• 5.9.19

    Indahnya Bukit Seroja di Desa Menjer Garung Wonosobo

    WONOSOBO– Wonosobo merupakan sebuah kota kecil yang menjadi tujuan wisata di Provinsi Jawa tengah. Letak geografisnya yang berada di daerah pegunungan membuat wonosob kaya akan tempat wisata alam yang indah.
    Daerah ini mempunyai berbagai macam tempat wisata alam seperti air terjun, telaga, gunung dan masih banyak lagi. Salah satu bukit yang punya pemandangan indah adalah wisata alam Bukit Seroja.

    Wisata Bukit Seroja merupakan sebuah wisata yang terletak di perbukitan Telaga Menjer Garung Wonosobo. Di tempat ini anda dapat menikmati pemandangan Telaga Menjer dengan latar Gunung Sindoro dan Gunung Kembang yang menawan.
    Guna melengkapi sarana wisata yang ada, warga setempat mulai membangun panggung-panggung bambu yang membuta tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Panggung yang terbuat dari bambu juga bisa digunakan untuk lokasi swafoto.
    Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata alam ini, tidak perlu bingung untuk mencari lokasinya. Bukit Seroja berada di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo.
    Dari arah kota sekitar 15 kilo meter dan dari Garung sekitar 6 kilometer. Bisa ditempuh kurang dari satu satu jam dari arah kota Wonosobo. Lokasi ini bisa dikunjungi sebelum atau sesudah mengunjungi alam wisata Dieng.
    Untuk rute menuju Bukit Seroja dari kota bisa mengambil jalur wonosobo-Garung  atau Wonosobo-Dieng. Sesampainya di Pasar Garung  terdapat pertigaan di kiri jalan yang ada gapuranya. “Lalu masuk ke jalan tersebut dan telusuri hingga sampai di kawasan Telaga Menjer dan terdapat plank yang menujukan pintu masuk wisata alam bukit seroja,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, One Andang Wardoyo, Kamis (4/4), kepada SuaraBaru.id.
    Guna menuju lokasi Bukit Seroja, bisa dilalui dengan mobil pribadi atau rombongan. Sampai dilokasi parkir, pengunjung harus jalan kaki mendaki yang bisa memakan waktu kurang dari setengah jam.

    Telaga Menjer
    Sebelum sampai ke Bukit Seroja, pengunjung sebaiknya sejenak menikmati wisata Telaga Menjer terlebih dahulu. Wisatawan bisa berhenti sebentar melihat pemandangan telaga yang berair tenang itu, memancing atau naik gethek memutari telaga.
    Selain bisa untuk berwisata air seperti ngetek bersama dan memancing, pemandangan sekililingnya sangat eksotis karena diitari lekukan lembah dengan latar bukit hijau membentang di atasnya. Dari pinggir telaga, terlihat view yang indah sekali karena cekungan telaga seutuhnya bisa dipandang lepas. Dari kejauhan juga ada hamparan alam pegunungan, rumah-rumah penduduk dan rakit-rakit bambu di tepian telaga untuk memancing dan membawa wisatawan keliling telaga.
    Menurut Aris, Ketua Pokdarwis Telaga Menjer, bila musim lebaran dan liburan tiba, pengelola biasanya mengundang grup musik dangdut dari luar kota atau pentas seni tradisional untuk mengibur pengunjung yang datang.
    Bagi pemancing mania, di sisi tebing telaga, banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai arena mancing bersama. Banyak ikan mas, nila hingga gurami, yang bisa didapat pemancing di lokasi wisata dan pemancingan umum ini.
    Untuk menuju Telaga Menjer sangat mudah. Dari Wonosobo hanya berjarak sekitar 13 kilo meter ke arah jalan menunju Dieng. Sebelum Pasar Garung, ada pintu gerbang warna hitam yang cukup mencolok bertuliskan Wisata Telaga Menjer.
    Dari gerbang utama menuju lokasi yang dituju hanya sekitar 4 kilometer ke arah kanan. Jalan menanjak dan berkelok-kelok, menjadi pemandangan eksotik tersendiri sepanjang perjalanan. Di kanan kiri jalan ada hamparan tanaman labu (jipang).
    Jika pengunjung tidak membawa mobil atau sepeda motor sendiri, bisa diantar oleh jasa ojek yang setiap saat siaga mengantar-jemput wisatawan. Hanya dengan Rp 10.000 pengunjung bisa sampai ke lokasi wisata.
                           
    Ada juga jalur melalui Kejajar, bila pengunjung sudah terlebih dulu berwisata di Dieng. Cuma jalur ini relatif jauh karena harus melewati Desa Serang dan Desa Kreo Kejajar. Jaraknya bisa dua kali lipat dari jalur Garung.
    Tarif masuk wisata air ini sangat murah. Sebab, bagi pengunjung dewasa hanya ditarik karcis Rp 3000 dan anak-anak Rp 2.000. Di lokasi wisata, wisatawan bisa berkeliling telaga sepuasnya dengan ongkos sewa gethek Rp 50.000.


    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Model Baru STNK, Tak Lagi Kertas Ganti Jadi Kartu, Tahan Air Deh !

    Jakarta  - Setelah meluncurkan Smart SIM, Korlantas Polri kini tengah mengkaji surat tanda nomor kendaraan (STNK) elektronik. STNK elektro...