Pemalang Bersatu Salurkan Bantuan Korban Terdampak Erupsi Semeru

 

Relawan Pemalang bersatu di pos pengungsi ds.sumberrmujur 

Lumajang , - Yayasan Peduli Pemalang Bersatu Komunitas  di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah , memberangkatkan sejumlah Personil  ke Lumajang, Jawa Timur, guna menyalurkan bantuan bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Untuk bantuan yang kita kirim di antaranya berupa bahan material  untuk pembangunan , bahan sembako , paket snack dan mainan anak untuk di bagikan di posko pengungsian yang dihimpun dalam penggalangan dana diantaranya turun ke jalan , music charity serentak di beberapa cafe di Pemalang  dan penjualan dari kaos charity ," kata Koordinator "Yayasan Peduli Pemalang Bersatu" Herman Felani  di lokasi  bantuan untuk korban erupsi Semeru di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro  Kabupaten Lumajang.

Dia menjelaskan bantuan berupa bahan material  karena di lokasi terdampak Semeru  dapat dimanfaatkan sebagai Pembuatan saluran Air Bersih untuk 65 KK ,Pembangunan 2 MCK , baik para warga terdampak maupun relawan bencana yang bertugas menjalankan misi kemanusiaan di lokasi bencana.

Dia mengatakan bantuan yang dikirim dengan armada komunitasnya tersebut digalang dari para anggotanya dan berbagai komunitas peduli bencana maupun relawan di Pemalang dan Sekitarnya , yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan hasil asesmendi lokasi terdampak, yang langsung diketuai oleh Ketua Hengky Kik yang sudah berangkat duluan ke lokasi Bencana "Hampir semua berupa uang yang dibelanjakan sesuai hasil dari asesmen yang kita peroleh dari Lumajang, jadi sesuai permintaan sana, uang cash kita bawa dari sini dan kita bawa ke sana untuk dibelanjakan, total nilai bantuan lebih dari Rp50 juta, dan ada bantuan berupa barang yang tidak bisa kita nilai," katanya.

Dia mengharapkan, bantuan tersebut dapat meringankan beban korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Ia berharap upaya penanganan pascabencana oleh Dinas yang terkait  dan relawan yang diberangkatkan sebelumnya tidak menemui kendala.

"Untuk bantuan kita sudah koordinasi dengan yang ada di sana (Lumajang, red.) dan kebetulan kita kontaknya dengan beberapa teman dan relawan  sebagai mitra kita, nanti penerima bantuan kita adalah Warga yang terdampak APG  Lumajang," katanya.

Dia mengatakan aksi peduli korban Semeru pada kali ini memang difokuskan untuk mendistribusikan bantuan bahan material dan uang tunai , karena untuk mendukung proses evakuasi warga di lokasi bencana sudah dilaksanakan .

"Kalau kondisi sekarang sebenarnya sudah mulai evakuasi lagi, tapi kendaraan kita hanya mengantar bantuan, kalau evakuasi sudah kloter pertama lalu teman-teman kita sudah berangkat. " katanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post