BIAR AMAN, INI YANG HARUS LO LAKUKAN SAAT MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN

Musim hujan bukan halangan bagi lo yang suka naik gunung. Ya meskipun akan ada resiko yang lebih tinggi di depan mata, tapi asalkan persiapan lo benar-benar matang, itu tidak akan jadi masalah. Mendaki gunung di musim hujan, memang akan sedikit terlihat ngeri bagi lo yang masih pemula. 

Memang sih, lo harus ada persiapan ekstra untuk mendaki gunung di musim hujan, berbeda tentunya dengan saat lo naik di musim kemarau. Trek yang akan lo lalui pun akan berbeda tentunya, karena saat hujan, trek yang terguyur air akan jadi basah dan licin, belum lagi kenangan eeh genangan air, dan masalah kabut yang turun.

Tapi tenang aja,lur , di artikel kali ini kita akan berbagi trik penting untuk lo agar tetap stay save saat mendaki gunung di musim hujan. Inilah beberapa tips dari saya yang bisa lo lakuin agar aman di pendakian saat musim hujan. Simak, Brok !

1. Cek Prakiraan Cuaca

Kalau lo masih ragu, hal pertama yang bisa lo lakuin adalah cek prakiraan cuaca. Untuk melakukannya, lo gak perlu bikin alat macem-macem, cukup bukan ponsel dan memanfaatkan aplikasi prakiraan cuaca yang menurut lo paling bisa diandalkan.

Kalau menurut prakiraan cuaca, hujan akan datang dengan lebat dan disertai petir sebaiknya tunda dulu kalau lo belum yakin dan berpengalaman.

2. Dry Bag atau ransel anti air untuk jaga barang bawaan

Yang kedua ini gak kalah pentingnya. Lo pasti gak mau kan barang-barang bawaan lo basah kuyup karena kehujanan. Nah, untuk itu, sebelum lo berangkat mendaki di musim hujan pertama kali yang harus lo siapkan sebuah dry bag untuk jaga barang bawaan biar tetap kering saat kehujanan.

3. Tambah dengan cover bag biar bener-bener aman

Cover bag juga akan bantu melindungi barang bawaan lo dari guyuran air hujan. Selain itu, dengan alat tambahan seperti cover bag ini, tas lo juga tidak akan kotor karena cipratan lumpur yang ada di sepanjang jalur pendakian lo.

4. Pakai jas hujan dan flysheet

Gak cuma penting dibawa saat berkendara di musim hujan, saat mendaki gunung di musim hujan peran jas hujan juga sangat penting buat lo. Ini agar menjaga badan tetap kering dan meminimalisir resiko hipotermia. Selain itu, lo juga butuh flysheet untuk melindungi tenda atau untuk berteduh saat hujan turun.

5. Pakai gaiters

Gaiters adalah sebuah alat yang bisa melindungi sepatu dan kaki lo. Gaiters punya banyak sekali manfaat, selain melindungi agar sepatu tidak kotor, tidak kemasukan kerikil, ranting, atau bahkan bisa juga untuk melindungi kaki dari gigitan hewan melata.

6. Bikin parit mengelilingi tenda

Saat lo beristirahat dan tiba-tiba hujan, satu hal yang harus lo lakukan adalah membuat parit kecil mengelilingi tenda yang lo dirikan. Arahkan parit ke tempat yang lebih rendah. Lo pastinya gak mau kan saat enak-enak berteduh dan menghangatkan badan eh tiba-tiba tendamu kebanjiran.

 7. Please, jangan nekat

Lo harus bisa milih antara kesenangan dan keselamatan jika tiba kondisi dimana cuaca semakin memburuk. Jangan sekali-kali nekat untuk tetap lanjut mandaki saat cuaca dirasa semakin tidak kondusif. Lebih baik lo segera turun atau mencari tempat yang lebih aman.

Nah, itulah  Gaes , 7 tips mendaki gunung saat musim hujan dari kita. Semoga bermanfaat ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post