• 21.3.20

    Nggak Bisa Traveling Karena Corona? Saatnya Lo Jaga Kesehatan Lebih Optimal Ya, Bro

    Penyebaran virus Corona yang sangat cepat membuat sebagian masyarakat takut untuk bepergian. Bahkan beberapa orang membatalkan rencana traveling mereka akibat wabah virus bernama Covid-19. Khawatir boleh aja sih, tapi selagi nggak bisa traveling mungkin juga saatnya lo menjaga kesehatan lo lebih optimal, biar nanti pas masalah ini sudah selesai, badan lo juga makin fit untuk traveling, lagian ini juga upaya pencegahan penyebaran virusnya juga kan bro
    Seperti yang lo mungkin udah pada tahu kalau Pemerintah Indonesia udah ngasih imbauan supaya lo menunda untuk bepergian dan menghindari keramaian. Bahkan, yang kerja di kantor juga dianjurin kerja di rumah alias work from home (WFH) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus penyakit Covid-19 atau Corona. Intinya, lo tetap harus jaga kesehatan lo ya bro! Ini beberapa caranya.
    Konsumsi Makanan Bergizi
    Konsumsi makanan yang bergizi menjadi fondasi utama agar tubuh tetap sehat dalam segala kondisi. Makan jangan asal enak dan kenyang ya, bro. Tapi juga perhatikan kandungan gizi dari makanan yang lo konsumsi. Nggak perlu mahal, yang paling penting di setiap makanan ada kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, serat dan mineral. Gizi seperti itu umumnya dapat kita temui pada makanan seperti nasi, ikan atau ayam, daging, sayur, serat, lemak dan kacang-kacangan.

    Konsumsi tumbuhan herbal mengandung curcumin pun sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh kita. Misalnya jahe, kunyit, dan temulawak bisa dikonsumsi untuk mencegah virus-virus menginfeksi masuk ke dalam tubuh kita. Terutama untuk menghambat virus Corona yang menyerang di saluran pernapasan. Formulasi untuk mencegah virus Corona dengan menggunakan bahan curcumin tidak jauh berbeda dengan penggunaan bahan-bahan seperti jahe, kunyit, dan temulawak sehari-hari. Bisa lewat makanan dan minuman. Bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan, namun efeknya bisa meningkatkan antibodi, termasuk menguatkan sel tubuh.
    Menjaga Kebersihan Tangan
    Tangan merupakan media yang paling rawan pembawa kuman dan bakteri masuk ke tubuh kita. Karena tangan kita umumnya memegang benda apa saja yang mungkin didalamnya terdapat kuman atau bakteri yang bisa saja menginfeksi dan menjadi bibit penyakit di tubuh kita. Dilansir dari detik.com, Dr. Dejandra menjelaskan bahwa cuci tangan sebaiknya menggunakan air bersih, air mengalir, dan sabun. Hand sanitizer boleh untuk cara yang lebih praktis tapi yang terbaiknya tetap dengan cuci tangan dengan air mengalir dan juga menggunakan sabun.
    Jangan Malas Olahraga
    Kebiasaan masyarakat perkotaan yang sibuk dengan pekerjaannya dan malas untuk berolahraga menjadi kesempatan untuk bakteri dan kuman menginfeksi tubuh kita. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga sangat penting dilakukan secara konsisten. Dilansir dari detik.com, Dr. Dejandra menyarankan agar tubuh kita bergerak setidaknya 30 menit di setiap harinya. Tidak perlu olahraga yang berat dan menguras tenaga, olahraga aktivitas ringan juga tetap bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti jalan santai di sekitar lingkungan rumah, bermain sepeda, atau melakukan peregangan tubuh di teras rumah.
    Istirahat yang Cukup
     
    Agar tubuh tetap sehat, biasakan tidur cukup setidaknya 6 jam per hari. Masih dari sumber yang sama, Dr. Dejandra mengatakan tidur yang cukup selama 6 jam bagi orang dewasa menjadi salah satu kunci tubuh tetap bugar. Pola hidup masyarakat perkotaan seringkali membuat pola tidur menjadi tidak karuan. Pada akhirnya kesehatan tubuh pun terancam di tengah bayang-bayang virus pandemi yang menyebar luas di seluruh dunia.

    Itu tadi ya bro beberapa tips sehat di tengah wabah Corona. Cobalah untuk menerapkan tips-tips di atas agar aktivitas lancar dan tubuh lo tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, bro. Tetap jaga pola hidup sehat dan jangan berhenti berpetualang!

    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Woow , Seperti Ini Bro Bedanya Pakaian Adat Suku Baduy Dalam dan Luar

    Ternyata Seperti Ini Bro Bedanya Pakaian Adat Suku Baduy Dalam dan Luar Salah satu suku pedalaman asal Indonesia yang populer dengan buday...