7 Istilah di Cafe atau Resto Yang Wajib Lo Tahu

Makan sambil nongkrong di cafe memang memiliki sensasi tersendiri, makanya wajar kalau hal ini jadi trend di masyarakat sekarang. Meski begitu, kebanyakan dari pengunjung cafe nggak mempunyai pengetahuan soal per-cafe-an, lho!
Mereka bahkan nggak tahu arti beberapa istilah penting yang sering digunakan di cafe atau restoran. Padahal mereka sering menemukannya, tapi karena dianggap nggak terlalu penting jadi diabaikan.
Nah buat lo yang mau makan di cafe atau restoran, sebaiknya ketahui arti istilah-istilah yang sering digunakan berikut ini.
1.  Reserved
Reserved biasanya digunakan untuk meja-meja yang sudah dipesan atau di-booking oleh seseorang. Para pelayan akan memberikan tanda reserved ini pada setiap meja yang sudah dipesan.
Nah setiap meja yang bertanda reserved ini tidak bisa digunakan oleh pengunjung lain, meskipun masih kosong. Jadi kalau lo melihat tanda ini di meja, langsung cari meja yang lainnya, ya!
2.  Waiting List
Istilah waiting list digunakan untuk menunjukkan bahwa cafe atau restoran sedang penuh. Dalam kondisi penuh seperti ini, pelayan akan menawarkan waiting list kepada tamu yang baru datang.
Setiap tamu yang masuk dalam kategori waiting list harus menunggu sampai ada meja yang kosong, baru bisa masuk ke dalam cafe atau resto. Biasanya pelayan akan memanggil nama pengunjung sesuai dengan urutan waiting list-nya.
3.  Close Order
Setiap cafe atau restoran punya jam operasional sendiri. Ketika jam operasional ini akan berakhir, biasanya mereka akan berhenti menerima pesanan dari pengunjung. Inilah yang disebut close order.
Kalau lo datang ke cafe atau resto yang sudah mengumumkan close order, berarti lo nggak bisa melakukan pesanan apapun. Jadi kalau lagi nongkrong bareng temen dan mau nambah pesanan, sebaiknya lakukan sebelum pelayan mengumumkan close order, ya. 
4.  Close Bill
Selain close order, ada juga istilah lain yang berhubungan dengan pesanan di cafe atau restoran, yaitu close bill. Istilah ini dipakai untuk menunjukkan orang yang nggak berniat menambah pesanan lagi.
5.  Buffet
Buffet adalah istilah yang menunjukkan konsep makan di restoran pada sebuah meja yang panjang alias prasmanan. Nah di restoran yang menggunakan konsep ini, lo bisa memilih menu yang lo inginkan sendiri.
Lo juga nggak perlu nunggu pelayan datang buat mengantarkan makanan ke meja. Pokoknya semuanya dilakukan sendiri, pelayan hanya membantu saat ada makanan baru yang ingin lo pesan. 
6.  Take Away
Selama pandemi covid kemarin, banyak cafe atau restoran yang hanya melayani pesanan take away saja. Take away sendiri adalah istilah yang berarti makanan dibawa pulang atau dibungkus.
Jadi lo datang ke restoran hanya untuk memesan makanannya, setelah siap, makanan tersebut lo bawa untuk dimakan di rumah atau di tempat lain.
Umumnya pilihan take away ini akan ditanyakan ke pengunjung yang baru datang. Namun ada juga cafe dan restoran yang menyediakan tempat khusus untuk pengunjung yang mau melakukan take away.
7.  Dine In
Dine in adalah kebalikan dari take away. Jadi kalau take away berarti lo ingin membawa pulang makanan, sedangkan dine in berarti lo makan di tempat langsung. Jadi kalau lo berencana makan langsung di cafe atau restoran yang lo kunjungi, sebaiknya pilih menu dine in-nya.
Biasanya pelayan akan menanyakan berapa jumlah orang yang akan makan di tempat untuk dibantu memilih meja yang kosong. Atau lo juga bisa memilih meja yang kosong langsung lalu memesan makanan kepada pelayan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post