Cara Membersihkan dan Merawat Carrier Biar Awet !

Cara praktis membersihkan dan merawat carrier biar setia menemani petualangan memang penting banget. Bukan tanpa alasan, setiap carrier pasti membutuhkan perjuangan dan kenangan yang nggak sedikit. Maka dari itu, lo harus simak bahasan lengkapnya berikut ini !

Carrier memang menjadi salah satu perlengkapan mendaki yang butuh perhatian khusus. Pasalnya, kalau tas besar yang menampung seluruh keperluan ini tiba-tiba rusak saat atau baru mendaki, pasti bakal jadi masalah yang rumit banget, kan?

Biar hal-hal kayak gitu nggak kejadian, sebaiknya simak lengkap cara praktis membersihkan dan merawat carrier berikut ini !

Selalu Kosongkan Carrier Setelah Digunakan

image source :www.yanacircle.com
Cara praktis membersihkan dan merawat carrier yang pertama yaitu selalu kosongkan carrier setelah digunakan. Pasti masih banyak yang mengabaikan hal yang satu ini, kan? Mulai sekarang tinggalin kebiasaan buruk ini ya ! 

BACA JUGA : Aksesoris Wajib Pendaki Gunung ,Kalian punya yang mana 

Biasakan selalu mengeluarkan semua barang-barang bawaan mendaki yang ada di dalam carrier setelah sampai di rumah. Periksa dengan detail dan saksama setiap kantong di dalam tas carrier.

Cek lagi, biar nggak ada barang yang terselip di dalam tasnya misalkan saja batu-batu kecil atau sisa-sisa makanan yang nggak disadari ada menyelip di salah satu bagian tas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tas carrier kesayangan lo nggak gampang rusak dan tumbuh jamur.

Sikat Perlahan dan Jangan Gunakan Deterjen

image source : yanacirle.com
Kalau carrier sudah benar-benar kosong dan nggak ada barang yang tertinggal, lo bisa mulai mencucinya. Ingat, gunakan air bersih tanpa deterjen saat mencuci tas carrier, ya!

Pasalnya, deterjen bisa membuat tas carrier kesayangan lo lebih cepat rusak. Sebagai gantinya, lo bisa menggunakan sabun mandi ataupun sampo karena lebih ramah dan lembut buat tas carrier.

BACA JUGA : Minjem Peralawan Mendaki Teman Ada Etikanya Lho 

Setelah itu, lo bisa mengawalinya dengan membersihkan bagian punggung dan badan tas carrier. Cukup gunakan kain yang dibasahi buat membersihkan noda yang nggak terlalu melekat.

Tapi, kalau ada noda yang membandel, lo bisa gunakan sikat gigi bekas yang sudah dibasahi dengan sedikit air buat membersihkannya. Sikatlah dengan perlahan agar tas carrier lo nggak cepat rusak.

Pasalnya, menyikat terlalu keras sangat berisiko menyebabkan serat-serat pada tas carrier menjadi longgar. Jika hal tersebut dilakukan berulang, tas carrier andalan lo bisa cepat rusak.


Jemur di Tempat Teduh

Setelah dicuci, jangan menjemur tas carrier lo di tempat yang terkena langsung cahaya matahari. Saat lo menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, hal yang dikhawatirkan adalah warna tas carrier yang akan memudar atau berubah warna. 

Jadi, cara mengeringkan tas yang baik yaitu cukup diangin-anginkan saja di tempat yang sejuk. Setelah kering, hindarilah untuk menyimpan tas carrier kesayangan lo di tempat yang lembab. Hal ini tentu sangat beresiko membuat tas berjamur.

Simpan Rapi Carrier di Dalam Plastik

Satu lagi, cara praktis membersihkan dan merawat carrier yang terakhir yaitu simpan lagi carrier dengan rapi di dalam plastik. Dengan begini, lo bisa memastikan carrier tetap kering dan nggak berdebu saat “hibernasi”.

Biasanya, saat pertama kali membeli tas carrier, lo bakal mendapatkan pembungkus plastik. Nah, bungkusan plastik ini jangan dibuang karena bisa lo gunakan buat membungkus lagi carrier yang sudah lo cuci bersih.

Itulah beberapa cara praktis membersihkan dan merawat carrier. Menurut lo ada yang kurang dari daftar di atas nggak? Kalau ada, silahkan tambahkan di kolom komentar, ya !

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post