Hindari Dek / Lantai Vespa Berkarat

Biar cat nggak gampang baret akibat sering diinjak, dek tengah Vespa biasanya dilapisi karet atau plastik. Selain tidak bikin kusam cat, tampilan tentu jadi lebih ciamik. Meski aman dari baret, skuteris nggak nyangka kalau di balik kepet yang tidak diperkuat lem itu jadi sarang air. Alhasil, gampang muncul karat (gbr. 1).

“Setuju. Apalagi pemasangan karet itu cuma dipaku ripet di pinggir. Sehingga kalau tidak dilem memungkinkan air meresap dan bikin karat,” jelas Warsito, mekanik Sito Racing yang piawai mendandani skuter Italia itu. Sito juga bilang kalau pemasangannya bukan tidak jelek selama pemilik mau lebih teliti di soal perawatan.


(gmbr 1- 2 )

Misal jangan lupa cuci dengan air bersih setelah kena guyur hujan atau kelar dicuci. Setelah itu dilap sampai kering. “Kalau nggak mau repot, bisa juga celah yang memungkinkan masuknya air meresap tadi dilindungi pakai lem kaca. Sehingga air jadi tidak gampang tergenang atau meresap,” wanti bapak tiga anak yang buka bengkel di Jl. Utan Panjang III, No. 8, Jakarta Pusat.

Kalau tidak mau pakai sealer dan tetap gaul, pasang list gabungan dari besi dan karet. “Contohnya seperti di dek samping kanan-kiri (gbr. 2),” tunjuk Sito yang lama menghilang dari peredaran itu. Penggantian ini dipastikan bikin cat tetap aman, juga dapat mencegah karat menumpuk. Pula gampang dibersihkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post