• 21.3.20

    Jika Harus Olahraga Lari Saat Hujan, Lo Mesti Perhatikan Hal ini Ya, Bro!

    Salah satu kondisi yang kadang bikin lo malas lari itu karena hujan. Betul nggak bro? Tapi jangan takut bro, olahraga lari saat hujan itu sebenarnya nggak apa-apa, tapi ada beberapa yang harus lo perhatikan.
    Credit foto by : @Newjelajahpemalang
    Lo tahu kan kalau melakukan olahraga lari itu manfaatnya buat kesehatan sebenarnya banyak banget. Mulai dari mencegah berbagai penyakit, sampai untuk menurunkan berat badan bisa lo dapat dari olahraga lari. Asalkan dilakukan dengan benar dan konsisten, berlari walaupun di tengah hujan tetap memiliki manfaat.
    Nah, kalau lagi hujan lo mesti perhatikan beberapa hal ini sebelum lo akhirnya memutuskan untuk lari. Disimak ya bro!

    1. Curah Hujan Harus Diperhatikan 
    Bila lo memang niat untuk melakukan olahraga lari di tengah hujan, hal yang harus lo perhatikan adalah tingkat curah hujan bro. Pastikan tingkat curah hujan masih dalam batas normal, apalagi kalau hanya gerimis, lo sangat dibolehkan untuk berolahraga lari. Namun, bila curah hujannya seperti badai, sebaiknya lo menunggu hujan mulai mereda. Nggak bagus juga sih bro lari di tengah badai. 
    2. Pakai Perlengkapan Lari yang Anti Hujan

    Menggunakan perlengkapan olahraga yang anti air bisa jadi pilihan tepat agar tubuh lo tetap kering dan pergerakan lo tetap terjaga dengan baik bro. Jaket parasut yang tahan air dan tahan angin akan membuat tubuh lo tetap hangat saat berolahraga dengan kondisi hujan dan dingin.

    Jangan lupa bro, gunakan juga sepatu yang tahan air dan kaus kaki dengan serat (jahitan) yang rapat. Ini sangat penting karena kaki yang basah cenderung lebih mudah lecet dan cedera.

    3. Pakai Baju yang Berwarna
    Saat hujan kondisi cuaca mungkin akan menjadi sedikit lebih gelap nih bro. Makanya itu menggunakan baju atau pakaian lari yang berwarna cerah akan membuat orang sekitar menyadari bahwa lo tengah melakukan aktivitas olahraga. Ini akan menghindari lo dari kecelakaan saat kendaraan melintas, bila lo berlari di pinggir jalan. Jika perlu, gunakan headlamp untuk memiliki pandangan yang jelas ya bro.
    4. Cari Trek Lari yang Aman
    Kondisi cuaca yang hujan akan membuat jarak pandang lo juga terbatas. Ada baiknya lo  melakukan aktivitas olahraga lari di sekitar perumahan, atau jogging trek yang sudah tersedia di sekitar taman. Hindari jalan raya bro, karena akan lebih berisiko.
    5. Habis Lari Mandi Air Hangat
    Agar keadaan tetap prima usai berolahraga, mandilah dengan menggunakan air hangat. Melalui air hangat, sirkulasi dan aliran darah lo akan menjadi lancar. Sendi, tendon, jaringan, dan otot tubuh lo akan lebih rileks usai dibilas dengan air hangat. Lo nggak perlu lagi ragu kalau mau lari pas hujan turun ya bro. Tapi pastikan dulu, kalau curah hujan masih wajar ya sikat aja, sehat bro!

    No comments:

    Post a comment

    Featured post

    5 Tips Tidur Nyenyak Saat Camping Bro

    Menghabiskan malam dengan menginap di sebuah tenda sambil menikmati udara sejuk menjadi bagian dari kegiatan camping. Namun, untuk bisa tidu...