Destinasi Wisata yang Berpotensi Jadi Lokasi Sport Tourism

Sport tourism biasa diselenggarakan di berbagai lokasi wisata yang memiliki keindahan luar biasa. Nah, kira-kira destinasi wisata mana aja yang berpotensi dijadikan lokasi menarik untuk sport tourism di Indonesia? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Wisata olahraga atau sport tourism menjadi aktivitas perjalanan yang dilakukan wisatawan untuk merasakan, menyaksikan, berpartisipasi, hingga terlibat langsung dalam suatu event atau agenda olahraga yang memberikan pengalaman berbeda dari biasanya. Nggak hanya sekadar olahraga, sport tourism berkaitan dengan destinasi wisata yang biasanya dijadikan lokasi acara tersebut diselenggarakan.

Sementara itu, Indonesia sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang berpotensi menjadi tempat diadakannya sport tourism. Penasaran di mana aja? Berikut beberapa di antaranya.

Danau Toba

image source : pinouva.com
Danau Toba memang nggak pernah habis memukau wisatawan lewa beragam destinasi wisatanya. Wisatawan bisa menikmati keindahan danau toba di Bukit Holbung. Bukit Holbung sendiri berada di Desa Tele, Samosir. Tempat ini menawarkan sisi lain keindahan Danau Toba.

Nggak butuh waktu lama, cukup 15 menit pendakian lalu sampai di puncak Bukit Holbung. Dari sini, wisatawan akan disuguhkan keindahan Bukit Holbung dengan latar belakang Danau Toba yang begitu megah.

Mau mencoba aktivitas yang lebih menantang, bro? Lo bisa bermain paralayang di Huta Ginjang yang terletak di ketinggian 1.500 mdpl, sambil disuguhkan pemandangan Danau Toba secara menyeluruh. Tapi ingat, meskipun mencoba wisata olahraga, wisatawan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Rasanya kurang lengkap main ke Danau Toba kalau belum menjajal aneka olahraga airnya bukan? Yup, olahraga air yang bisa dilakukan di Danau Toba adalah berkayak.

Bermain kayak di Danau Toba memberikan sensasi berbeda, bro. Apalagi, arus Danau Toba terbilang tenang di pagi hari, jadi bisa berkayak dengan santai sembari memandangi keindahan bukit dari permukaan danau.

Kepulauan Riau

www.ihgma.com
Kepulauan Riau (Kepri) memiliki segudang potensi wisata yang indah, bro. Alam yang memukau hingga kebudayaannya yang eksotis membuat Kepri selalu punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Berbicara sola Kepri, destinasi wisata satu ini juga dikenal sebagai surganya sport tourism, bro. Lo bisa mengunjungi Kepri Coral yang akan memanjakan lo dengan beragam kegiatan olahraga airnya yang seru, mulai dari bersepeda air, jet ski, hovercraft, banana boat, kayak, hingga snorkeling.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Bintan yang memiliki water sport yang nggak kalah mengasyikkan. Ada Treasure Bay Bintan di Lagoi yang memiliki laguna air laut buatan pertama di Asia Tenggara.

Wisatawan bisa menikmati water sport yang juga dilakukan di dalam area kolam, seperti berdiri di paddleboard, menjajal berlayar, bermain jet ski bahkan flyboard Ride 

Banyuwangi

Banyuwangi sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi sport tourism di Indonesia. Berbagai macam perhelatan akbar event olahraga diselenggarakan di destinasi yang dijuluki ‘The Sunrise of Java’ ini.

Tour de Banyuwangi Ijen adalah salah satu ajang kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale) yang diselenggarakan setiap tahun di Banyuwangi. Tapi nggak hanya bisa menyaksikan ajang balap sepeda berkelas dunia, Banyuwangi juga punya beragam destinasi wisata yang menarik untuk penggemar sport tourism.

Sudah jelas Kawah Ijen adalah tempat pertama yang wajib disambangi di Banyuwangi. Di sana lo bisa trekking menuju puncak Ijen untuk menikmati fenomena api biru yang hanya ada dua di dunia, selain di Islandia.

Selain trekking di Kawah Ijen, Banyuwangi pun punya sejumlah spot untuk bermain selancar. Misalnya di Pantai Pulau Merah dengan ombak yang pas untuk surfing dengan panjang bibir pantai mencapai 400 meter.

Keberadaan Pantai Pulau Merah sebagai lokasi berselancar juga sudah diakui di dunia internasional. Pantai Pulau Merah sudah tiga kali menjadi tuan rumah kompetisi berselancar tingkat dunia, yakni Banyuwangi International Surfing Competition yang diadakan pada tahun 2013, 2014, dan 2015.

Jika berselancar di pantai sudah menjadi tantangan yang biasa, lo bisa mencoba tantangan yang lebih memacu adrenalin di Pulau Tabuhan. Pulau satu ini letaknya persis di Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali, tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Pulau dengan luas 5 hektar ini juga cocok untuk mereka yang gemar scuba diving atau snorkeling. Kekayaan satwanya nggak hanya ada di dalam air aja, di darat pun banyak satwa yang hidup, seperti burung Maleo yang singgah ketika bermigrasi.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang berpotensi menjadi lokasi sport tourism di Indonesia. Destinasi mana yang mau lo kunjungi untuk sport tourism, bro?


Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post