Naik ke Gunung Ini Bisa Daftar Booking Via Online Lho, Bro!

Kemajuan teknologi memang harus dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan sampai ketinggalan sama perkembangan zaman. Di era sekarang semua sudah serba online. Ibaratnya hanya dengan sentuhan jari, semua urusan bisa tuntas dalam hitungan menit.

Hal itu juga yang kejadian di kegiatan mendaki gunung. Beberapa pengelola taman nasional sudah menerapkan sistem booking secara online. Jadi, lo yang hobi naik gunung nggak perlu repot-repot lagi mengurus pengajuan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi).

Jadi, supaya bisa dapat simaksi ini har mengajukan izin pendakian. Baru deh urus simaksi. Surat ini bisa diproses langsung di kantor pengelola gunung yang bakal didaki. 

BACA JUGA : Yogya dan klaten mempunya sungai mirip seperti di Jepang 

Persyaratannya mulai dari fotokopi kartu identitas sampai formulir yang sudah diisi saat pengajuan izin pendaki. Untuk proses ini, materai jangan sampai ketinggalan karena ada surat pernyataan yang butuh materai.

Simaksi ini cuma berlaku untuk sekali pendakian dan harus dibawa saat mendaki. Baru deh nanti diserahkan ke petugas di pintu keluar, kalau pendakian sudah selesai.

Sekarang karena ada yang sistemnya booking online, jadi nggak ada lagi yang namanya antre di loket. Cuma butuh jaringan internet aja. Semuanya dijamin beres.Satu per satu pengelola taman nasional mulai menerapkan sistem pendakian booking secara online. Otomatis ini memudahkan banget. Lalu gunung apa aja nih yang bisa booking online?

Gunung Bromo dan Semeru

Image Source :unsplash.com/@shukaiz 
Dua gunung ini bisa dibooking secara online. Kalau sudah punya Simaks lo tinggal membawa bukti transfer dari bank, menunjukan bukti cetak pembayaran dari Balai Besar TNBTS. Membawa surat Keterangan sehat dari dokter, membawa Fotocopy KTP/KTM/Paspor yang masih berlaku.

Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

Image Source : shutterstock.com/ dede sudiana 
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali membuka jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ter tanggal Oktober 2020. Para pendaki diwajibkan melakukan booking online pendakian melalui booking.gedepangrango.org.

BACA JUGA : Ini Asal Usul Ungkapan Merapi Tak Pernah Ingkar Janji 

Hal ini berkaitan dengan adanya pembatasan kapasitas kuota pendakian Gunung Gede Pangrango per hari. Sebelum datang ke TNGPP, lo harus wajib memeriksa kesehatannya sebelum datang ke TNGGP.

Gunung Ciremai 

Image Source : id.wikipedia.org 
Lo harus punya kartu identitas dan juga surat keterangan dari dokter. Biaya pendaftaran sebesar Rp 50 ribu per orangnya. Lo bisa cek persyaratan dan melakukan pendaftaran di ciremailinggajati.com/booking-online.

Gunung Rijani

image source : shutterstock.com/mohd nor hasen bin sudin
Cukup buka situs resminya tnrinjani.net/untuk mengetahui tata cara pendaftarannya. Terletak di Lombok Utara, gunung dengan ketinggian 3,726 meter ini selalu jadi destinasi favorit para pendaki. Nggak perlu datang untuk mendaftar.

Source:  phinemo.com


1 Comments

Post a comment

Previous Post Next Post

Featured post