Macam-macam Kelas di Kereta Api, Traveler Wajib Tahu!

Dari dulu kereta api selalu jadi moda transportasi favorit buat perjalanan traveling jarak jauh. Alasan pertamanya sudah jelas banget, karena murah dan relatif cepat. Anti macet-macet club, bro!

Nggak cuma itu aja sih, kalau naik kereta juga lo nambah pengalaman. Interaksi dengan penumpang lain sampai kejutan pemandangan yang disajikan sepanjang perjalanan. 

Makanya nggak heran kalau kereta masih jadi pilihan terdepan buat teman-teman yang hobi traveling. Nah seiring zaman, kualitas kereta api sudah pasti ditingkatkan.

Bahkan sekarang sudah ada nih kelas-kelasnya, dari ekonomi sampai eksekutif yang luxury banget. Nggak kalah sama fasilitas pesawat terbang.  Sebelum memulai petualangan, yuk kenali dulu nih sub kelas kereta api. Kira-kira mana coba, yang bikin lo nyaman di jalan?

Kelas Kereta Api Ekonomi

Kayaknya ini adalah kelas kereta yang paling favorit buat traveling. Gerbong ekonomi ini punya 106 kursi. Kelas ini favorit karena harga tiketnya paling murah di antara kelas lainnya. 

Fasilitas yang didapat sudah jelas ya, bangku penumpang dan juga soket buat perangkat elektronik. Tapi lo harus tau, dayanya terbatas. Jadi nggak bisa dipakai seharian penuh atau selama perjalanan terus menerus. Harus dihemat-hemat.

Yang sering naik kereta ekonomi pasti paham banget nih soal pegal-pegal. Perjalanan belasan jam di kereta bisa bikin punggung pegal-pegal. Tapi buat mengatasinya lo bisa sewa bantal.

Kelas Kereta Api Ekonomi Premium

Kelas premium ini sebenarnya nggak jauh beda dengan yang ekonomi biasa. Cuma kapasitas tempat duduknya memang lebih sedikit yaki 80 penumpang aja. 

Yang bikin perbedaannya kerasa juga dari segi keleluasaannya. Lo bisa merebahkan kaki pokoknya. Termasuk bangkunya juga bisa diatur. Terus ada soket listrik dan AC. Ini lumayan lebih nyaman dibanding yang ekonomi.

Kelas Kereta Api Bisnis

Naik levelnya ada kelas bisnis nih superfriends. Bangkunya individu yang dilengkapi batas bangku buat meletakkan tangan. Makin kelasnya naik, makin sedikit jumlah bangkunya. Di kelas bisnis ini jumlah bangkunya cuma 64 saja. Buat meregangkan kaki pastinya nikmat. 

Kelas Kereta Api Eksekutif

Kelas eksekutif di atas bisnis ya, superfriends. Areanya lebih luas dibanding bisnis dan cuma ada 50 bangku saja. Yang bikin beda itu, bagian kursinya nggak cuma bisa diputar, tapi bisa direntangkan sampai 50 derajat.

Ini bakalan jadi kereta yang bikin perjalanan traveling lo lebih nyaman. Kenapa? Lo bisa dapat bantal, selimut, outlet listrik, TV per kereta, dan AC. Kereta ini waktu tempuhnya lebih pendek dibanding ekonomi. Karena cuma berhenti di stasiun tertentu aa. Dari harga pasti lebih mahal pastinya. 

Kelas Kereta Api Sleeper 

Mau yang lebih mewah lagi? Ada! Ini dia, kelas kereta api sleeper. Dari nama kelasnya aja mungkin sudah bisa kebayang fasilitasnya apa saja. Kelas ini dibagi jadi dua lagi Luxury 1 dan Luxury 2. Apa bedanya?

Luxury 1 itu kapasitasnya cuma 18 penumpang yang mana dilengkapi bangku bisa direbahkan sampai 170 derajat dengan tombol yang otomatis. Ada juga video berdasarkan permintaan yang bikin penumpang bisa nonton video via YouTube. Ada port USB-nya juga bro. Terus yang Luxury 2 itu penumpangnya 26 orang. dengan fasilitas bangku yang bisa rebah 145 derajat. 

Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-5372652/mengenal-subkelas-kereta-api-dari-ekonomi-sampai-eksekutif?single

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post