Berikut Minuman Beralkohol Tradisional Khas Nusantara, Terbuat Dari Bahan Alam

Selain makanan, Indonesia juga kaya akan minuman tradisional yang beragam. Bahkan beberapa di antaranya ada yang mengandung alkohol, lho. Namun, jangan salah, tambahan alkohol tersebut bukan berasal dari bahan kimia, melainkan bahan alam yang difermentasi, kayak beras ketan dan air nira.

Pengin tau apa aja minuman beralkohol tradisional khas Indonesia? Simak selengkapnya berikut ini, Brok 

Arak Bali

Minuman beralkohol tradisional yang satu ini kayaknya udah banyak yang tau, deh. Yup, apa lagi kalau bukan arak bali. Minuman ini merupakan hasil fermentasi air nira yang disadap dari pohon palem sejenis lontar, kelapa, dan aren, kemudian disuling. Kandungan alkoholnya pun bervariasi, antara 20 – 50 persen. Saat ini, banyak penjual arak bali yang berkreasi dengan menambahkan varian rasa pada produknya agar lebih menarik.

Sopi

Sopi merupakan minuman beralkohol khas Indonesia Timur, tepatnya Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Nama ‘sopi’ berasal dari bahasa Belanda ‘zoopie’ yang berarti alkohol cair. Minuman ini berbahan dasar air nira sadapan lontar yang difermentasi, kemudian disuling dengan gentong yang disambungkan ke pipa untuk mengalirkan uap ke wadahnya.

Ballo

Ballo merupakan minuman beralkohol khas Jeneponto, Sulawesi Selatan, yang sering dihidangkan di acara besar atau hajatan warga. Minuman ini terbuat dari hasil fermentasi air niau, enau, nipah, dan lontar. Ballo biasa dimanfaatin masyarakat setempat buat menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tuo Nifaro

Tuo nifaro merupakan minuman beralkohol khas Nias, Sumatera Utara, yang dihasilkan dari proses fermentasi air nira dan aren. Campuran tersebut kemudian disuling buat menghasilkan kadar alkohol 100 persen. Namun, tuo nifaro yang punya kadar alkohol tinggi ini bukan buat diminum ya, melainkan buat dijadiin obat oles untuk encok, asam urat, dan sakit sendi. Nah, tuo nifaro yang bisa dikonsumsi tuh yang kelas ketiga, yaitu tuak mentah yang dicampur air putih.

Tuak Toba

Minuman beralkohol lain dari Sumatera Utara yaitu tuak toba. Minuman yang mudah ditemukan di Toba dan Tapanuli ini biasa digunakan sebagai suguhan di acara adat Batak. Tuak toba terbuat dari pohon enau dan kelapa yang diambil air niranya, kemudian difermentasi hingga berubah warna jadi putih dan ngeluarin aroma yang khas.

Main ke Sentra Industri Ciu Bekonang di Jalan Ciu Sukoharjo 

Itu tadi beberapa minuman beralkohol tradisional khas Indonesia. Tertarik nyobain, Gaes ? (Kik)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post