• 9.6.20

    Selamat Hari Media Sosial! Ayo Jadi Netizen yang Bijak, Bro!

    Selamat hari media sosial, bro. Sudah berapa banyak momen traveling yang lo bagikan di media sosial? Ternyata, media sosial juga bisa memberikan dampak buruk jika tidak digunakan dengan bijak lho, bro. Berikut ini cara untuk mengatasinya.
    Apa harapan lo di hari media sosial tahun ini, bro? Di Indonesia hari media sosial memang diperingati setiap tanggal 10 Juni. Tapi, ada juga beberapa negara lain yang memperingati hari media sosial setiap 30 Juni, bro. Hari media sosial ini dicetuskan oleh seorang pengusaha Frontier Consulting Group, Handi Irawan pada tahun 2015 silam.
    Hari media sosial bisa juga dimaknai sebagai momentum agar setiap pengguna media sosial atau yang akrab dengan sebutan "netizen" bisa menyebarkan motivasi dan inspirasi positif di dunia maya.
    Para traveler biasanya menggunakan media sosial untuk mencari referensi ataupun berbagi tips seputar dunia traveling. Bukan hanya traveler, pecinta olahraga extreme dan komunitas lainnya pun sangat dimudahkan dalam berinteraksi untuk berbagi tips dan pengetahuan baru terkait hobi mereka masing-masing.
    Di sisi lain, dengan segala kemudahan yang tersedia, tentu lo harus tetap waspada dan perlu bijak dalam bermedia sosial. Tidak dapat dipungkiri, media sosial juga mempunyai dampak buruk jika digunakan berlebihan dan tidak disikapi dengan tepat. Nah, lo bisa terapkan beberapa hal berikut ini untuk meminimalisir dampak negatif saat berpetualang di media sosial, bro.
    Berpikir Sebelum Mengunggah
    Akhir-akhir ini pasti lo sering melihat perilaku yang kurang pantas yang berseliweran di media sosial kan, bro? Beberapa pelakunya harus menerima sanksi sosial, bahkan ada juga yang berujung di meja hijau setelah dilaporkan oleh pihak-pihak yang merasa tersinggung.
    Nah, ini harus menjadi perhatian khusus, bro. Sebelum mengunggah foto dan video atau membuat caption, sebaiknya pikirkan lebih dalam lagi dampak dari konten yang bakal lo upload. Untuk meminimalisir kemungkinan ada yang tersinggung atau merasa dirugikan dari konten tersebut, bro.
    Jangan Gampang Terbawa Emosi
    Hindari menggunakan media sosial saat hati lo sedang panas atau emosi, bro. Dalam situasi tersebut, biasanya tidak ada pikir panjang saat membuat konten atau tulisan di media sosial. Pastinya, hal itu sangat berbahaya dan bisa membuat lo sangat menyesal di masa yang akan datang akibat dampak buruk yang ditimbulkan. Kalem-kalem aja ya, bro.
    Niatkan untuk Silaturahmi
    Nah, ini dia fungsi media sosial yang seharusnya, bro. Manfaatkan media sosial untuk menjalin silaturahmi dengan teman atau keluarga besar yang jarang lo temui karena kesibukan sehari-hari. Hadirnya media sosial memang sangat memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat meskipun jarak memisahkan. Jalinan silaturahmi juga dipercaya bakal mempengaruhi mood dan motivasi lo juga, bro.
    Batasi Penggunaan Media Sosial
    Hadirnya media sosial memang sangat memudahkan untuk dapat memperoleh informasi dan berinteraksi tanpa terbatas jarak. Tapi, ketika digunakan secara berlebihan pasti bakal memberikan dampak negatif dan kurang baik. Sebaiknya, sebisa mungkin luangkan waktu lo untuk tetap berinteraksi di kehidupan nyata, bro. Media sosial memang bisa mendekatkan yang jauh, tapi juga jangan sampai malah menjauhkan yang dekat.
    No SARA, No HOAX
    Pastikan konten yang lo bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA dan HOAX, bro. Unsur SARA merupakan pandangan atau tindakan yang menyudutkan dilakukan berdasarkan sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar golongan. Setiap manusia tentu saja diciptakan berbeda-beda. Alangkah indahnya jika setiap manusia yang berbeda-beda tersebut saling menghargai dan selalu mengedepankan sikap toleransi antar sesamanya. Bukan begitu, bro?
    Sementara itu, HOAX merupakan pemberitaan palsu yang tidak sesuai dengan kenyataannya tetapi dibuat seolah-olah benar. Menyebarkan berita hoax ternyata bisa terjerat Undang-undang ITE lho, bro. Duh, jangan sampai deh.
    Jadikan Sebagai Sarana Pengembangan Diri
    Jadikan media sosial sebagai sarana bagi lo untuk mengembangkan diri, bro. Lo bisa membagikan hasil karya, informasi atau tips berdasarkan hobi lo terhadap suatu hal. Lo juga bisa menimba ilmu melalui media sosial dengan cara mengikuti kelas online maupun dari akun informatif dan inspiratif yang membawa dampak positif bagi pengembangan diri lo, bro.
    So, itu dia beberapa hal yang bisa lo terapkan untuk meminimalisir dampak negatif saat berpetualang di media sosial, bro. (Kik) 

    No comments:

    Post a comment

    Featured post

    Scooterist Pemalang Berkumpul Bersama

    Berbagai komunitas Vespa yang tergabung dalam indukan klub dan pecinta Vespa di Kabupaten Pemalang bernama Forum Komunikasi Scoo...