• 23.6.19

    Mengenal Enrico Piaggio Penemu Vespa

    Enrico Piaggio (Photo: picture alliance/Ropi)

    Piaggio Vespa dapat dikatakan sebagai salah satu kendaraan roda dua yang paling ikonik sepanjang masa. Ide pembuatan kendaraan yang sudah ada sejak pasca Perang Dunia II ini ternyata muncul secara nggak sengaja, lho. Siapa sih, penemunya?

    Ia adalah Enrico Piaggio. Kelahiran Pegli, 22 Februari 1905 ini adalah anak dari Ricardo Piaggio, pendiri perusahaan Piaggio. Ia adalah lulusan Jurusan Ekonomi di University of Genoa. Ia juga berhasil mendapatkan gelar penghargaan Teknik Mesin dari University of Pisa di tahun 1951.
    gambar : bikesrepublic.com
    Enrico Piaggio memulai untuk meneruskan bisnis sang ayah saat Ricardo Piaggio harus tutup usia di tahun 1938. Sebelum menjadi perusahaan skuter, Piaggio adalah perusahaan yang memproduksi pesawat tempur. Namun usaha ini akhirnya mengalami kerugian besar-besaran pasca Perang Dunia II. Saat itulah Enrico meminta kepala perancang pesawat, Corradino D’Ascanio, untuk mengaplikasikan idenya membuat kendaraan darat yang ekonomis. Nggak lama prototipe kendaraan ini pun jadi. Menurutnya, bentuk kendaraan ini jelek dan nggak nyaman. Awalnya, ia menyebut kendaraan roda dua ini ‘Donald Duck’. Meskipun begitu, skuter ini dinilai sangat inofatif pada tahun tersebut. Pada tahun 1946, skuter ini pun siap dijual dan dinamai Vespa yang berarti lebah.

    Semenjak saat itu usaha Enrico Piaggio terus berkembang. Mulai dari penjualan sebanyak 2.500 skuter di tahun 1946, 20.000 di tahun 1948 hingga 170.000 di tahun 1953. Nggak hanya diproduksi di Italia, Piaggio Vespa juga diproduksi di berbagai negara seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Brazil dan India. Nggak heran penjualan skuter ini terus meningkat. Bahkan Piaggio masih memproduksi skuter hingga saat ini.

    Suami dari Paola Antonelli ini meninggalkan usaha yang sangat sukses hingga saat ini. Bahkan, model-model skuter tahun lama masih ada yang diproduksi ulang, yaitu seri PX. Enrico Piaggio telah menutup usia di tanggal 16 Oktober 1965 setelah sebelumnya jatuh sakit di tempat kerjanya. Beliau menutup usia di umur 60 tahun. 


    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Pentingnya Uang Kas di Komunitas

    Keluarga Kecil SIP Pemalang  Bicara uang memang sensitif, karena uang ga mengenal saudara bahkan keluarga. Apalagi bicara uang di seb...