Masih Belum Memanfaatkan Keyword Untuk Bisnis Lo ? Kenali 5 Manfaatnya Berikut Brok

Dari sekian banyak strategi marketing, salah satu yang wajib dicoba adalah dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) sebagai senjata untuk meningkatkan traffic dan penjualan. Salah satu elemen yang paling penting dari SEO adalah keyword atau kata kunci. Ketika konsumen memasukkan kata spesifik di bar pencarian, maka akan muncul website yang berkaitan dengan kata pencariannya.

Nah, website yang dituju biasanya ada di bagian atas, atau di halaman pertama. Tentunya dengan keyword yang sesuai, akan menguntungkan bisnis lo karena konsumen akan masuk ke halaman website. Selain itu, apalagi sih manfaat dari keyword untuk bisnis?

Tujuan Penggunaan Keyword

Salah satu tools yang bisa meningkatkan penjualan adalah melalui website, baik yang berfungsi sebagai laman transaksi, atau yang berisi informasi. Nah, keyword ini ternyata punya andil yang sangat penting, karena nggak hanya bisa menarik perhatian konsumen, tapi juga bisa membuat mereka mendatangi bisnis kita di website atau laman media lainnya. Selain itu, penggunaan keyword juga berpengaruh untuk meningkatkan traffic website, dan bisa meningkatkan brand awareness.

Kalau lo memaksimalkan penggunaan website dan keyword ini, nggak menutup kemungkinan website lo akan berada di posisi paling atas di laman pencarian! Kalau udah begini, otomatis penjualan akan meningkat, Brok ! Terus, gimana cara memanfaatkan keyword untuk bisnis? 

Pakai Tools yang Ada

Sebelum menemukan keyword yang sesuai dengan bisnis dan trennya, lo bisa terlebih dahulu mencari keywordnya dengan menggunakan tools riset keyword. Beberapa diantaranya yang bisa lo akses secara gratis dan sangat mudah digunakan diantaranya adalah Ubersuggest, Google Trend, SEMRush, GrowthBar dan KWFinder. 

Gunakan Long Tail Keyword

Dibanding dengan keyword yang singkat, coba manfaatkan keyword yang cukup panjang dengan beberapa kata spesifik didalamnya. Jika keyword pendek hanya berisi satu atau dua kata, maka long tail keyword biasanya terdiri dari tiga sampai lima kata yang relatif spesifik terkait brand yang lo miliki. Karena volume hasil pencarian yang keluar nggak terlalu banyak, maka strategi long tail keyword ini cocok untuk digunakan karena bisa membawa konsumen ke website lo untuk tujuan konversi.

Riset Kompetitor

Coba deh sekali-kali lo berkunjung ke website dari kompetitor, dan baca konten-konten apa aja yang ada di websitenya. Dari sini, lo bisa melakukan semacam “study banding” untuk mengetahui kira-kira kata atau frasa-frasa apa aja yang dipakai oleh brand lain yang serupa. Sementara itu, ternyata ada lima faktor untuk memastikan apakah target kata kunci yang lo pilih bisa menemukan konsumen yang tepat, yaitu melalui jumlah pencarian, relevansi, nilai konversi, tingkat kompetitif dan intensi kata kunci.

Pantau Google Trend

Sering-sering melihat apa aja keywords yang lagi trend bisa jadi strategi terbaik lo. Lihat lagi, apakah keyword yang lo gunakan masih sering muncul di laman pencarian. Jangan sampai skip, karena bisa aja lo kalah dari kompetitor bisnis lo.

Konsisten

Jangan pernah bosan dan capek untuk riset dan analisis keyword yang udah digunakan dan belum digunakan. Dari sini, lo bisa menilai kira-kira apa yang kurang dan apa yang bisa ditingkatkan dari segi keywordnya. Semangat, Brok ! 

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post