• 13.7.19

    PERHATIKAN 5 HAL INI BILA INGIN TRAVELING KE DIENG DENGAN MOTOR


    Bila hendak menyambangi Dieng dengan motor, lo perlu mengamati beberapa hal agar perjalanan berlangsung aman dan lancar. Apa sajakah hal yang perlu dicermati wisatawan jika ingin berkendara ke Dieng dengan motor? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!
    Banyak wisatawan terpesona dengan keindahan Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Ada sejumlah kendaraan yang bisa lo pilih untuk pergi menuju Dieng, salah satunya adalah motor. Bila hendak menyambangi Dieng dengan motor, lo perlu mengamati beberapa hal agar perjalanan berlangsung aman dan lancar.
    Apa saja hal yang perlu diamati wisatawan bila hendak traveling ke Dieng dengan motor? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

    1. Mengecek Perbekalan kalian 
    Mengingat perjalanan memakan waktu lama, lo perlu menyiapkan perbekalan yang mampu menunjang kenyamanan berkendara. Salah satu contohnya adalah makanan dan minuman ringan. Bekal makanan yang cukup tentu bisa menggantikan stamina dan tenaga lo yang terkuras habis selama perjalanan. Setuju ‘kan bro?

    Rasa haus dan lapar tentu bisa menganggu konsentrasi pengendara di tengah perjalanan. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa saja berakibat fatal seperti kecelakaan. Oleh sebab itu, lo dianjurkan membawa bekal cukup agar bisa meminimalisir risiko buruk di jalan.

    Road-tripping ke Dieng dengan motor menghabiskan waktu relatif lama. Jika berangkat dari Solo, pengendara motor biasanya menempuh waktu perjalanan ke Dieng sekitar 5 jam. Sementara itu, perjalanan menuju Dieng bisa menyita waktu sekitar 3,5 jam jika perjalanan bermula dari Jogja.

    2.  Memulai Perjalanan di Waktu Pagi Hari
    Agar perjalanan berlangsung nyaman dan aman, pengendara dianjurkan memilih waktu keberangkatan pada pagi hari. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi perjalanan yang menyita waktu lama. Dengan begitu, lo bisa meminimalisir kemungkinan sampai ke Dieng pada waktu malam hari.

    Mengacu pada informasi dalam situs KompasTravel, jalur dari Wonosobo menuju kawasan Dieng tidak memiliki pencahayaan yang cukup. Hal tersebut tentu akan membuat perjalanan di malam hari jadi berisiko. Oleh sebab itu, berangkatlah sepagi mungkin agar lo bisa menjauhi perjalanan menuju Dieng di malam,

    Selain itu, ada hal lain yang perlu lo pertimbangkan bila hendak memulai perjalanan di malam hari, yakni suhu udara. Pengendara harus siap menahan udara yang sangat dingin saat menyusuri jalan dengan motor. Dengan demikian, waktu terbaik untuk memulai keberangkatan adalah pagi hari.

    3. Google Maps 
    Di era modern ini, lo dapat menggunakan aplikasi digital untuk memudahkan berbagai aktivitas, termasuk ketika traveling. Pengendara motor yang tidak tahu arah menuju Dieng tentu bisa mengecek petunjuk jalan lewat aplikasi Google Map. Aplikasi satu ini tentu bisa mengurangi risiko pengendara tersesat.

    Apabila memulai perjalanan dari arah Solo, pengendara bisa melintasi jalur alternatif Magelang-Getasan. Kemudian, lo dapat melanjutkan perjalanan dengan melewati jalur ke Secang hingga akhirnya tiba di Temanggung. Dari situ, pengendara bakal menujukan jalan ke Wonosobo hingga sampai ke Dieng.

    Pengendara yang berangkat dari arah Yogyakarta bisa melintasi jalur ke arah Magelang-Purworejo. Saat menentukan jalur yang hendak dilewati via Google Map, lo sebaiknya juga mengecek lama waktu perjalanan. Dengan demikian, perjalanan akan menjadi lebih terencana serta penuh dengan persiapan. Oke bro?

    4. Memeriksa Kondisi Kendaraan sebelum Berangkat
    Selain waktu perjalanan, tantangan lain yang harus dihadapi pengendara motor menuju kawasan Dieng adalah kondisi jalur yang naik turun. Lo bakal menjumpai lintasan dengan kondisi tersebut ketika melewati wilayah jalur Magelang dan Wonosobo. Untuk itu, pengendara perlu mengecek kondisi motor agar perjalanan menuju ke Dieng tidak terhambat.

    Sebelum hari keberangkatan tiba, pengendara wajib memastikan motor berada dalam keadaan baik. Lo bisa membawanya ke bengkel agar segala kendara dapat ditangani secara baik. Dengan demikian, lo dapat melakukan perjalanan ke Dieng dengan lancar tanpa perasaan khawatir. Setuju ‘kan?

    Mengecek kondisi motor sebelum berangkat juga akan menjauhkan lo dari berbagai kemungkinan buruk. Lo tentu tidak dapat menikmati momen liburan secara puas bila perjalanan lo terhambat kendala motor. Hal ini tentu akan memengaruhi suasana hati lo selama liburan. Jadi, sempatkan waktu untuk mengecek motor ya bro!

     5. Menggunakan Pakaian Hangat
    Barang lain yang perlu disiapkan pengendara sebelum berangkat menuju Dieng adalah baju hangat. Hal ini dimaksudkan agar lo bisa mengantisipasi daerah Wonosobo yang memiliki hawa sangat dingin. Pakai juga perlengkapan yang dapat menghangatkan kondisi tubuh seperti kaos tangan, baju hangat, kaos kaki, jaket, dan lain-lain.

    Lo juga disarankan memasukkan pakaian hangat cadangan dalam barang bawaan. Kegunaan barang ini bakal terasa ketika lo merasakan hawa dingin kawasan Dieng yang menusuk tulang. Kondisi ini tentu dipengaruhi suhu Dieng yang mampu berada di bawah nol derajat Celcius.

    Selalu sempatkan waktu untuk menyiapkan perlengkapan penghangat karena barang-barang ini bakal menunjang kenyamanan lo, baik di perjalanan maupun di tempat tujuan. Lo pun bisa menikmati panorama indah di Dieng secara puas tanpa merasa kedinginan. Setuju ‘kan bro?

    Demikian 5 hal yang perlu dicermati wisatawan bila hendak pergi ke Dieng dengan motor. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang ingin menjajal pengalaman berbeda saat berllbur ke Dieng. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati ya ! (Kik) 

    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    PERHATIKAN 5 HAL INI BILA INGIN TRAVELING KE DIENG DENGAN MOTOR

    Bila hendak menyambangi Dieng dengan motor, lo perlu mengamati beberapa hal agar perjalanan berlangsung aman dan lancar. Apa sajakah hal...