Reparasi kipas magnet Vespa 2-tak




Fungsi kipas magnet pada Vespa 2-tak adalah sebagai pendingin ketika mesin bekerja. Namun sebaliknya, jika beberapa sirip yang terdapat pada magnet tersebut rontok, akibatnya mesin jadi panas dan akan menghambat kinerja mesin.
Menurut Derin, punggawa bengkel Derin Motor Sport (DMS) di bilangan Kemayoran mengatakan bahwa beberapa pemilik Vespa mesin konvensional memang jarang mengalami rontoknya sirip-sirip kipas pada magnet. Akan tetapi, rontoknya kipas bisa direparasi dengan mengganti kipas dari bahan plastik atau babet
 

"Kalau kita sengaja membeli magnet orisinil, harganya terlalu mahal. Bisa diatas Rp 1 juta. Tapi, dengan modal Rp 100 ribu saja, kita bisa sudah bisa memiliki magnet baru lagi," terang Derin.
Langkah pertama, lepaskan magnet dari mesin Vespa. Selanjutnya, bawa magnet yang rontok tersebut ke bengkel bubut untuk memapas dan menghaluskan semua sisa-sisa sirip yang rontok. Biaya yang dikeluarkan untuk ongkos bubut sekitar Rp 45 ribu.
Sambil menunggu pembubutan, kita bisa membeli kipas magnet dari bahan plastik atau babet. "Biar awet, pakai kipas dari bahan babet saja. Karena, bahan dari plastik biasanya untuk spek balap yang hanya sekali pakai," saran Derin. Harga kipas dari bahan babet sekitar Rp 50 ribu.
Kipas magnet yang sudah dibubut, dibor dan ditap untuk lubang baut berukuran 11 inch. Siapkan 4 lubang berikut baut dan ringnya. Selesai membuat 4 lubang, pasang kipas babet dengan mengencangkan keempat bautnya.
Perhatikan panjangnya baut, jangan sampai tembus dan mengenai spul magnet. Pasang kembali kipas magnet hasil reparasi tersebut pada mesin Vespa.
Selamat mencoba! 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post