Pahami Hal Ini Kalau Lo Pengen Naik Gunung Maning Setelah Lama Nggak Mendaki

Naik gunung merupakan aktivitas menantang yang banyak digandrungi orang-orang. Butuh waktu beberapa hari buat ngelakuin pendakian, mulai dari menuju daerah tempat gunung tujuan sampai waktu mendaki yang bisa sampai berhari-hari. Nggak heran kalau beberapa pendaki mungkin cuma bisa hiking pada waktu tertentu aja, misalnya saat liburan atau di tengah cuti kerja.

Naik gunung lagi setelah lama nggak mendaki mungkin punya rasa yang berbeda dibanding rutin ngelakuin aktivitas tersebut. Lo harus ngelakuin persiapan dari nol, salah satunya harus rajin olahraga lagi buat menguatkan tubuh. Nah, kalau lo pengin naik gunung lagi setelah lama nggak mendaki, berikut ini beberapa hal yang harus lo pahami dulu, Brok .

Persiapan Sebelum Pendakian

Setelah lama nggak mendaki, lo mungkin harus ngelakuin persiapan kayak pas awal-awal naik gunung, Bro. Cek semua perlengkapan pendakian lo, apakah masih bisa dipakai atau harus diganti. Selain itu, pastiin tubuh lo dalam keadaan sehat dan bugar biar nggak ‘kaget’ saat naik gunung nanti. Saat mendaki pun, sebaiknya lo nggak terburu-buru agar tubuh lo beradaptasi lagi sama udara dan kondisi di ketinggian.

Pahami Penyakit yang Bisa Muncul di Gunung

Sama kayak awal-awal naik gunung, penting pula buat memahami penyakit yang umumnya muncul saat di gunung atau dataran tinggi. Salah satunya hipotermia. Setelah lama nggak mendaki, tubuh lo mungkin nggak akan sekuat dulu. Jadi, lo harus ngelakuin langkah pencegah biar nggak kena hipotermia atau penyakit lain yang bisa muncul di gunung, seperti pakai baju lengan panjang, bawa persediaan makanan dan air yang cukup, serta bawa obat-obatan pribadi.

Ajak Teman yang Udah Berpengalaman


Setelah lama nggak mendaki, lo mungkin bakal sedikit lupa sama rute di gunung yang pernah lo daki sebelumnya. Nah, ada baiknya lo ngajak temen yang udah berpengalaman atau masih sering mendaki gunung tersebut, Gaes !. Naik gunung pun jadi lebih seru karena lo bisa ngobrol bareng temen-temen sepanjang perjalanan menuju puncak.

Sewa Jasa Pemandu

Kalau temen lo yang berpengalaman itu nggak bisa nemenin, lo juga bisa sewa jas pemandu buat mimpin perjalanan lo sampai ke puncak. Pemandu biasanya bakal tanya, lo mau naik gunung lewat jalur biasa tapi lama sampainya, atau jalur cepet tapi lumayan ekstrem. Nah, karena lo udah lama nggak hiking, sebaiknya pilih jalur yang nggak terlalu ekstrem, ya. Biar lambat asal selamat.

Mending Sewa jasa pemandu / Porter biar ga mletre bro 

Itu tadi beberapa hal yang perlu lo pahami kalau pengin naik gunung lagi setelah sekian lama nggak hiking. Kira-kira, ada hal lain yang perlu dipahami juga nggak, ya? Share di kolom komentar, ya! (Kik)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post