TIPS MANAJEMEN FOTO TRAVELING BIAR LEBIH MUDAH DITEMUKAN

Hadirnya teknologi foto digital saat ini tentu sangat memudahkan para traveler untuk mengabadikan setiap momen traveling-nya. Fitur kamera canggih yang hadir dalam smartphone bisa dibilang memudahkan para traveler agar mendapatkan jepretan indah yang bisa dikenang dan diposting di halaman media sosial.

Yup, hambar rasanya kalau liburan tanpa foto-foto. Ratusan momen berharga dalam jepretan foto biasanya menjadi oleh-oleh wajib para traveler untuk dibawa pulang.

Tapi, bagaimana caranya menemukan beberapa foto terbaik selama liburan di folder yang berserakan? Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap beberapa tips manajemen foto traveling biar lebih mudah ditemukan berikut ini, Superfriends!

Siapkan Penyimpanan Cadangan

Biasakan melakukan hal ini sebelum mengolah foto lo ke proses editing, Bro . Lo bisa mencadangkan foto-foto traveling lo ke penyimpanan hard drive (HD) eksternal atau penyimpanan berbasis cloud yang lagi naik daun akhir-akhir ini.

Hal tersebut tentu saja untuk meminimalisir kejadian yang nggak diinginkan, seperti file terhapus secara nggak sengaja atau kartu memori yang lo gunakan terkena virus dan foto-foto traveling lo hilang semua. Duh, jangan sampai kejadian ya.

Sortir Beberapa Foto Terbaik ke Dalam Satu Folder

Setelah mencadangkan file foto traveling, lo bisa mulai memindahkan foto yang ada di smartphone atau pun di kamera digital ke dalam penyimpanan di komputer pribadi lo. Buat folder dan beri nama spesifik agar mudah dalam proses pencarian.

Lo bisa memilih beberapa foto yang lo favoritkan ke dalam satu folder khusus yang hanya berisi beberapa foto terbaik selama lo traveling. Tujuannya agar lebih mudah ditemukan ketika ingin mengunggahnya di media sosial atau saat ingin mencetaknya untuk keperluan tertentu.

Lo juga bisa gunakan aplikasi bawaan smartphone untuk mengidentifikasi pengelompokan seperti bulan, acara, atau koleksi agar lebih mudah dan praktis.

Sesuaikan Ganti Nama Foto

Nggak berbeda jauh dengan tips sebelumnya, menambahkan informasi detail masing-masing foto sangatlah penting. Setiap jepretan pastinya memiliki arti dan momen yang sangat berharga. Lo bisa menamakan foto-foto traveling dengan nama tempat dan jenis kegiatannya.

Ribet banget ya, gaes? Tenang, lo juga bisa mengunduh adobe bridge atau aplikasi manajemen file lainnya untuk membantu mengelola dan mengatur foto-foto traveling lo agar lebih praktis dan lebih rapi.

Terapkan Strategi Pengarsipan 3-2-1

Setelah melakukan beberapa tips di atas, lo bisa membuat jadwal pencadangan berkala dengan menggunakan metode 3-2-1, Bro . 3 berarti tiga salinan file yang disimpan di tiga tempat berbeda.

2 maksudnya dua salinan data harus berada di dua tempat terpisah, seperti komputer dan hard drive, atau pada dua hard drive eksternal dan internal kalau file terlalu besar untuk komputer.

Sedangkan 1, menunjukkan satu set data harus ada di lokasi yang terpisah kalau terjadi sesuatu yang nggak diinginkan seperti kerusakan komputer, pencurian atau musibah lain yang nggak terduga.

Semoga jangan sampai kejadian ya. Lo bisa menggunakan layanan pencadangan berbasis cloud yang sangat praktis, seperti Dropbox, Google Photo, Foto Prime Amazon, Apple iCloud dan lain sebagainya.

So, itulah empat tips manajemen ratusan atau bahkan ribuan foto traveling biar lebih mudah ditemukan. Simple kan, bro ? Yuk, mulai merapikan koleksi foto traveling mulai dari sekarang!

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post