7 FAKTA ZIPPO, LIGHTER LEGENDARIS

Buat para cowok, baik perokok atau bukan, pasti tahu pemantik api bernama Zippo. Yup, pemantik atau lighter ini sudah menjadi legenda dan nggak bisa dipisahkan dari budaya modern. Bahkan saking terkenalnya, cowok yang belum pernah menggunakan pemantik ini pun pasti tahu namanya. 

FYI, Zippo didirikan tahun 1932 oleh George G. Blaisdell dan berhasil menjadi salah satu simbol kebudayaan Amerika. Jadi nggak heran kalau setiap tahun Zippo bisa menjual 10 sampai 12 juta pemantik!

Meski sudah diketahui banyak orang, tapi sebagian mungkin ada yang belum tahu fakta-fakta unik dan menarik dari lighter legendaris yang satu ini. Penasaran mau tahu apa saja faktanya? Berikut ulasan lengkapnya.

Nama Zippo berasal dari “zipper”

Blaisdell sang pendiri Zippo mengaku mendapatkan ide untuk membuat pemantik ini saat dia melihat pengusaha di tempat tinggalnya menyalakan rokok. Ketika itu, si pengusaha memakai pemantik aneh buatan Austria.

Blaisdell lantas tertarik membuat versi compact dari pemantik tersebut. Setelah produknya jadi, dia memberikan nama Zippo karena dia sangat suka mendengar bunyi kata “Zipper”. Selain itu, menurutnya kata “Zippo” terkesan lebih modern.

Kampanye“windproof lighter”

Di masa awal-awal berdirinya, Zippo nggak langsung laku di pasaran. Namun Blaisdell nggak menyerah begitu saja. Dia membuat kampanye berjudul “windproof lighter” yang menunjukkan kalau api dari pemantik ini tahan angin. 

Kampanye tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang sehingga masyarakat umum saat itu mencoba “mengadu” Zippo dengan kipas angin. 

Dibantu Perang Dunia II

Selain kampanye “windproof lighter”, popularitas Zippo juga meningkat karena Perang Dunia II. Saat itu, Blaisdell menjual pemantik ini ke para tentara di toko Ship Stores atau Army Exchanges dengan desain yang bisa dimodifikasi.

Hasil, para tentara yang ada di garis depan tertarik dengan desain Zippo yang tampak tangguh. Bahkan mereka mengukir korek ZIppo dengan motto pribadinya. 

Garansi seumur hidup

Setiap pengguna Zippo di seluruh dunia nggak perlu merasa khawatir kalau Zippo-nya rusak. Soalnya, pemantik ini memberikan garansi seumur hidup. Kalau sampai ada karat, meskipun si pemilik nggak mempunyai boks ataupun kuitansi, dia tetap bisa mengklaim garansinya. 

Pernah menyelamatkan hidup manusia

Yup, lo nggak salah baca. Lighter legendaris yang satu ini pernah menyelamatkan hidup seorang veteran perang. Menurut ceritanya, saat perang di Vietnam dia tertembak di dada, untungnya Zippo yang ada di sakunya menahan laju peluru dan dia pun terselamatkan. 

Selain itu, pada tahun 2010 lalu, seorang pria yang ditembak oleh perampok bisa selamat dari kematian berkat Zippo yang ada di saku bajunya. 

Frank Sinatra dimakamkan bersama dengan Zippo favoritnya

Lo tahu Frank Sinatra? Penyanyi terkenal ini ternyata merupakan penggemar Zippo garis keras. Dia bahkan dimakamkan bersama Zippo favoritnya, boneka, satu botol Jack Daniels, biskuit anjing, dan barang lainnya. 

Mobil Zippo

Saat Blaisdell masih kecil, sebuah mobil yang dia lihat berhasil membuatnya terkesima. Mobil tersebut adalah Lifesavers Pep-O-Mint. Kemudian sekitar tahun 1947, dia memodifikasi mobil Chrysler Saratoga menjadi mobil Zippo nya sendiri. 

Sayangnya, mobil yang di bagian atasnya ada pemantik raksasa itu terlalu berat untuk berjalan karena bannya nggak sanggup menahan beban mobil ini. Blaisdell nggak kehabisan akal, dia mencoba memindahkan pemantik raksasa ke mobil Ford yang lebih kuat. 

Akan tetapi biaya yang dibutuhkan terlalu tinggi dia nggak sanggup membayarnya. Karena nggak bisa diotak-atik lagi, Blaisdell melupakan mobil tersebut. Sepuluh tahun berselang, saat dia ingat kembali, bengkel mobilnya sudah bangkrut dan pindah tempat. Pada akhirnya mobil Zippo hilang dan nggak pernah ditemukan lagi sampai sekarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post