• 12.5.09

    Menemukan sumber kerusakan pada vespa

    Mesin Tidak Dapat atau Sukar Di Starter Langkah pertama adalah memeriksa sistem penyaluran bahan bakar dan sistem pengapian
    Sebab-sebab utama kerusakan :

    1.Mesin Banjir
    2.Spuyer pada karbu tersumbat atau kotor
    3.Saluran pada karbu tersumbat atau kotor
    4.Kran bensin tersumbat atau kotor
    5. Sistem pengapian terganggu

    Cara Penanggulangan :
    1. Tutuplah kran bensin,
    2. buka gas lebar2 da injak kick starter berulang-ulang sampai mesin hidup (dalam hal ini busi dalam keadaan terpasang)
    3. Jika diduga spuyer kotor maka bersihkan dengan bensin atau minyak tanah
    4. Jika saluran karburator kotor maka bongkar karburator dan bersihkan
    5. Gejala yang terlihat bila kran bensin kotor adalah sedikit atau tidak ada bensin yang keluar ke karburator, untuk membersihkannya kran bensin harus dilepas dari tangki
    Gejala yang terlihat bila pengapian terganggu adalah busi tidak nyala atau nyalanya tidak normal ini ada beberapa kemungkinan :
    - Busi tidak sesuai atau tidak cocok, jika tidak sesusai gantilah dengan yg baru
    - Celah elektroda busi tidak tepat, setelah celah busi sampai dicapai ukuran yg sesuai.
    - Kabel busi atau kepala busi aus, gantilah dengan yg baru
    - Kondensor rusak
    - gantilah dengan yg baru

    - Koil rusak, perbaiki atau ganti dengan yg baru
    - Penyetelan pengapian tidak tepat, setelah celah platina atau atur saat pengapian

    10 comments:

    1. jadi inget vespa butut di rumah ku nih
      kangennnnnn naik kyk lupus

      ReplyDelete
    2. tahun berapa bro vespa di rmh !!

      ReplyDelete
    3. saya pernah naik vespa milik paman..macet di jalan
      nice info thanks sob

      ReplyDelete
    4. Woh..mantap...lumayan neh kalo vespa sodara ku bermasalah..bisa ditunjukin trik ini :D

      ReplyDelete
    5. @anak nelayan & saint
      yups ..coba tips diatas klo ada vespa bermaslah
      bila kaga sembuh berartilanjut ke dokternya (bengkel ) he..he..

      ReplyDelete
    6. mantaaabb mas henk,, spesialis vespa, kalo saya nyerah deh sama vespa, muhmed.. heehhe.. keep share

      ReplyDelete
    7. sip mas Hengky tipsnya...
      kalo vespa sedang rewel, ini dia tipsnya...
      vespa rewel solusinya ya tips reparasi & perawatan dari mas Hengky yg paling oke...salam sukses slalu Mas Hengky...

      ReplyDelete
    8. ten-Q

      bro, gw baru aja ngalamin kerusakan vespa, gak mau nyala tuh vespa, sementara gw titip aje dolow di pom bensin, ntar gw preteli dah, ....

      ReplyDelete
    9. gue punya vesva sering pake jamping tapi knp setelah jampink busix langsung mati...................................

      ReplyDelete
    10. q mw nanyak mas . .
      kalo tiap msinnya vespa q tak mtiin . .
      mesti ada suara kasar (kemratak)
      mmmm. . .
      kyak suara gear yang mw copot . .
      kira2 itu kenapa??

      ReplyDelete

    Featured post

    Jalan Kaki dari Mojokerto Menuju Jakarta meminta Sopir Truk diperhatikan Jokowi

    Aksi Jalan kaki dari Mojokerto menuju Jakarta  Entah apa yang ada di benak Agus Yuda (30). Pemuda asal Sidoarjo, Jawa Timur yang berpro...

    Beauty

    Blog Archive