• 16.12.17

    Pentingkah kita Gabung di suatu Komunitas?


    Setiap individu, yang punya hobby atau kesukaan yang sama, cenderung membentuk komunitas, agar segala kegiatan yang punya persamaan minat bisa melakukan kegiatan tersebut bersama-sama.

    Tetapi tak semua orang suka berkomunitas, alasannya beragam, dari mulai tidak percaya diri, kurang suka rame-rame dan tak begitu menganggap penting berkomunitas, karena fokus pada karya saja sudah lebih dari cukup, keputusan ini sangat perlu dihargai, karena setiap individu mempunyai hak untuk bergabung atau tidak.

    Dan bergabung atau tidaknya dalam suatu perkumpulan atau komunitas, tak akan memengaruhi kualitas karya seseorang, yang bergabung atau tidak, bisa sama-sama menelurkan karya nyata nya.

    Sudut pandang tentang berkomunitas, dalam pandangan diri saya pribadi, adalah penting, karena banyak hal yang kurang kita ketahui atau hal yang sama sekali tidak kita ketahui, bisa dibahas dan kita temukan keberadaannya dalam komunitas yang kita ikuti, sesuai minat tentunya.

    Bagi yang suka berorganisasi, tentunya sangat berminat untuk gabung pada suatu komunitas yang diminatinya, misalnya ketika kita hobby akan dunia motor ,touring , membaca dan menulis, bisa ikut komunitasnya, penyuka fiksi, atau pecinta kuliner, traveling bahkan pecinta kopi  sekalipun, semua itu ada komunitas dan millist nya

    Kadang dari hasil bergabung dengan komunitas, kita bisa mendapatkan banyak hal baru, dari mulai teman, ilmu bermanfaat, dan inspirasi. Namun tak sedikit yang kurang bisa menyesuaikan diri dengan orang banyak, sehingga merasa dikucilkan, padahal dalam berkomunitas ini kita tak perlu malu, yang kita butuhkan hanyalah komunikasi dan sikap yang pandai menempatkan diri, sudah pasti akan mudah diterima dalam suatu komunitas.



    Dengan berkomunitas, kita bisa sama-sama menyalurkan bakat, ide dan aspirasi, yang jika dilakukan hanya sendiri pasti tidak asyik, seperti, pada suatu komunitas klub sastra, ada gelaran baca puisi bersama dalam kopdar, dan dilakukan dalam alam terbuka, ini sangat asyik tentunya, terus ada klub pecinta teh, yang suka eksperimen dengan berbagai teh dari luar negeri juga jenis teh langka, dan ada acara minum teh bersama yang diselingi kegiatan menulis fiksi, dan tour ke kebun teh serta mengetahui cara pengolahan teh dengan berkunjung ke pabrik teh yang tak jauh dari kebunnya tentu mengasyikkan juga.

    Apa sih keuntungan dari bergabung dengan sebuah komunitas?

    1. Dapat teman yang banyak dari beragam profesi, beragam latar belakang dan beragam minat.

    2. Bisa saling berbagi ilmu bermanfaat, tukar pikiran dan saling melengkapi.

    3. Tercipta banyak inspirasi dalam berkarya.

    4. Bersama-sama menyalurkan bakat, yang jika dilakukan sendiri tidak mungkin, bisa dilakukan bersama dengan satu bendera komunitas yang diperkenalkan pada khalayak ramai.

    5. Networking yang luas baik dalam urusan komunitas maupun kehidupan pribadi.

    6. Eksistensi

    7. Sebagai wadah untuk sarana kampanye hal positif juga aksi nyata dalam kegiatan kemanusiaan secara bersama, misalnya, acara charity, menanam pohon bersama dan gerakan berbagi ilmu gratis buat yang membutuhkan.

    Berkomunitas juga bisa menjadi satu kekuatan untuk menyampaikan sesuatu yang digalang bersama, dengan demikian tujuan dari apa yang dimaksudkan akan lebih mudah tercapai bahkan terealisasi. Intinya dengan berkomunitas kita bisa saling melengkapi kekurangan dan saling memperbaiki yang salah, terlepas dari kekurangannya, menurut saya pribadi ikut bergabung dengan suatu komunitas itu adalah sangat bermanfaat, asal kita mau adaptasi dan menyikapi secara bijak dan dewasa ( Kik ) 

    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Was was Data Facebook Kamu Digondol? Segera Hapus 12 Informasi Ini Bro !

    Dengan jumlah pengguna lebih dari dua miliar, Facebook merupakan salah satu media sosial (medsos) dengan pengaruh paling kuat di dunia...

    Beauty

    Blog Archive