• 15.4.19

    MENGINTIP 5 DESTINASI LIBURAN SERU DI SEKITAR MALIOBORO, YOGYAKARTA

    Di sekitar Jalan Malioboro, lo bisa menyambangi beberapa objek wisata seru yang akan membebaskan lo dari rasa penat. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ini ya bro !

    Tugu icon Yogyakrta 
    Di sekitar Jalan Malioboro, lo bisa menyambangi beberapa objek wisata seru yang akan membebaskan lo dari rasa penat. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ini ya bro!

    Salah satu daerah asal Yogyakarta yang tersohor di kalangan wisatawan adalah Jalan Malioboro. Wilayah yang akrab disapa dengan sebutan “Jalan Kenangan” ini menyajikan beragam acara seru dan menarik. Saat bertandang ke Malioboro, wisatawan juga dapat menemukan beragam oleh-oleh khas Jogjakarta yang memiliki cita rasa unik.

    Di sekitar Jalan Malioboro, lo bisa menyambangi beberapa objek wisata seru yang akan membebaskan lo dari rasa penat. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 5 di antaranya. Silahkan  cek tulisan di bawah ya bro!

    1. Nol Kilometer Yogyakarta
    Nol Kilometer Yogyakarta. Photo Credit: travelingyuk.com
    Kawasan ini direkomendasikan bagi wisatawan yang hendak menyambangi Alun-alun Kidul. Nol kilometer Yogyakarta diketahui berjarak sekian meter dari Alun-alun Kidul sehingga patut dijajal terlebih dahulu. Saat berkunjung ke sini, lo dapat menemukan gedung Bank BNI dan Bank Indonesia dengan desain arsitektur klasik.

    Wisatawan juga bisa mengamati Gedung Kantor Pos Indonesia dan Monumen Serangan 1 Maret di sekitar sini. Kehadiran bangunan bergaya indie di nol kilometer Yogyakarta dijamin akan membuat momen liburan lo terasa lebih berkesan. Kawasan ini kabarnya sering dijadikan tempat berkumpul anak muda.

    Nol kilometer Yogyakarta juga patut dikunjungi para wisatawan penyuka seni. Di sini, lo bisa menonton pagelaran seni yang dibawakan berbagai komunitas asal Yogyakarta. Tak hanya itu, lo juga dapat melihat beragam jenis baju batik yang dijual dengan harga murah. Menarik sekali, bukan?

    2. Alun-Alun Kidul
    Alun"Kidul Yogyakarta. Photo Credit: displaywisata.wordpress.com
    Berlibur ke Yogyakarta rasanya kurang terasa lengkap bila tidak mengunjungi Alun-alun Kidul. Destinasi wisata ini bisa lo jumpai ketika berjalan dari Malioboro hingga ke ujung arah Gedung Bank Indonesia. Saat memasuki alun-alun ini, lo bakal melihat dua pohon beringin berdiri kokoh disertai dengan pagar.

    Wisatawan diketahui dapat berjalan di antara kedua pohon beringin ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, siapapun yang sukses melewatinya dengan mata tertutup akan mampu menolak bala. Jika berniat menjajal tantangan ini, lo dapat menyewa penutup mata hitam dengan harga Ep 5.000 sekali sewa.

    Lo juga dapat mencicipi pengalaman seru ketika menyambangi alun-alun ini pada malam hari. Contoh aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah menaiki mobil kayuh dan sepeda tandem sembari mengitari alun-alun. Ada juga jajanan lezat yang bisa lo temukan di sekitar alun-alun.

    3. Taman Sari
    Taman Sari Yogyakarta. Photo Credit: wisata-tanahair.com
    Lo bisa menemukan cagar budaya ini di Jalan Komplek Taman Sari, sekitar 3 kilometer dari Maliboro dari Malioboro. Di Taman Sari, wisatawan dapat mengamati bangunan arsitektur kuno yang menawan. Bagian tengah bangunan tersebut kabarnya memiliki air mancur yang muncuk dari kolam pemandian.

    Apabila berjalan ke sisi bangunan ini, lo bisa menemukan lorong bawah tanah serta masjid. Tempat-tempat tersebut tentu cocok dijadikan obyek berfoto selama liburan di Taman Sari. Oleh sebab itu, pecinta fotografi tak boleh melewatkan Taman Sari saat traveling ke Yogyakarta.

    Taman Sari dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Untuk bisa menikmati fasilitas taman ini, lo hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Jika berniat pergi ke sini, wisatawan dianjurkan memakai peta online karena Taman Sari ada di tengah-tengah pemukiman penduduk.

    4. Keraton Jogja
    Keraton Yogyakarta. Photo Credit: sitinurrohmahweb.wordpress.com
    Keraton Jogja berlokasi di antara dua aliran sungai, Sungai Code dan Sungai Winongo. Saat bertandang ke sini, wisatawan dapat menemukan museum yang menyimpan benda-benda peninggalan kerajaan Yogyakarta. Lo juga bisa mengamati pakaian adat, koleksi batik, barang peninggalan Sri Sultan HB X, dan keramik.

    Wisatawan yang beruntung kabarnya bisa melihat beragam ritual dan upacara adat budaya jawa di sekitar sini. Selain itu, lo juga bisa menemukan pagelaran seni yang bisa dinikmati secara gratis. Asyik sekali, bukan?

    Jam operasional Keraton Jogja diketahui berlangsung dari pukul 09.00  hingga 14.00 WITA. Mengenai biaya tiket masuk, lo tidak perlu ikut pusing. Wisatawan lokal kabarnya hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5.000, sementara wisatawan asing seharga Rp 15.000. Murah sekali, bukan? Langsung datang ke sini aja ya bro!

    5. Tugu Jogja
    Tugu  Yogyakarta. Photo Credit: tripnesia.com
    Lo bisa menjumpai monumen ini di perempatan Jalan Margo Utomo, Jalan Soedirman, Jalan Pangeran, Jalan Diponegoro dan Jalan AM Sangaji. Lokasi Tugu Jogja berada sekitar 2 kilometer dari Jalan Malioboro.

    Tugu Jogja memiliki bentuk cukup unik. Bangunan yang menjadi ikon khas Yogyakarta ini berbentuk tabung yang mengerucut ke atas. Tugu ini juga dilingkari pagar pembatas di bagian bawah.

    Hampir setiap harinya, Tugu Jogja dijadikan spot foto oleh wisatawan. Lo dianjurkan datang ke sini pada malam hari karena bangunan ini akan nampak indah dengan latar pemandangan kota Yogyakarta yang memukau. Jangan lupa meluangkan waktu ke sini ya bro!

    Demikian 5 tempat liburan seru yang bisa lo jumpai di sekitar Jalan Maliboro, Yogyakarta. Menjelajahi lima destinasi ini tentu akan membuat pengalaman liburan lo terasa lebih berwana. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi lo yang ingin ke Yogyakarta dalam waktu dekat. Selamat jalan-jalan ya bro!

    Source


    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Pentingnya Uang Kas di Komunitas

    Keluarga Kecil SIP Pemalang  Bicara uang memang sensitif, karena uang ga mengenal saudara bahkan keluarga. Apalagi bicara uang di seb...