendaraan adalah

Roda 2 (Motor): 5.000/hari (weekdays), 7.500/hari (weekends)

Roda 4 (Mobil): 10.000/hari (weekdays), 15.000/hari (weekends)

Roda 6 (Minibus & Truk): 50.000/hari (weekdays), 75.000/hari (weekends)

Dengan membayarkan biaya-biaya tersebut lo bisa menikmati berbagai obyek wisata yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Beberapa obyek wisata yang bisa lo jamah diantaranya Goa Jepang, Hutan Evergreen, Hutan Mangrove, Padang Savana Bekol, Pantai Balanan, Pantai Bama dan Pantai Bilik Sijie. Untuk info lebih jelasnya lo bisa lihat di situs resmi Taman Nasional Baluran 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post