PERBEDAAN GLAMPING DAN CAMPING, MANA YANG LEBIH COCOK BUAT LO?

Dulu kegiatan camping sangat identik dengan pencinta alam yang memang menyenangi kegiatan di alam terbuka. Seiring berjalannya waktu, kegiatan ini perlahan-lahan berubah menjadi wisata baru yang digandrungi banyak orang, yaitu Glamorous Camping atau glamping.

Banyak orang menganggap camping dan glamping adalah hal yang sama karena keduanya merupakan kegiatan menginap di alam terbuka. Namun ternyata ada perbedaan glamping dan camping yang nggak bisa diabaikan.

Penasaran apa saja perbedaan antara keduanya? Simak penjelasan berikut ini ya !

Tenda

Image source: pexels.com/@anastasia-shuraeva
Jika dilihat lagi, bentuk tenda untuk glamping lebih mewah karena di dalamnya ada berbagai macam peralatan seperti tempat tidur, kursi, bahkan perabotan lainnya. Bahkan bisa dibilang tenda glamping itu sama seperti rumah portable.

Sementara tenda untuk camping lebih sederhana dan ukurannya juga nggak terlalu besar. Karena fungsinya memang digunakan untuk beristirahat melepas lelah setelah seharian menjelajah alam bebas.

Memasak dan makanan

Image source: unsplash.com/@ly0ns
Untuk urusan makanan, glamping juga lebih mudah karena sudah disiapkan sebelumnya. Kurang lebih menu makanannya sama seperti di restoran atau rumah makan pada umumnya. Bahkan kalau lo ingin memasak sendiri, semua peralatannya pun sudah disediakan.

Berbanding terbalik dengan glamping, camping justru lebih ribet karena semuanya harus dilakukan sendiri. Mulai dari mempersiapkan peralatan sampai proses memasaknya. Dari segi menu yang dimasak juga berbeda.

Kamar mandi

Image source: unsplash.com/@ksds
Para penikmat glamping juga nggak perlu memikirkan urusan kamar mandi karena biasanya di dekat tempat glamping-nya. Ditambah lagi fasilitasnya terbilang lengkap karena ada shower dan bahkan sauna di dalamnya.

Sebaliknya, camping justru mengharuskan para pecinta alam mencari lokasi yang dekat dengan sumber mata air. Bisa juga memilih tempat camping yang memang menyediakan kamar kecil dengan fasilitas yang biasa saja.

Penyimpanan bekal dan barang bawaan

Image source: unsplash.com/@introspectivedsgn
Saat ini banyak penyedia jasa glamping yang menyediakan fasilitas penyimpanan bekal seperti lemari es atau lemari pakaian. Hal ini membuat para glampers menjadi lebih mudah dan nggak perlu memikirkan tempat yang cukup untuk menyimpan semua barang yang mereka bawa.

Sementara saat camping, lo harus memikirkan bagaimana caranya agar semua barang bawaan nggak hilang atau rusak karena ditaruh sembarangan. Karena itu nggak jarang para pecinta alam menggantung perbekalan mereka.

Keamanan serta kenyamanan

Dari segi keamanan dan kenyamanan, glamping lebih cocok bagi mereka yang ingin berkemah tanpa perlu memikirkan banyak hal. Karena glamping memang didesain seperti tempat penginapan dengan fasilitas yang lengkap.

Sedangkan camping jauh lebih berisiko karena para pecinta alam harus siap dengan berbagai kondisi seperti hawa dingin, gangguan serangga atau binatang liar, dan mungkin menggunakan kamar mandi darurat. Namun jika sudah terbiasa, semua ini nggak akan terlalu membebani.

Biaya

Meski fasilitasnya lengkap, keamanannya dan kenyamanannya terjamin namun biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati semua itu cukup menguras dompet. Saat ini umumnya biaya glamping sama dengan biaya menginap di hotel bintang 3.

Jika dibandingkan dengan glamping, biaya yang dikeluarkan untuk camping tentu lebih sedikit. Karena barang-barang dan peralatan yang diperlukan bisa dibeli di warung dekat rumah atau supermarket.

Kesimpulan

Singkatnya, glamping adalah kegiatan menginap di alam bebas yang lebih praktis, ringkas, dan nggak menyulitkan karena semua fasilitasnya memang sudah disiapkan oleh penyedia jasa glamping. Selain itu, glamping juga cuma bisa dilakukan di tempat-tempat yang memang dikelola oleh penyedia jasa.

Ini jelas berbeda dengan camping yang bisa dilakukan di mana saja, seperti perkebunan, pegunungan, perbukitan, atau pinggir pantai. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, camping membutuhkan usaha ekstra untuk mempersiapkannya.

Setelah mengetahui perbedaan glamping dan camping, kira-kira lo lebih cocok dengan yang mana nih ?

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post