Hutan Pinus Kragilan Wana Wisata yang Hits di Magelang

Peserta Live In Semang bareng Disporapar Jateng
Dinas Pemuda olahraga dan Pariwisata Jateng bersama Penggiat Medsos, Blogger, Youtuber, Insan Media, dan Pelaku biro wisata menyambangi wisata andalan di Magelang "TOP SELFIE KRAGILAN"
Top Selfie Pinusan Kragilan adalah salah satu objek wisata di Magelang yang populer dan berada di lereng Gunung Merbabu. Keunikan tempat wisata ini adalah adanya ragam spot foto kekinian diantara hijaunya pemandangan alam yang alami.

                         
Sekarang ini, berfoto memang menjadi kegiatan yang hampir pasti dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke obyek wisata. Terlebih kalau latar belakang atau pemandangannya unik, tangan seakan gatal untuk mengabadikannya dengan kamera. Salah satu destinasi yang menawarkan spot swafoto nan instagrammable adalah Top Selfie Pinus Kragilan. Lokasi obyek wisata ini tepatnya berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Dari Magelang, jarak tempuhnya sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Rute termudah adalah melalui Jalan Magelang-Salatiga sejauh sekitar 23 kilometer, kemudian berbelok selatan kurang-lebih 3,5 kilometer sampai tujuan.
                                                              

Jika ditempuh dari Yogyakarta, maka jarak tempuhnya kurang-lebih 50 kilometer dengan waktu tempuh dalam kisaran 1 jam 45 menit. Rute dari Yogyakarta adalah melewati Gardu Pandang Ketep kemudian lurus ke utara di Jalan Ketep-Kopeng. Spot swafoto di Hutan Pinus Kawasan yang kerap disebut Pinusan Kragilan ini merupakan sebuah hutan pinus di lereng barat Gunung Merbabu. Panorama di sini begitu spesial dengan adanya jalan di tengah hutan. Menjelang masuk kawasan hutan pinus sebelah barat, jalan itu seolah tampak bagai pintu gerbang raksasa yang dijaga oleh pasukan pohon pinus di kanan-kirinya. 
                        

                        
Inilah spot yang kerap dijadikan pengunjung sebagai tempat berfoto.
Kini destinasi yang masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu ini juga semakin lengkap dengan berbagai spot swafoto atau berfoto tambahan. Salah satunya ada di dua pohon pinus ujung jalan. Pengunjung bisa naik tangga ke pohon untuk menuju spot swafoto itu. Nantinya hasil foto dengan latar belakang barisan pepohonan pinus yang berbaris rapi akan terlihat mengesankan. Pengelola juga sudah menyediakan fotografer andal dengan harga terjangkau bagi pengunjung yang ingin berfoto.
Mereka akan mengarahkan pengunjung untuk berpose sehingga hasil jepretannya pun berkualitas. Lokasi berfoto juga tersedia di tengah jalan setapak kawasan hutan pinus. Di sana, banyak terdapat hammock atau tempat tidur gantung yang disusun bertingkat-tingkat. Hasil foto di atas hammock nantinya juga tak kalah keren.
                       
Kunjungan ke sini bisa dilakukan sejak pagi hingga sore. Tak perlu khawatir dengan teriknya matahari karena pepohonan cukup rindang sehingga mampu menghalangi paparan sinar matahari langsung. Selain itu, udara juga sejuk karena letaknya berada lereng gunung. Harga tiket masuk untuk masuk Top Selfie Pinusan Kragilan adalah Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 12.500 saat hari libur. Selain itu, berbagai fasilitas seperti warung makan hingga toilet sudah cukup lengkap tersedia.
foto by : Muslimin & Herman F

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post