140 Potensi SAR Pelatihan di Bukit Cinta



BANYUBIRU – Lebih dari 140 potensi SAR yang tergabung dalam sukarelawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Semarang, Sabtu- Minggu (20-21/2) berlatih di Bukit Cinta, Banyubiru, Kabupaten Semarang.
Potensi SAR yang datang berasal dari Kota Semarang dan sekitarnya termasuk Kabupaten Semarang serta Kota Salatiga. Divisi Pelatihan dan Konsultasi Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) Muhammad Affan menyebutkan, selama mengikuti Volunteer Camp (VC) Semarang 2016 masing-masing peserta akan mendapatkan pelatihan dasar tentang kebencanaan.
‘’VC Semarang memang menjadi prioritas kami karena ada Cabang ACT Semarang, ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun,’’ katanya, Sabtu (20/2). Jumlah sukarelawan ACT se-Indonesia, menurutnya, sudah tercatat lebih kurang 15.000 orang. Ada empat cabang yang menjadi induk organisasi, yakni berada di Medan, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Kendati demikian, sukarelawan ACT tidak hanya berdomisili di empat kota itu saja melainkan di seluruh provinsi sudah ada. ‘’Potensi SAR yang ada siap digerakkan bila wilayah terdekat terjadi bencana alam. Artinya potensi sukarelawan lokal lintas profesi memang lebih banyak dibandingkan jumlah sukarelawan di pusat,’’ imbuh Affan.


Manajemen Bencana
ACT bersama BPBD Kota Semarang, SAR daerahJawa Tengah, dan SAR Bumi Serasi Kabupaten Semarang, kemarin berusaha memberikan beberapa pelatihan.
Meliputi manajemen bencana, mitigasi bencana, termasuk manajemen pemberian bantuan setelah terjadi bencana. Sebagai pelatihan tambahan masing-masing peserta juga mendapat pelatihan mendirikan dan bongkar tenda, SAR air, serta cara memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).
‘’VC yang kami gelar bakal ditindaklanjuti dengan kelas sukarelawan yang akan diadakan dua pekan sekali di masingmasing kantor cabang,’’ ujar dia sembari menjelaskan Kantor Cabang ACT Semarang beralamat di Jalan Supriyadi 78-C Semarang.
Ke depan, pihaknya memrogramkan hendak menggelar VC di 15 provinsi di Indonesia. ACT hendak mengembangkan sayap bekerja sama dengan kampus baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.‘’Segala sesuatu tentang kebencanaan bisa dilaporkan kepada kami melalui call centre (021) 7414482 atau mengakses www.act.id,’’ kata dia.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post