7 Fakta Papua Nugini Yang Mesti Kalian Tahu

Papua Nugini merupakan salah satu negara yang terletak di ujung timur Indonesia. Papua Nugini sendiri berada di pulau Papua serta berbatasan langsung dengan provinsi Papua Bro .

Namun, sebagai negara yang bertetangga langsung dengan wilayah barat Indonesia, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu apa saja fakta Papua Nugini. Mungkin, lo juga belum tahu, ‘kan?

Nah, supaya gak penasaran dengan fakta Papua Nugini, lo bisa langsung cek informasinya di bawah ini.

1.   Termasuk ke Dalam Negara yang Beragam

Perlu lo tahu bahwa Papua Nugini termasuk ke dalam salah satu negara yang beragam, bro. Setidaknya, ada lebih dari 850 bahasa lokal asli serta sekurang-kurangnya sama banyak dengan komunitas-komunitas kecil yang dimiliki, yaitu jumlah penduduk lebih dari 6 juta jiwa.

2.   Merdeka Pada Tahun 1975

Pada tahun 1972, mulai diadakan pemilu dan menghasilkan pembentukan kementerian yang dipimpin oleh Kepala Menteri Michael Somare. Dirinya berjanji bahwa negeri ini akan menjadi suatu negara yang merdeka dan mandiri.

Lalu, pada tanggal 1 Desember 1973, Papua Nugini pun berhasil membentuk pemerintahannya sendiri. Kemudian tanggal 16 September 1975 Papua Nugini mulai mengumumkan kemerdekaannya, lalu bergabung dengan PBB (Persatuan Bangsa Bangsa).

3.   Habitat Asli Burung Cenderawasih

Secara ekologis, habitat asli burung cenderawasih ternyata ada di pulau Papua yang menjadi bagian dari wilayah Indonesia dan Australia. Sehingga, bagi Papua Nugini, burung cenderawasih menjadi suatu kebanggaan, bahkan dijadikan sebagai simbol negara.

4.   Belum Mampu Mengeksplor Kekayaan Alam

Port Moresby menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian yang ada di Papua Nugini. Negara ini memang sangat kaya akan kandungan sumber daya alam, seperti cadangan mineral, minyak bumi, emas, tembaga serta komoditi perkebunan kopi yang cukup bernilai.

Sayangnya, dikarenakan kondisi bentang alamnya sangat rumit, maka proses eksplorasi pun tidak bisa dijalankan secara maksimal.

5.   Menjadi Negara Persemakmuran Britania Raya

Fakta Papua Nugini berikutnya adalah termasuk ke dalam negara persemakmuran Britania Raya dengan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya. Saat ini, Ratu Elizabeth II diwakili oleh Gubernur Jenderal Papua Nugini, yaitu Michael Ogio.

6.   Bentang Alam yang Sulit

Perlu lo tahu bahwa geografi Papua Nugini nyatanya sangat beragam. Disana, terdapat barisan pegunungan di Pulau Papua yang membentuk dataran tinggi padat penduduk.

Selain itu, bagian dataran rendah serta pantai telah didominasi oleh hutan hujan yang lebat. Hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi pemerintah dalam mengembangkan sarana transportasi. Sebab, beberapa wilayah yang ada di Papua Nugini hanya bisa diakses menggunakan pesawat terbang saja.

7.   Mempunyai Satwa Australis

Fakta unik berikutnya adalah berada di kawasan ekologi Australasia, yaitu Papua Nugini, Selandia Baru, Australia, Indonesia Timur, Selandia Baru, serta beberapa kepulauan di Pasifik.

Jika dilihat secara geologi, pulau Papua merupakan perluasan dari Lempeng Indo-Australia. Bahkan, saat berada di zaman es, pulau Papua ternyata terhubung dengan Australia oleh paparan benua dangkal yang melewati selat Torres.

Oleh karena itu, muncullah hubungan pranala genetik banyak spesies burung serta mamalia di Papua dengan yang ada di negara Australia. Salah satu spesies swasta yang paling menonjol, yaitu Kanguru dan Possum.

Itulah beberapa fakta Papua Nugini yang mesti lo ketahui dengan baik. Gimana, sudah gak penasaran lagi sekarang, kan? 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post