Tips Travelling Kuat Sambil Jalani Puasa Bro !

Puasa jangan dijadikan alasan buat memotong atau membatasi kegiatan, termasuk agenda traveling kalian brok . Nah, di bulan Ramadan ini, tentunya masih bisa buat jalan-jalan.

Berpetualangan sambil menjalani puasa bisa-bisa aja kok, selama lo nggak melakukan sesuatu yang menguras tenaga. Justru, traveling sambil puasa bisa lebih cepat menghabiskan waktu.

Menunggu waktu bedug tiba jadi nggak terasa. Tapi lo mesti tahu dulu gimana supaya puasa nggak bolong meski sambil traveling.

Sahur... Sahur.. Sahur...

Kalau mau mulai traveling di bulan Ramadan, kunci adalah jangan sampai telat bangun sahur. Karena kalau sampai bablas bangun badan bisa lemah dan nggak punya tenaga buar berpetualang. Pokoknya isi dulu asupan yang bergizi ketika memang berencana traveling.

Atur Destinasi

Karena lo akan berpuasa sampai petang, maka destinasi wisata yang lo tuju juga harus dipilah. Penuh perhitungan yang matang. Nggak mungkin lo melakukan hiking di saat puasa. Bisa saja, kalau kuat. Tapi nggak dianjurkan. Bisa-bisa puasa batal di tengah jalan.

Nah buat mengantisipasinya lo pilih tujuan wisata yang ringan-ringan aja. Kalau bisa juga yang dekat dan teduh. Traveling singkat ke museum atau taman, atau tempat yg lain menarik . Sembari nunggu buka puasa nikmatin suasana hijau. Malamnya baru lanjut ke lokasi perbukitan. Lihat lanskap kota dengan cahaya lampu yang cantik.

Kuncinya sih jangan terlalu banyak memilih destinasi biar nggak cepat capek. Pilih aja beberapa tempat dan sesuaikan waktu kunjungan. Jadi bisa hemat tenaga dan ada wakut istirahat.

Jangan Terlalu Ekstrem

Traveling di bulan puasa juga harus menyesuaikan kekuatan tubuh. Lo nggak bisa memaksakan menuju destinasi atau kegiatan yang terlalu ekstrem, misalnya hiking atau trekking. Lo bisa mengalami dehidrasi hebat kalau dipaksakan.

Penting juga mengandalkan transportasi yang nyaman. Kurangi kegiatan jalan kaki lebih dari 30 menit menuju lokasi wisata. Ingat, perlu hemat tenaga.

Kalau bisa lo berkunjung ke destinasi yang ramah muslim. Karena lokasi ini bakal gampang cari tempat ibadah. Traveling boleh, ibadah jangan dilupakan biar puasa makin berkah dan pahala tetap utuh.

Menu Buka Puasa yang Tepat

Waktu buka tiba, buka puasa jangan semua makanan asal masuk. Lapar iya, haus juga iya. Tapi yang nikmat adalah makan dan minum secukupnya. Jangan kalap karena buka puasa bukan berarti lo bisa bebas makan apa saja.

Pilihlah makanan yang sehat dan hindari menu berminyak dan pedas. Biar pencernaan lancar besok harinya, coba perbanyak menu buah setelah menu utama disantap. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post