Menyesatkan ! Berikut Deretan Mitos Tentang Hiking Yang Sering Beredar

Berkat munculnya influencer tentang adventure, banyak orang yang sekarang tertarik buat nyobain hiking atau naik gunung. Mereka ngebayangin seru kali ya, mendaki sampai puncak dan bisa ngelihat sunrise atau sunset. Padahal, semuanya nggak seindah yang dibayangkan, Bro. Butuh perjuangan yang lumayan berat biar lo bisa sampai puncak dengan selamat.

Di samping itu, ada banyak hal yang belum dipahami orang awam soal mendaki. Mereka sering salah nangkep informasi karena banyak mitos yang beredar seputar hiking, mulai dari anggapan kalau gunung itu tempat angker sampai soal keselamatan dalam pendakian.

Lantas, apa aja ya mitos yang sering beredar soal hiking dan gimana kebenarannya? Simak penjelasannya berikut ini, Brok.

Mitos 1: Hiking Cuma Buat Orang yang Suka Olahraga


Hiking kerap dicap sebagai aktivitas yang cuma boleh dilakuin sama orang yang suka olahraga aja karena emang lumayan berat dan harus mendaki berjam-jam. Padahal, anggapan tersebut salah kaprah ya, Bro. Justru hiking bisa jadi olahraga yang lo lakuin buat memperkuat kaki dan ningkatin kebugaran tubuh. Bonusnya, lo bisa menghirup udara segar dan lihat pemandangan yang menakjubkan.

Mitos 2: Hiking Harus Dilakuin Rame-rame

Karena termasuk aktivitas di alam bebas, banyak yang nyaranin kalau hiking tuh sebaiknya dilakuin rame-rame. Padahal, sah-sah aja kok kalau lo mau hiking sendirian, Brok. Namun, pastiin lo udah hafal sama medannya dan nguasain skill-skill penting dalam mendaki. Kalau lo masih newbie, sebaiknya hiking bareng orang lain, ya.

 

Mitos 3:  Harus Pilih Rute Terjauh dan Menantang

Mitos ini nih yang sering bikin newbie minder mau coba hiking, soalnya mereka udah dianggep nggak mampu mendaki kalau nggak milih rute terjauh. Padahal, hiking itu bukan soal berapa jauhnya lo mendaki, tapi gimana caranya lo nikmati perjalanan tersebut. Selain itu, kemampuan hiking setiap orang juga nggak bisa dipukul rata. Kalau lo cuma kuat sampai pos 1 doang ya nggak masalah selama lo enjoy, Bro.

Mitos 4: Harus Pakai Perlengkapan Mahal Buat Hiking

Kalau mitos yang ini nih sering diucapin sama orang-orang yang gengsinya tinggi. Lo nggak harus pakai perlengkapan yang mahal kok buat hiking. Yang terpenting perlengkapan lo aman dan nyaman saat dipakai. Kalau belum mampu beli, lo juga bisa nyewa peralatan di persewaan yang tepercaya.

Mitos 5: Hiking Cuma Buat Anak Muda

Karena sering dicap sebagai aktivitas yang menantang, banyak yang nganggep kalau hiking itu cuma buat anak muda. Pandangan ini jelas salah kaprah, Superfriends. Semua orang boleh hiking selama tubuhnya kuat dan sehat, mau itu orang muda atau pun orang tua. Bahkan, nggak jarang pendaki yang udah bapak-bapak punya pengalaman yang lebih banyak. Jadi, lo bisa berguru sama mereka, Bro.

Mitos 6: Hiking itu Berbahaya

Last but not least, mitos yang sering beredar di kalangan orang awam soal mendaki yaitu dianggap berbahaya. Padahal, semua aktivitas bisa ngebahayain lo juga kalau nggak dilakuin dengan hati-hati. Studi dari University of Pennsylvania juga nunjukin kalau kemungkinan cedera di jalan raya tuh lebih tinggi dibanding di jalur pendakian. Studi ini juga nyebutin kalau hiking lebih aman dibanding aktivitas outdoor lainnya, kayak golf dan berlayar.

Setelah paham soal mitos dan fakta soal hiking, udah yakin kan kalau mendaki tuh aman selama dilakuin sesuai prosedur? Kalau lo masih ragu buat nyobain aktivitas ini, jangan ragu buat tanya sama yang udah berpengalaman, ya. (Kik)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post