Paracord, Gelang Yang Wajib Dibawa Para Petualang di saat berkegiatan Outdoor

Buat orang awam, mungkin banyak yang nggak tau dan bahkan belum pernah mendengar apa itu gelang paracord. Tapi buat para pegiat kegiatan adventure dan sering berpetualang ke alam bebas, gelang yang satu ini udah menjadi fashion item wajib bagi mereka karena begitu pentingnya. Lebih dari sekadar gaya-gayaan, gelang ini ternyata punya banyak banget manfaat loh Brok ! Apa aja ya?

Punya Sejarah yang Panjang

Selain dikenal dengan nama gelang paracord, gelang jenis ini juga memiliki nama lain yakni gelang bertahan hidup (survival bracelet), gelang tali 505 dan gelang tali parasut. Diambil dari gabungan kata “parachute” dan “cord” gelang yang satu ini ternyata udah ada sejak masa Perang Dunia II loh, Brok ! Kala itu, para tentara menggunakan benang atau tali dari nilon untuk membuat garis suspensi pada parasut. Selain itu, model tali yang dibuat ternyata bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti untuk tali sepatu bot, mengemas barang di bagian luar ransel, mendirikan tempat perlindungan darurat dan juga untuk mengamankan muatan. Itu kenapa tapi ini dikenal juga dengan nama “tali militer.”

Meskipun tampilannya nggak terlihat stylish dan terlalu kaku, tapi gelang ini justru bisa bikin tampilan lo jadi nampak sangat manly dan macho dengan warna-warna bold dari tali yang dibuat. Gelang paracord juga mudah ditemukan dimana-mana, baik di toko barang-barang outdoor, di e-commerce, atau lo juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tenang, alat dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan kok, yakni tali paracord, korek api, gunting, selotip, buckle clip dan juga penggaris. Untuk cara membuatnya, bisa dicari langsung di YouTube ya, Gaes, karena ada banyak banget desain dan teknik dalam pengerjaannya. Perhatikan dan ikuti langkah-langkahnya ya, karena lo harus benar-benar teliti dalam membuatnya, karena nantinya tali ini akan banyak digunakan dalam aktivitas di alam bebas.

Apa Aja Manfaatnya?

Jangan ditanya tentang manfaatnya deh, Brok, karena gelang paracord ini dijamin akan banyak membantu dan memudahkan beberapa kegiatan lo saat berada di luar ruangan, baik saat mendaki gunung, atau saat melakukan survival. Karena bahannya yang kuat dan tahan lama, gelang paracord biasanya digunakan untuk pengikat dan juga penggantung untuk menyangga tenda, atau mengikat barang di tas. Saat mendaki, gelang paracord bisa lo gunakan sebagai alat bantu naik turun gunung karena materialnya yang kuat.

Lo juga bisa memanfaatkan gelang paracord sebagai alat pemotong, alat penyaring air, alat perangkap dan juga bisa digunakan sebagai tanda pengenal dan alat penunjuk arah. Karena banyak banget manfaat dan kegunaannya, itu kenapa gelang paracord ini jadi sangat penting buat para petualang yang suka melakukan kegiatan di alam terbuka. Kalau udah tau manfaatnya, yuk segera miliki gelang multifungsi ini, Brok !

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post