Kegiatan Istimewa yang Cuman Ada di Bulan Puasa Nih Gaes!

Pasti lo merindukan momen-momen di bulan suci Ramadan yang sangat istimewa kan, bro?. Bukan hanya hidangan lezat, Ramadan juga dipenuhi berbagai kegiatan yang langka dan terasa sangat spesial.
Tidak hanya menahan lapar dan haus dahaga, ada berbagai macam kegiatan yang sangat identik dengan bulan puasa, bro. Kegiatan tersebut terasa sangat istimewa, karena sangat bermanfaat bagi orang lain dan bisa menghasilkan pahala serta bisa mempererat jalinan tali silaturahmi antar umat manusia. Berikut ini beberapa kegiatan yang hanya bisa lo lakukan selama bulan suci Ramadan.
Mini Parade Bangunin Sahur
Pernah ikutan berpartisipasi dalam kegiatan yang satu ini, bro? Atau sampai sekarang masih ikutan parade kecil yang hanya ada di bulan puasa ini? Yap, mini parade yang satu ini memang unik banget, bro.
Tiap daerah di Nusantara mungkin mempunyai metode dan instrumen yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan bedug, kentongan, galon isi ulang yang tidak terpakai sampai kaleng bekas biskuit, bro.Ada juga yang menggunakan alat musik tradisionalnya masing-masing hingga alat musik marawis. Seperti semboyan "Bhineka Tunggal Ika", semua perbedaan itu menyatu dalam satu tujuan yang sangat mulia. Yaitu untuk membangunkan setiap warga bisa dari tidurnya dan segera mempersiapkan hidangan santap sahur.
Ngabuburit
Pasti kangen banget dengan kegiatan yang satu ini dong, bro? Ngabuburit memang identik banget dengan momen bulan Ramadan. Biasanya ngabuburit dilakukan saat sore hari setelah umat muslim menjalankan ibadah sholat ashar.
Buat para pencinta olahraga extreme, lo juga bisa ngabuburit sambil mainin olahraga extreme di sekitar rumah lo, bro. Melakukan aktivitas olahraga yang mengasyikan tentu saja bakal mempersingkat waktu saat berpuasa dan bermanfaat banget buat kesehatan.
Ternyata pada awalnya, istilah ngabuburit dipakai oleh sebagian masyarakat Jawa Barat untuk menggambarkan berbagai macam kegiatan di sore hari menjelang waktu berbuka puasa, bro. Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu ngabur yang berarti pergi dan burit yang berarti sore.
Secara keseluruhan, ngabuburit bisa diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan pada sore hari menunggu waktu berbuka puasa. Kini, ngabuburit tak hanya dilakukan oleh umat muslim di Jawa Barat saja, Pemalang jawa tengah, tapi juga di seluruh Indonesia, bro!
Buka Puasa Bersama
Pasti lo sering banget diajakin buka puasa bersama dengan kawan-kawan lama ya, bro? Atau malah jadi panitianya? Kegiatan yang satu ini memang kerap dijadikan momen kumpul bareng bahkan reuni dengan teman-teman yang lama tak berjumpa.
Buka puasa bersama juga bisa dilakukan bersama teman-teman di komunitas lo, untuk mempererat tali silaturahmi, bro. Atau mungkin lo dan teman-teman komunitas lo bisa sedikit bersedekah dengan mengadakan acara buka puasa bersama dengan anak yatim atau orang-orang yang membutuhkan.
Bagi-bagi Takjil
Satu lagi kegiatan untuk meraih berkah dan pahala yang hanya bisa dilakukan di bulan puasa, bro. Momen bulan suci Ramadan juga kerap dimanfaatkan oleh berbagai komunitas atau perorangan untuk berbagi kebaikan pada sesama umat manusia. Salah satunya adalah membagi-bagikan takjil gratis.
Eits, tapi tunggu dulu, bro. Pasti lo mengartikan takjil ini sebagai makanan kecil untuk berbuka puasa, seperti kurma, es campur, kolak, atau gorengan. Tapi sebenarnya, takjil berasal dari Bahasa Arab yaitu ta’jil yang berarti “bersegera“. Maksudnya adalah amanah untuk menyegerakan berbuka puasa ketika sudah waktunya untuk berbuka. Setelah ini jangan keliru lagi ya, bro.
So, itu dia berbagai macam kegiatan istimewa yang hanya ada di bulan puasa. Semoga wabah pandemi ini segera berakhir dan berbagai macam kegiatan tadi bisa dilaksanakan seperti Ramadan sebelumnya. Tetap jaga kesehatan dan tetap semangat, bro ! (Kik) 

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post