Tips Beli dan Milih Oleh-oleh yang Nggak Nyusahin Saat Traveling

Membawa bingkisan atau oleh-oleh khas di suatu daerah bisa dibilang menjadi seperti ritual yang wajib dilakukan saat lo traveling. Namun, sebaiknya oleh-oleh apa saja yang dibawa pulang sebagai buah tangan? Mau tahu bagaimana tips memilih oleh-oleh yang tepat saat sedang traveling? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Membawa bingkisan atau oleh-oleh selepas melakukan perjalanan bisa dibilang sudah menjadi sebuah kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Ketika melakukan kebiasaan yang satu ini persahabatan dan kasih sayang antar keluarga dan teman-teman dekat pasti bakal terasa semakin dekat dan hangat, bro.

Namun, saat membeli oleh-oleh nggak jarang orang kebingungan dan putus asa karena kurangnya persiapan. Yup, nggak cuma traveling aja yang butuh persiapan, beli oleh-oleh juga perlu, bro. Biar nggak bingung dan salah pilih, sebaiknya simak dulu tips memilih oleh-oleh yang tepat dan nggak nyusahin saat traveling berikut ini!

Siapkan Bujet Khusus

Image source: pexels.com/@evgphotos
Tips memilih oleh-oleh yang tepat saat traveling ini bisa dibilang sangat penting lo lakukan, bro. Dengan begitu, lo pasti bakal lebih mudah dalam berbelanja oleh-oleh. Bujet khusus oleh-oleh tersebut pun bisa menjadi patokan dana maksimal yang bisa lo keluarkan, sehingga lo bakal menjadi lebih waspada dan menghindari membeli barang di luar bujet oleh-oleh, bro.

Jadi, lo nggak bakal memaksakan diri membeli oleh-oleh di luar kemampuan lo dan liburan lo pun akan tetap berjalan dengan aman tanpa khawatir kekurangan dana. Jangan sampai liburan lo jadi terganggu karena lo belum menyisihkan dan memperhitungkan dana khusus oleh-oleh ya, bro.

Beli Oleh-oleh Dengan Harga yang Terjangkau

image source : unspash.com/@markuswinkler
Tips memilih oleh-oleh yang tepat saat traveling selanjutnya yaitu belilah oleh-oleh berupa pernak-pernik dengan harga yang relatif terjangkau, bro. Lo bisa membeli gantungan kunci, magnet kulkas, dompet, kain, maupun tas kecil sebagai oleh-oleh.

Biasanya, pernak-pernik tersebut mudah lo temukan di sekitar destinasi wisata dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dan memperhitungkan bujet khusus buat oleh-oleh ini sebelum liburan ya, bro!

Pilih Oleh-oleh Khas Daerah yang Dikunjungi

image source : unplash.com / @gintsgailis
Tips memilih oleh-oleh yang ketiga yaitu belilah oleh-oleh lokal khas daerah yang sedang lo kunjungi, bro. Yup, setiap daerah pasti memiliki budayanya tersendiri, sehingga oleh-oleh lokal khas setiap daerah bakal menjadi keunikan dan memberikan kesan tersendiri.

Lo juga bisa melakukan riset terkait apa saja oleh-oleh yang bisa lo dapatkan di daerah yang bakal lo kunjungi, bro. Dengan melakukan riset jauh-jauh hari maka lo bisa mempersiapkan jadwal liburan lo termasuk destinasi wisata belanja yang perlu dikunjungi.

Misalnya, kalau lo memiliki agenda liburan ke Yogyakarta, maka lo bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi kedai Bakpia Pathok buat membeli oleh-oleh sebelum pulang ke rumah.

Perhatikan Berat dan Ukuran Oleh-oleh

Image source : pexels.com / @introspecivedsgn
Last but not least, tips memilih oleh-oleh yang terakhir yaitu perhatikanlah berat dan ukuran oleh-oleh sebelum benar-benar membelinya. Ukuran dan berat oleh-oleh yang bakal lo beli sangat penting karena akan memengaruhi cara lo membawanya pulang, bro.

Memang bakal terasa lebih mudah jika lo pergi traveling dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Namun, membawa oleh-oleh berukuran besar maupun berat pasti bakal menyulitkan lo jika lo menggunakan transportasi umum, bro.

Beberapa transportasi umum seperti pesawat, bus, dan kereta pun memiliki standar ukuran bagasi tertentu buat para penumpangnya. Jangan sampai oleh-oleh yang lo bawa melebihi standar ukuran bagasi. Pasalnya, jika hal ini terjadi maka lo bisa dikenai biaya tambahan, bro.

Nah, itulah beberapa tips memilih oleh-oleh yang tepat saat traveling. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, bro. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/tips-memilih-oleh-oleh-saat-travelling/

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post