Ini 5 Jenis Iklan Yang Bisa Lo Gunakan Untk Menggaet Konsumen Baru

Di zaman serba digital kayak sekarang, mempromosikan brand berupa barang atau jasa udah sangat mudah karena banyak banget jenis iklan yang bisa dilakukan secara digital, baik melalui website, media sosial, email maupun lewat aplikasi. Tapi supaya nggak salah sasaran dan tujuan dari iklan lo tercapai, lo harus paham dulu iklan mana aja yang cocok sama audiens lo, dan nantinya bisa digunakan dalam jangka panjang. Nggak usah bingung Brok, berikut 5 jenis iklan yang bisa lo gunakan untuk menarik konsumen baru lo.

Paid Search Ads

Kalau lo sedang mencari sesuatu dan mengetik kata tersebut di mesin pencarian website, dan lo menemukan apa yang lo cari namun ada label “Ad” atau “Iklan”, maka perusahaan tersebut menggunakan paid search advertising. Iklan ini memungkinkan perusahaan menampilkan iklan di halaman hasil pencarian atau SERP. biasanya, iklan ini terdiri dari headline, penjelasan singkat dan juga tautan yang mengarah ke website perusahaan.

Display Ads

Buat audiens lo yang ternyata visual banget, jenis iklan ini dijamin cocok dan tepat sasaran untuk mereka, Brok ! Jenis digital ads ini melibatkan penggunaan gambar dan teks, video, audio, hingga banner ads. Biasanya, iklan ini ditampilkan di area khusus pada platform media sosial atau website, dimana nanti audiens lo akan darahkan untuk mengklik banner yang ada, dan menuju website atau media sosial perusahaan.

Social Media Ads

Siapa yang jaman sekarang nggak main media sosial? Wah, kayaknya pengguna gawai canggih biasanya punya paling nggak satu platform media sosial yang setiap hari biasa mereka akses kan, Brok ? Nah, nggak hanya dijadikan sebagai sarana ajang eksis aja, ternyata media sosial juga bisa dijadikan sebagai tempat beriklan, dan malah iklan yang ditempatkan disini terbilang cukup efektif loh!

Banyaknya kanal media sosial yang ada saat ini memungkinkan perusahaan menjangkau target audiens yang berbeda-beda, sehingga bisa semakin banyak yang terjangkau. Jenis iklan di media sosial ini biasanya akan ditemui di banyak platform seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan bahkan TikTok.

Audio and Video Ads

Serupa tapi tak sama, baik audio maupun video ads biasanya ditempatkan di platform audio dan video streaming. Jika audio ads biasanya muncul ditengah-tengah lagu atau podcast, maka video ads muncul ditengah-tengah sebuah video dan iklan ini biasanya nggak bisa diskip atau dilewatkan. Meski kadang mengganggu buat si audiens, tapi nyatanya jenis iklan ini cukup efektif loh Gaes, karena audiens lo bisa mendengarkan iklan secara utuh, meski karena “terpaksa.” 

Email Ads

Salah satu ads yang terbilang cukup murah dan mudah dilakukan adalah email ads. Tapi meskipun nggak terlalu ribet saat membuatnya, lo tetap harus mengirimkan iklan ini kepada target audiens lo yang tepat, agar iklan tersebut bisa menghasilkan konsumen baru. Yang harus diperhatikan saat membuat email ads diantaranya adalah subjek, pesan, dan call to action yang menarik. Jangan mentang-mentang mudah dan murah, lo jadi asal-asalan dalam membuatnya ya Gaes !

Itu dia 5 jenis iklan yang bisa lo gunakan untuk menggaet konsumen baru. Menurut lo, mana yang kira-kira akan efektif lo gunakan? 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post